Kunjungan Siswa-Siswi SD Laboratorium UNPATTI ke Laboratorium dan Kebun Praktek Fakultas Pertanian Universitas Pattimura.

 

Kepala sekolah SD Laboratorium UNPATTI Dan Wakil Dekan I Fakultas Pertanian UNPATTI.

Pada hari ini, Jumat 03 Mei 2024 siswa-siswi SD Laboratorium UNPATTI melaksanakan kegiatan kunjungan ke laboratorium dan kebun praktik Fakultas Pertanian Universitas Pattimura. Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda rutin setiap semester, di mana siswa-siswi mengunjungi tempat-tempat yang relevan dengan tema dan sub tema yang dipelajari dalam semester tersebut.


Tema yang sedang dipelajari oleh siswa-siswi kelas 1, 2, dan 3 SD Laboratorium UNPATTI adalah Kearifan Lokal, dengan sub tema Bertanam. Oleh karena itu, kunjungan kali ini difokuskan pada kebun praktik dan laboratorium-laboratorium yang berkaitan dengan pertanian, antara lain Laboratorium Jamur, Laboratorium Soil Physics, Laboratorium Basic Soil, dan Laboratorium Peternakan.

Dalam wawancaranya, Kepala Sekolah SD Laboratorium UNPATTI, Ibu Elsinora Mahananingtyas, S.Pd, M.Pd, menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan kunjungan ini adalah agar siswa-siswi dapat melihat, belajar, memahami, dan mendapatkan pengalaman langsung dalam mempelajari jenis-jenis tanaman, cara menanam, media tanam, serta jenis pupuk yang dapat digunakan. Ibu Elsinora juga mengungkapkan kegembiraannya karena anak-anak tidak hanya belajar tentang bertanam, tetapi juga diperkenalkan dengan peralatan laboratorium yang ada di Fakultas Pertanian serta ilmu peternakan. Ia berharap ke depannya dapat dilakukan kunjungan dengan sub tema yang berbeda, sehingga siswa-siswi dapat terus belajar dan berkembang menjadi anak-anak yang cerdas, sesuai dengan moto sekolah SD Laboratorium UNPATTI yaitu berani, sopan, dan cerdas. Ibu Elsinora juga berharap agar kunjungan ini dapat menjadi inspirasi bagi siswa-siswi untuk menjadi ilmuwan cilik di masa depan.

Selama kegiatan kunjungan, siswa-siswi juga mendapatkan pendampingan langsung dari koordinator laboratorium, mahasiswa yang sedang melakukan penelitian di kebun praktik, serta Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Ir. Edizon Jambormias, M.Si. Dukungan dari pihak Fakultas sangat terasa, dan Dr. Edizon berharap kunjungan ini dapat menumbuhkan minat dan ketertarikan siswa-siswi terhadap bidang pertanian, sehingga mereka dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi di Fakultas Pertanian kelak. Para siswa-siswi juga sangat antusias dan aktif berkomunikasi dengan mahasiswa dan dosen yang mendampingi mereka selama kunjungan.



Kunjungan ini merupakan langkah yang sangat positif dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan siswa-siswi SD Laboratorium UNPATTI dalam bidang pertanian. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan di masa depan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih beragam dan mendalam bagi siswa-siswi kedepan.