Yudicium Agustus 2022, Faperta Cetak 96 Lulusan, 12 orang Cumlaude

Ambon – Fakultas Pertanian dalam Rapat Senat terbuka dalam rangka Yudicium  Periode Agustus 2022  (26|8|2022) menggelar 96 lulusan dengan gelar Sarjana Pertanian (S.P), Sarjana Kehutanan (S.Hut), Sarjana Peternakan (P.Pt) dan Sarjana Teknologi Pertanian (S.TP). Dalam kegiatan yang berlangsung di Ruang Auditorium Lantai III Gedung B Fakultas Pertanian itu, 12 orang lulusan diantaranya diberi penghargaan dengan predikat cumlaude. Para lulusan terbaik itu diantaranya :

  1. Nining Purwokanti, S.TP, –  IPK 3,90
  2. Brytainer A. Tualena, S.TP, – IPK 3,84
  3. Miftahul Jannah, S.TP, – IPK 3,77
  4. Amelia Katrin Heatubun, S.TP, – IPK 3,86
  5. Eli Desta Girsang, SP, – IPK 3,73
  6. Agustina Widiyanti, SP, – IPK 3,74
  7. Fristnoeleyn Elizabeth Maukary, SP, – IPK 3,76
  8. Siti Fatila Umarella, SP – IPK 3,77
  9. Jamelin Maria Talakua, SP – IPK 3,86
  10. Pangeran Michael Sihaloho, SP – IPK 3,77
  11. Lisa Claudya Silooy, SP – IPK 3,85
  12. Yudea Desviera Doodoh, SP – IPK 3,87

Wakil Rektor Bidang Akademik – Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy dalam sambutannya mengatakan ada 5 aspek yang menjadi perhatian dalam peningkatan mutu di setiap institusi; Input, Proses, Output ,Outcome dan Impact atau dampak terhadap institusi. Fakultas Pertanian diharapkan bisa memperhatikan setiap aspek itu secara serius sehingga bisa menjadi fakultas yang unggul di setiap bidang. Dirinya juga berharap para lulusan dapat memaknai bahwa penelitian yang dilakukan merupakan kesempatan membangun daerahnya, selanjutnya para lulusan juga diharapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan dengan kemampuan yang telah dimiliki.

Ketua Senat Fakultas Pertanian – Prof. Dr. Ir. Rafael M. Osok, M.Sc dala kesempatan yang sama turut memberikan beberapa pesan bagi para lulusan yang disaat itu juga dikukuhkan sebagai alumni fakultas Pertanian ; “Pertama, jangan lupa untuk selalu menjaga nama baik almamater kita fakultas pertanian, dimanapun kalian berada dan dalam kegiatan apapun jangan sampai menodai nama baik almamater sehingga dapat merugikan almamater dan masyarakat luas. Hal kedua, jangan lupa untuk bergabung dalam  ikatan alumni Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Ambon, sebagai bentuk rasa kebersamaan sesama alumni, dan ke depan, jangan segan-segan untuk bekerjasama dengan Fakultas Pertanian dalam upaya pengembangan pertanian di wilayah Maluku. Ketiga, bila ada lulusan baru yang ingin melanjutkan studinya, Fakultas Pertanian mempunyai 4 Prodi S2 (Program Magister), yaitu Program studi pengelolaan lahan, ilmu pertanian, agribisnis dan kehutanan.” – ungkap Osok.

Lanjut Dekan Fakultas Pertanian – Prof Dr. A.E Pattiselanno, M.Si mengungkapkan FAPERTA  saat ini telah melakukan berbagai kerjasama yang implementasinya dalam bentuk magang dan penelitian mahasiswa maupun dosen pada beberapa institusi pemerintah. Hal ini dilakukan dengan harapan mahasiswa, alumni dan dosen bukan saja memiliki pengetahuan teori tetapi juga trampil dalam praktek nyata. “perjalanan panjang dan peran Fakultas Pertanian Universitas Pattimura, dengan dukungan kolektivitas warga Faperta ditambah dengan visi Universitas Pattimura dan Fakultas Pertanian; saya amat percaya Fakultas Pertanian mempunyai potensi ke depan yang tidak terbatas untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi Maluku dan Indonesia.” – tutup Pattiselanno.