Rapat Senat Fakultas Pertanian: Pemilihan Ketua dan Sekretaris Senat Baru

Pada Jumat, 5 Juli 2024, pukul 09.00 WIT, Senat Fakultas Pertanian mengadakan rapat penting di ruang rapat Senat Fakultas Pertanian. Rapat ini menandai berakhirnya masa periode 2020-2024 dan dimulainya periode baru 2024-2028 dengan agenda utama pemilihan ketua dan penunjukan sekretaris senat baru. Rapat tersebut dipimpin oleh anggota senat tertua Prof. Dr. Ir. Aprhodite Milana Sahusilawane, M.S dan anggota senat termuda, Dr. Fransina Sarah Latumahina, S.Hut., MP., Dari total 26 anggota senat, 17 anggota hadir, sehingga memenuhi kuorum. Tiga anggota lainnya memohon izin untuk tidak hadir.

Agenda pertama adalah pemilihan ketua senat. Melalui musyawarah untuk mencapai mufakat, Prof. Dr. Ir. Rafael Marthinus Osok, M.Sc., yang baru dua tahun menjabat sebagai ketua senat antar waktu menggantikan Prof. Dr. Ir. August E. Pattiselanno, M.Si, kembali terpilih sebagai ketua senat untuk periode 2024-2028. Proses pemilihan berlangsung lancar dan memakan waktu sekitar 15-20 menit.

Setelah pemilihan ketua, pimpinan rapat diserahkan kepada Prof. Dr. Ir. Rafael Marthinus Osok, M.Sc., Rapat kemudian dilanjutkan dengan pembahasan berbagai inovasi yang akan dilaksanakan oleh Fakultas Pertanian ke depan. Fokus utama diskusi adalah pada upaya peningkatan kinerja mahasiswa, dosen, serta peningkatan Indikator Kinerja Utama (IKU) Fakultas Pertanian agar dapat berkontribusi terhadap IKU Universitas menuju status world class.

Berita acara rapat telah disusun dan disepakati bersama. Sebagai dosen dan anggota senat, kami memahami pentingnya kerja sama semua pihak dalam mencapai tujuan bersama serta berkonsultasi dengan Ibu F. M. Sahupala., S.Sos., M.Si, Sebagai Sub Koordinator Keuangan Dan Kepegawaian Fakultas Pertanian dalam keperluan administrasi, baik dari dosen maupun staf administrasi sangat berharga dan diperlukan untuk kesuksesan Fakultas Pertanian, “Kerjasama antara dosen dan Tendik ibarat satu mata uang yang memiliki dua sisi sehingga saling mendukung” ungkap Prof. Dr. Ir. Aprhodite Milana Sahusilawane, M.S pada saat diwawancarai.

Harapannya dengan adanya berbagai Inovasi makan IKU Fakultas Pertanian Universitas Pattimura akan naik serta dapat berkontribusi ke IKU Universitas dan selanjutnya menjadi World Class University.