Pemuliaan Tanaman

[otw_shortcode_tabslayout tabs=”7″ tab_1_title=”Sejarah” tab_1_content=”

Program studi Pemuliaan Tanaman merupakan salah satu program studi di Jurusan Budidaya Pertanian  yang diusulkan pada jurusan Budidaya Pertanian (BDP) Fakultas Pertanian, selain program studi Agroekoteknologi yang telah terbentuk sejak tahun 2008,. Pembukaan program studi Pemuliaan Tanaman dengan pertimbangan perkembangan ilmu pemuliaan tanaman dan kebutuhan pasar kerja di Maluku maupun di Indonesia, sumberdaya manusia di bidang pemuliaan tanaman pada jurusan BDP sudah memadai, serta  keberadaan rasio dosen dan mahasiswa pada program studi Agroekoteknologi 1 : 2, yang seharusnya 1 : 20. Izin pembukaan Program Studi Pemuliaan Tanaman berdasarkan SK No. 223//KPT/I/2017 tentang Izin Pembukaan Program Studi Pemuliaann Tanaman Program Sarjana Pada Universitas Pattimura di Ambon.

Fakultas Pertanian pada waktu  didirikan memiliki 2 (dua) jurusan yaitu Jurusan Pertanian dan Jurusan Kehutanan.  Kemudian berkembang menjadi  4 (empat) departemen yaitu Departemen Agronomi, Hama dan Penyakit, Tanah dan Sosial Ekonomi Pertanian (SK Dekan Fakultas Pertanian Kehutanan UNPATTI No. 1/KPTS/FPK/1976).  Dengan perkembangan IPTEKS dan kebutuhan lapangan kerja maka Fakultas Pertanian saat itu mempunyai 5 Jurusan yaitu Jurusan Budidaya Pertanian (BDP), jurusan Kehutanan, Jurusan Peternakan, Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, dan Jurusan Agribisnis.

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 105/DIKTI/KEP/1984 tanggal 21 Agustus 1984 tentang jenis dan jumlah Program Studi disetiap Jurusan pada Fakultas di lingkungan Universitas Pattimura maka Departemen berubah menjadi Program Studi yaitu Program studi Agronomi, Hama dan Penyakit, Tanaman Ilmu Tanah dan Sosial Ekonomi Pertanian yang bernaung di bawah Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Unpatti. Dalam perkembangannya sampai tahun 2008 pada jurusan BDP hanya terdapat satu program studi yaitu program studi Agroeoteknologi yang merupakan penggabungan tiga program studi yaitu Program Studi Agronomi, Hama dan Penyakit Tanaman, dan Ilmu Tanah mengacu pada SK Dirjen Dikti No. 163 tahun 2007 tanggal 20 November 2007, sedangkan Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian telah menjadi jurusan Agribisnis.

Program studi Pemuliaan Tanaman merupakan tambahan satu program studi yang diusulkan pada jurusan BDP Fakultas Pertanian Universitas Pattimura tahun 2016.  Keberadaan program studi ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 154 tahun 2014  tentang Rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Serta Gelar Lulusan Perguruan Tinggi,  surat izin Rektor Universitas Pattimura No. 1183/UN13/LL/2016, hasil Rapat Kerja Fakultas Pertanian 12 Februari 2016 yang memungkinkan pembetukan program studi baru pada Fakultas Pertanian, dan dituangkan dalam rencana anggaran Jurusan Budidaya Pertanian sebagai rencana kerja Jurusan Budidaya Pertanian Tahun 2016, serta berdasarkan Surat Penunjukan Dekan Fakultas Pertanian No. 27/UN13.1.5/SP/2016 tentang  Tim Pembentukan dan Pembukaan Program Studi Pemuliaan Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Pattimura.

” tab_2_title=”Visi” tab_2_content=”

Pada Tahun 2025 Program Studi Pemuliaan Tanaman Menjadi Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Riset Pemuliaan Tanaman dan Bioteknologi berbasis Kepulauan yang produktif dan lestari.

” tab_3_title=”Misi” tab_3_content=”

  1. Merencanakan dan mengembangkan Kurikulum Pendidikan Tinggi bidang pemuliaan tanaman dan bioteknologi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas sumberdaya genetik di wilayah kepulauan dan kontinental.
  2. Mengembangkan dan menghasilkan sumberdaya manusia (SDM) yang berkompeten secara keilmuan dan keterampilan dalam penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) pada bidang pemuliaan dan bioteknologi tanaman.
  3. Merencanakan dan mengembangkan riset sumberdaya genetik untuk menghasilkan varietas unggul lokal dan varietas unggul baru sesuai dengan biofisik wilayah kepulauan dan kontinental.
  4. Menyelenggarakan kegiatan dan layanan pengabdian masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat di wilayah kepulauan.
  5. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga riset dan pusat-pusat pembelajaran pemuliaan dan bioteknologi tanaman untuk mendukung pengembangan Fakultas Pertanian menjadi Model dan Pusat Pembelajaran dan Riset Pemuliaan Tanaman dan Bioteknologi berbasis kepulauan dan kontinental.

” tab_4_title=”Tujuan” tab_4_content=”

Menghasilkan lulusan sarjana sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yaitu:

  1. Berpengetahuan luas, terampil, dan menguasai pemuliaan tanaman dan bioteknologi dengan tetap memperhatikan kelestarian genetik dan lingkungan.
  2. Memiliki kualifikasi dan kompetensi sebagai pemulia tanaman, peneliti, pelaku bidang pertanian, pelaku usaha, dan pendidik
  3. Mampu mengimplementasikan perilaku hidup yang mencerminkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berdasarkan Pancasila serta menjunjung tinggi nilai, norma dan etika yang berlaku dalam masyarakat

Mendorong sumberdaya dosen bidang pemuliaan tanaman dan bioteknologi untuk:

  1. Melakukan riset keunggulan varietas lokal atau memperkuat varietas lokal menjadi varietas unggul baru di Kepulauan Maluku maupun secara nasional.
  2. Menjalin kemitraan dengan penyelenggaraan pendidikan dan periset bidang pemuliaan dan bioteknologi tanaman lainnya untuk pengembangan riset pemuliaan tanaman berbasis kepulauan maupun kontinental
  3. Menjalin kemitraan dengan pengguna hasil pemuliaan dan bioteknologi tanaman untuk koleksi plasma nutfah lokal dan peningkatan produktivitas tanaman yang mendukung pembangunan nasional.
  4. Menjalin kemitraan dengan masyarakat untuk pengembangan sumberdaya manusia dan sumber daya alam bagi kesejahteraan masyarakat pedesaan

” tab_5_title=”Sasaran” tab_5_content=”

  1. Terlaksananya sistem pendidikan dan riset pada bidang pemuliaan tanaman dan bioteknologi berorientasi pengembangan masyarakat sebagai penterjemahan visi dan misi Universitas, Fakultas dan Program studi.
  2. Terlaksananya kemitraan dengan fakultas dalam lingkup Universitas Pattimura, institusi bidang pertanian khususnya pemuliaan tanaman dan bioteknologi, dan pengguna lulusan, serta masyarakat pada tingkat lokal, nasional maupun internasional

” tab_6_title=”Strategi” tab_6_content=”

  1. Peningkatan kualitas sumberdaya manusia baik dosen maupun mahasiswa
  2. Evaluasi kurikulum secara periodik dengan melibatkan semua unsur dalam program studi maupun stakeholder terkait
  3. Membangun kemitraan institusional
  4. Membangun kemitraan dengan masyarakat

” tab_7_title=”Profil Lulusan” tab_7_content=”

Berdasarkan informasi kebutuhan tenaga kerja bidang pemuliaan tanaman pada lembaga atau balai penelitian serta  dinas pertanian terkait di Kota Ambon sebagai ibu kota propinsi Maluku,  ketersediaan balai maupun litbang  bidang pertanian dengan bidang kajian pemuliaan tanaman dan bioteknologi yang merupakan stakeholder pengguna lulusan di Indonesia, serta kebutuhan pasar saat ini akan varietas unggul dengan benih bermutu bersertifikat maka profil lulusan program studi Pemuliaan Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Pattimura sebagai berikut:

  1. Pemulia Tanaman
  2. Peneliti
  3. Pelaku Bidang Pertanian
  4. Pelaku Usaha
  5. Pendidik

“][/otw_shortcode_tabslayout]



Sumber: Kepala Sub Bagian Registrasi dan Statistik Universita Pattimura



Road Map Program Studi Pemuliaan Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab