57 Lulusan Faperta Unpatti di Yudisium

Ambon – faperta.unpatti.ac.id – Sebanyak 57 mahasiswa Fakultas Pertanian dinyatakan lulus dalam Yudisium dan Penggelaran Sarjana Periode I Tahun 2021, yang dilakukan dalam  Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka Yudisium dan Penggelaran Sarjana Fakultas Pertanian Universitas Pattimura, Kamis (15/4/2021).

Keputusan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Nomor 199/UN13.1.5/SK/2021 tanggal 08 Maret 2021 tentang Yudisium dan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Periode Desember 2020 – April 2021, menjadi dasar pelaksanaan Yudisium dan Pegelaran Sarjana hari ini.

Kegiatan yang diselenggarakan secara daring dan luring, diikuti oleh oleh Wakil Rektor Bidang Mahasiswa dan Lulusan, Dr.  Drs. J. Madubun, M.Si., mewakili Rektor, para Wakil Rektor, Kepala Biro Umum dan Keuangan Unpatti, Senat Fakultas Pertanian, para Wakil Dekan, para Ketua Jurusan, para Ketua Program Studi, Koordinator dan Sub Koordinator serta Tenaga Kependidikan dalam lingkup Fakultas Pertanian, Ketua dan Pengurus Ikatan Alumni Fakultas Pertanian, Orang Tua Lulusan dan para Lulusan.

Penyerahan Plakat dan Tanda Piagam Penghargaan dari Dekan Fakultas Perikanan, Prof. Dr. Ir. J. M. Matinahoru, M.Si diberikan kepada 6 orang lulusan yang dinyatakan lulus dengan predikat “Cumlaude”, atas nama :

  1. Fiolita Kermite, SP., Program Studi Agroekoteknologi, masa studi 3 tahun 7 bulan dan IPK 3,90, dengan judul Skripsi “Uji Kompatibilitas Umur Root Stok dan Jenis Root Stok dengan Metode Grafting Juvenil Pala terhadap Keberhasilan Grafting”
  2. Carla Evelin Tupanno, SP., Program Studi Agroekoteknologi, masa studi 4 tahun 6 bulan dan IPK 3,82, dengan judul Skripsi “Analisis Sifat Fisik dan Degradasi Tanah akibat Erosi serta Arahan Rehabilitas Berbasis SIG di Kawasan Hutan Lindung Gunung Sirimau”
  3. Nunung Nur Hayati Tatisina, SP., Program Studi Agroekoteknologi, masa studi 4 tahun 6 bulan dan IPK 3,82, dengan judul Skripsi “Transformasi NDVI Citra Landsat 8-04 untuk Pemetaan Musim Tanam pada Lahan Sawah di Kabupaten Buru”
  4. Gusti Junaidi Tuarita, SP., Program Studi Agroekoteknologi, masa studi 5 tahun 5 bulan dan IPK 3,71, dengan judul Skripsi “Analisis Peralihan Fungsi Lahan untuk Pemukiman di Negeri Tial Kecamatan Salahhutu Kabupaten Maluku Tengah”
  5. Steven Topumera, S.Pt., Program Studi PSDKU (Peternakan) MBD, masa studi 4 tahun 6 bulan dan IPK 3,80, dengan judul Skripsi “Faktor Sosial Ekonomi Penentuan Partisipasi Masyarakat Peternak dalam Pengembangan Daya Tarik Wisata (Gunung Kerbau)”
  6. Carolina Jermias, S.Pt., Program Studi PSDKU (Peternakan) MBD, masa studi 4 tahun 7 bulan dan IPK 3,93, dengan judul Skripsi “Potensi Reproduksi Induk Kambing Lakor di Kecamatan Lakor Kabupaten Maluku Barat Daya”.

Jumlah lulusan Fakultas Pertanian yang diyudisium terbagi atas Sarjana Pertanian 19 orang dari Jurusan Budidaya Pertanian dan 7 orang dari Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian; Sarjana Peternakan 8 orang dari Jurusan Peternakan, serta Sarjana Kehutanan 13 orang dari Jurusan Kehutanan. Selain itu, terdapat juga Sarjana Peternakan 10 orang dari Program Studi Peternakan PSDKU MBD.

“Sebagai suatu entitas yang terkait dalam budaya dan peradaban manusia pendidikan di berbagai belahan dunia mengalami perubahan mendasar dalam era globalisasi pada masa pandemik Covid-19. Ada bayak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa dinikmati. Saya mengajak kita semua untuk memanfaatkan semua itu untuk era baru dalam dunia kerja nanti”. ujar wakil lulusan, Fiolita Kermite, SP, dalam menyampaikan pesan dan tekad.

Selanjutnya dikatakan, “kita akan memasuki babak baru untuk menggapai cita-cita yang lebih tinggi dalam pekerjaan maupun studi lanjut, yang akan ditempuh sesuai dengan berkat yang Tuhan sediakan bagi kita masing-masing. Untuk itu, kita harus menjadi petarung di masa depan, bertarung untuk membawa perubahan yang lebih baik di tengah masyarakat, membangun negeri, serta mewujudkan kejayaan bangsa dan negara”, pesannya.

Dekan Fakultas Pertanian Unpatti, Prof. Dr. Ir. J. M. Matinahoru dalam sambutannya mengatakan “Fakultas Pertanian sampai pada yudisium periode April 2021, telah mengalami peningkatan dalam capaian hasil belajar mahasiswa walaupun selama tahun 2020 dan 2021 kita masih ada dalam masa pandemik Covid-19. Tetapi hasil pembelajaran kita tidak terlalu mengecewakan. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata IPK berada di atas 3,21.

Acara dilanjutkan dengan Pengukuhan lulusan Fakultas Pertanian oleh Dekan hingga Penyerahan lulusan kepada Ketua Ikatan Alumni Fakultas Pertanian, yang diwakili oleh Dr. G.S.J. Tomatala, M.Si.

Selamat dan Sukses para lulusan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura. Hotumese..!!