Agribisnis

[otw_shortcode_tabslayout tabs=”7″ tab_1_title=”Sejarah” tab_1_content=”

Fakultas Pertanian pada saat didirikan memiliki dua jurusan yaitu Jurusan Pertanian dan Jurusan Kehutanan. Jurusan Pertanian saat itu memiliki empat departemen yaitu Departemen Agronomi, Hama dan Penyakit, Tanah dan Sosial Ekonomi Pertanian (SK Dekan Fakultas Pertanian Kehutanan UNPATTI Nomor: 1/KPTS/FPK/1976).

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 105/DIKTI/KEP/1984 tanggal 21 Agustus 1984 tentang jenis dan jumlah Program Studi disetiap Jurusan pada Fakultas di lingkungan Universitas Pattimura maka Departemen berubah menjadi Program Studi yaitu Prodi Agronomi, Hama dan Penyakit, Ilmu Tanah dan Sosial Ekonomi Pertanian yang bernaung dibawah Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian Unpatti.

Kemudian tahun 2007, berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional No: 163/DIKTI/KEP/2007, tanggal 20 November 2007 tentang Penataan dan Kodefikasi Program Studi pada Perguruan Tinggi dan Izin Operasional Rektor Unpatti Nomor 106/H13/SK/2009 Tanggal 18 Maret 2009 maka terjadi perubahan nama dari program studi Sosial Ekonomi menjadi program studi Agribisnis. Pada saat itu program studi Agribisnis masih bernaung dibawah jurusan Budidaya Pertanian. Kemudian tahun 2013, berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Pattimura Nomor: 204B/UN13/SK/2013, ditetapkan jurusan baru pada Fakultas Pertanian yakni Jurusan Agribisnis. Sehingga program studi Agribisnis saat ini telah bernaung di bawah jurusan Agribisnis.

” tab_2_title=”Visi” tab_2_content=”

Pada tahun 2023 menjadi PS terdepan dalam menghasilkan lulusan yang profesional untuk pengembangan agribisnis kepulauan berkelanjutan di Kawasan Timur Indonesia.

” tab_3_title=”Misi” tab_3_content=”

  1. Membentuk sumberdaya manusia yang berkepribadian dan berkarakter baik dalam bidang agribisnis kepulauan.
  2. Membentuk sumberdaya manusia profesional, mandiri dan kompeten memecahkan masalah agribisnis kepulauan secara konkrit guna menciptakan nilai tambah dan  daya saing berkelanjutan.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengkomunikasikan hasil kajian agribisnis kepulauan dalam bentuk paket tepat guna kepada masyarakat.

” tab_4_title=”Tujuan” tab_4_content=”

  1. Meningkatkan kualitas staf dan tradisi ilmiah sesuai standar operasional dan prosedur yang ditetapkan dalam PS Agribisnis.
  2. Menata dan mengembangkan sarana dan prasarana serta sistim adminstrasi proses pembelajaran  yang efisien dan efektif sesuai  standar pembelajaran pendidikan nasional .
  3. Melaksanakan pendidikan berbasis kompetensi dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia pengusaha, manajer, peneliti, akademisi, konsultan, fasilitator dan penyuluh yang cerdas, kreatif dan terampil dalam bidang agribisnis kepulauan berkelanjutan.
  4. Mengembangkan model-model agribisnis kepulauan berkelanjutan melalui penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

” tab_5_title=”Sasaran” tab_5_content=”

  1. Tercapainya jumlah dan mutu staf pengajar yang kompeten dan profesional disertai terciptanya tradisi ilmiah yang baik dalam PS Agribisnis.
  2. Tertatanya sarana dan prasarana serta sistim administrasi pembelajaran yang efisien dan efektif dalam PS Agribisnis.
  3. Terlaksananya sistem pendidikan berbasis kompetensi yang menghasilkan lulusan  yang cerdas, kreatif dan berwawasan luas serta terampil merencanakan mengelola,meneliti,mengkomunikasikan, member-dayakan dan mengembangkan kebijakan publik dalam bidang  agribisnis kepulauan berkelanjutan.

” tab_6_title=”Strategi” tab_6_content=”

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (dosen dan tenaga kependidikan)  melalui pendidikan formal dan non-formal.
  2. Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui perencanaan, pengajaran dan evaluasi pembelajaran dengan dukungan fasilitas yang memadai.
  3. Mengembangkan  kurikulum yang relevan dan memiliki kompetensi yang tinggi.

” tab_7_title=”Profil Lulusan” tab_7_content=”

Sesuai dengan hasil Hasil Workshop Pokja Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia (FKPTPI),  Bogor 5-7 Desember 2007 dan Lokakarya Nasional ke-8 Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia (FKPTPI), Jambi, 27-29 Mei 2008 dan Padang, 8-10 September 2014, maka lulusan Program Studi Agribisnis adalah sarjana dengan profil sebagai berikut:

  1. Manajer Usaha Pertanian/Agribisnis
  2. Pelaku/Pengusaha Agribisnis
  3. Perencana Pembangunan/Fasilitator Pengembangan Masyarakat Agribisnis
  4. Konsultan/ Pengkaji Agribisnis.

“][/otw_shortcode_tabslayout]



Sumber: Kepala Sub Bagian Registrasi dan Statistik Universita Pattimura