Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Jalin Kerja Sama (PKS) dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku.

Fakultas Pertanian Universitas Pattimura (Unpatti) resmi menandatangani perjanjian kerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku Pada Tanggal 10 September 2024. Penandatanganan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan data statistik dan berbagi pengetahuan terkait data serta indikator statistik. Pihak Fakultas Pertanian Unpatti yang hadir dalam PKS yakni Dekan Fakuktas Pertanian, Prof. Dr. Ir. A. E. Pattiselanno, M.Si, Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Ir. E. Jambormias, M.Si, Koordinator Pokja Roberth D. Pesiwarissa, SE dan SubKoordinator Pokja F. M. Sahupala, S.Sos, M.Si Fakultas Pertanian.

Dalam acara penandatanganan yang berlangsung di ruang rapat Fakultas Pertanian Universitas Pattimura, Dekan Fakultas Pertanian Unpatti, Prof. Dr. Ir. August E. Pattiselano, M.Si., sebagai pihak pertama, dan Kepala BPS Provinsi Maluku, Maritje Pattiwaelapia, SE, M.Si., sebagai pihak kedua. Kerja sama ini akan berlangsung selama dua tahun, dengan peluang untuk diperpanjang sesuai kebutuhan.

Perjanjian ini diharapkan akan membawa manfaat bagi kedua belah pihak, khususnya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pelayanan pendidikan. Melalui kerja sama ini, Fakultas Pertanian Unpatti dan BPS Maluku akan bekerja sama dalam berbagai kegiatan, termasuk sosialisasi statistik, workshop, dan pembentukan komunitas sadar data di kalangan akademisi.

Salah satu program unggulan yang akan dilaksanakan adalah pembentukan Pojok Statistik di lingkungan Universitas Pattimura, yang akan menjadi pusat informasi bagi mahasiswa dalam memanfaatkan data statistik untuk penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Selain itu, perluasan kerjasama ini diharapkan pula akan memenuhi beberapa indikator kinerja perguruan tinggi, diantaranya praktisi mengajar yang dapat melibatkan pihak BPS, dosen, berkontribusi bagi kinerja BPS dan mahasiswa berkegiatan MBKM seperti magang di BPS.

Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku juga akan menyediakan sarana dan prasarana pendukung, termasuk komputer dan data, untuk menunjang kegiatan ini.
Selain itu, kerja sama ini akan mencakup kegiatan workshop statistik yang melibatkan mahasiswa Fakultas Pertanian Unpatti. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan literasi statistik di kalangan mahasiswa, terutama dalam memahami indikator strategis yang dihasilkan oleh BPS.Dr. Ir. E. Jambormiass, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dalam wawancaranya menyampaikan bahwa “Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak signifikan dalam pengembangan kapasitas sumber daya manusia, terutama mahasiswa, untuk memahami dan memanfaatkan data statistik secara efektif,”
Perjanjian kerja sama ini berlaku selama dua tahun sejak tanggal penandatanganan, dan dapat diperpanjang sesuai kesepakatan kedua belah pihak.Kedua bela pihak juga berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan yang telah disepakati dengan penuh tanggung jawab, serta memastikan bahwa tujuan dari kerja sama ini dapat tercapai secara optimal.
Dalam hal muncul perselisihan selama pelaksanaan perjanjian, para pihak sepakat untuk menyelesaikannya melalui musyawarah mufakat.Melalui kolaborasi ini, diharapkan Fakultas Pattimira Universitas Pattimura dan Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku dapat berperan lebih aktif dalam memajukan pendidikan serta memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, khususnya di Provinsi Maluku.