Apel Kerja

                                                                                                                                                               Apel Kerja Senin, 18 November 2024

 

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Budidaya Pertanian, JEANNE IVONEE NENDISSA, SP, MP

Berikut saya sampaikan beberapa arahan Sebagai berikut :

Bidang I
1. informasikan untuk prodi2 masukkan dokumen kurikulum prodi dengan penyesuaian OBE secepatnya. Link untuk koleksi dokumen akan dikirim.
2. Dosen yg menandatangani SKP perlu menyertakan salah satu contoh dokumen RPS mata kuliah yang diajarkan dengan metode Kasus (case Methods) dan/atau Team Base Project.

Bidang II
1. Bagi dosen penerima dana penelitian dan PkM PNBP Fakultas utk segera memasukkan Laporan akhir dan laporan keuangan utk akan diproses pencairan dana tahap II, kami masih mentoleransi hingga minggu ini
2. Bagi koordinator prodi yg belum melengkapi administrasi utk pencairan biaya transpot praktikum, utk segera dapat memasukkannya ke ibu bendahara, ditoleransi hingga minggu ini
3. Sesuai surat edaran Menteri dan WR 2 tentang judi online, maka salah satu media kampanye yaitu meletakkan 1 buah X-Banner pada setiap Jurusan, sehingga dimohon peran serta Pimpinan Jurusan dan Koordinator Prodi utk dapat juga menyampaikan hal ini kepada Staf Dosen dan Mahasiswa. Hal yang sama juga diharapkan dari Koordinator Pokja dan Sub Koordinator kepada Tendik, sehingga Faperta akan bersih dari judi online

Bidang III
1. Hari jumat ada senam bersama di depan fakultas

Demikian untuk menjadi perhatian kita semua, Terima Kasih.

                          

                                                                                                                                                                 Apel Kerja Senin, 09 September 2024

 

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Peternakan, Dr. Peter Melianus Ririmase, S.Pt., M.P

Berikut saya sampaikan beberapa arahan Sebagai berikut :

1. Kuliah Semester Ganjil Tahun Akademik 2024/2025 sudah mulai berlangsung sejak Kuliah Umum berlangsung.
2. Prodi-prodi dengan Akreditasi 7 Standard sudah harus mengerjakan ISK yang harus selesai dalam bulan ini.
3. Prodi-prodi juga sudah harus mempersiapkan diri untuk AMI yg segera berlangsung dalam Minggu ini.

Wakil Dekan 2
Mohon perhatian dari Pimpinan Jurusan dan Koordinator Program Studi bahwa deadline pengumpulan Laporan IKU triwulan ketiga (Juli-September 2024) adalah 20 September 2024
Mohon dapat mengirim ke Wakil Dekan Bidang Umum Dan Keuangan dalam bentuk softfile.

Wakil dekan 3

Demikian untuk menjadi perhatian kita semua, Terima Kasih.


                                                                                                                                                                     Apel Kerja Senin, 19 Agustus 2024

 

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Budidaya Pertanian, Dr. Ir. PIETER J. KUNU, MP.

Umum
Implementasi zona integritas di Fakultas Pertanian dimulai dengan kehadiran dalam Apel Kerja setiap hari Senin

Wakil dekan bidang 1
1. Pelaksanaan Pelatihan OBE tidak dapat dilaksanakan besok… Namun tetap akan dilaksanakan dengan waktu yang akan disampaikan kemudian. Setiap dosen diwajibkan untuk mengikuti kegiatan ini, karena setelah selesai kegiatan, dan sebelum masuk Semester Ganjil Tahun 2024/2025, semua mata kuliah pada masing-masing Prodi sudah harus memiliki RPS dan Analisis Butir Soal. Terkait pelatihan OBE, prodi perlu membagi dosen-dosen dalam homebasenya menjadi beberapa kelompok kerja untuk Pelatihan.
2. Pimpinan jurusan dan Prodi diharuskan menyelesaikan analisis kebutuhan prodi dan penugasan dosen untuk Penyusunan RPI dan diupload ke sistem sebelum tgl. 31 Agustus 2024. Kelalaian dosen menjadi tanggung jawab masing-masing….

Wakil dekan bidang 2
1. Diingatkan bagi Kepala Lab. yg belum masukkan daftar nama peralatan lab. Juga kebutuhan Prodi masukan secara bersama. Batas waktu pemasukan adalah hari ini.
2. Diingatkan bagi Pimpinan Jurusan untuk dapat melakukan pembinaan kepada Staf yang tidak disiplin didalam kehadiran. Evaluasi kehadiran Semester Genap 2023/2024 dan hal tetkait lainnya akan dilakukan minggu depan.

Wakil dekan 3

Demikian untuk menjadi perhatian kita semua, Terima Kasih.


Apel Kerja Senin, 12 Agustus 2024

 

Dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Ir. Leunard Onisivorus Kakisina, M.Si.,

BIDANG 1
1. Diingatkan bahwa batas pemasukan nilai semester genap TA 2023/2024 sampai tgl 12 Agustus 2024. Jika ada keterlambatan maka diambil lebijakan nilai B Sesuai aturan akademik.
2. Diingatkan kepada jurusan melalui Prodi utk menyiapkan Rencana Pembelajaran Individu (RPI) pada link: karier.kemendikbud.go.id

Arahan WD2 :
1. Diingatkan bagi penerima dana PNBP untuk kegiatan penelitian dan PKM untuk segera melakukan kegiatan penelitian & PkM dan paling lambat kami dapat menerima laporan akhir pada akhir Oktober 2024
2. Diingatkan bagi semua Kepala Laboratorium untuk dapat berkoordinasi dengan Pimpinan Jurusan & Pimpinan Prodi maupun Pengelola untuk menyusun kebutuhan peralatan laboratorium dengan besar anggaran per prodi 1.3 M., dengan menyertakan juga link TKDN, paling lambat kami terima hari Selasa, 13 Agustus 2024 dalam bentuk soft file

BIDANG 3
Hari kamis 15 Agustus 2024 akan ada kegiatan tenis meja, tendangan pinalti dan menyanyi dalam rangka perayaan 17 Agustus. Olehnya jurusan dapat menyiapkan mahasiswa untuk kegiatan tersebut.

Terima kasih.


Apel Kerja Senin, 05 Agustus 2024

Dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Dr. Ir. A. E. Pattiselanno,M.Si.,

Mengawali sambutan di pagi ini maka mewakili rektor dan civitas akademika universitas pattimura saya menyampaikan turut berdukacita dan penghargaan bagi almarhumah ibu dr. Delly matruty dan keluarga atas dedikasinya selama ini bagi universitas pattimura dan khususnya fakultas perikanan dan ilmu kelautan.
Yang kami hormati :
1. Para wakil rektor,
2. Pimpinan senat universitas dan para guru besar,
3. Pimpinan lembaga, para dekan dan wakil dekan, direktur dan
wakil direktur pascasarjana,
4. Para kepala biro,
5. Pimpinan jurusan dan program studi,
6. Pejabat fungsional madya dan pejabat fungsional muda,
7. Tenaga pendidik dan tenaga kependidikan,
8. Peserta apel kerja di pagi ini,
selamat pagi, salam sehat buat kita semua… Hotumesse. Patutlah kita mengucap syukur kepada tuhan yang maha kuasa karena di hari ini kita semua masih diberikan kesempatan untuk mengikuti apel kerja dalam lingkup universitas pattimura beberapa hal penting yang perlu disampaikan :
Dari rektor unpatti :
1) pimpinan fakultas/pasca, jurusan dan prodi perlu menjalankan tanggungjawab dan disiplin kerja yang berorientasi unggul dan bersinar menuju world class university,
2) persiapan dan pelaksanaan pkkmb direncanakan secara baik agar para mahasiswa benar-benar merasa memiliki unpatti, belajar dengan tekun, dan bisa selesai tepat waktu di 4 tahun ke depan
3) pimpinan fakultas/pasca memperhatikan proses persiapan wisuda tgl 29 agustus,
4) pimpinan fakultas/pasca, jurusan dan prodi diharapkan memperhatikan prodi-prodi yang harus di-akreditasi, baik akreditasi minimal, akreditasi yang jatuh tempo, yang sudah kadaluarsa, dan yang menuju akreditasi unggul serta internasional, harus fokus karena akan diterapkan model / pola sanksi dan reward bagi yang terlambat akreditasi dan yang mampu melaksanakan akreditasi unggul serta internasional,
5) persiapan untuk masuk tahun akademik 2024/2025 dengan baik, agar pembelajaran bisa 100 %, juga pelaksanaan hibah-hibah riset institusi, pengabdian masyarakat harus berbasis outcome sehingga memiliki nilai dan bernilai untuk mendukung iku,
6) perhatikan realisasi anggaran sesuai perencanaan dan output, untuk boptn dan rupiah murni, pnbp segara ditingkatkan karenakita sudah masuk triwulan ke 3 tahun 2024 sehingga diharapkan serapan sudah melampaui 50 persen.

Dari warek bidang  akademik :
1) pendaftaran atau registrasi ulang mhs lama ditutup tgl 24 agustus 2024. Mohon perhatian penasihat akademik dan kaprodi untuk mengingatkan mahasiswa bahwa tidak ada perpanjangan,
2) perhatian bagi para dosen bahwa batas input nilai ke siakad tgl 16 agustus 2024,
3) mohon perhatian pimpinan fakultas dan jurusan untuk bersinergi bersama proghram strudi agar segera melakukan evaluasi masa studi 4 semester utk angkatan 2022 dengan didukung tim gugus jaminan mutu sebagai bagian dari audit internal di level program studi,
4) penyelesian masa studi mhs angkatan 2017. Mohon menjadi perhatian serius bagi yang statusnya eligiblle utk selesai sebelum 31 agustus 2024. Dari warek bidang administrasi umum dan keuangan : sesuai dengan kebijakan rektor untuk mendanai prodi unggul dan internasional maka dana tersebut di ambil dari remunerasi, sehingga kebijakan pembayaran remunerasi semester 1 thn 2024 adalah sebagai berikut: kebijakan bayar
1. Poin < 40 poin bayar 50% dari nilai capaian
2. Poin 40 – 46.99 bayar 60% dari nilai capaian 100%
3. Poin 47 – 53.99 bayar 70% dari nilai capaian 100%
4. Poin ≥ 54 bayar 80% dari nilai capaian 100%

Dari warek bidang kemahasiswaan dan alumni :
1) perhatian bagi pimpinan fakultas bahwa pembukaan pkkmb sekaligus pkkmb tingkat universitas tanggal 6 agustus 2024,
2) sedangkan untuk pkkmb tingkat fakultas berlangsung tanggal 8,13,14,15 agustus 2024,
3) perhatian juga bagi pimpinan fakultas, jurusan, dan proghram studi bahwa pembukaan pendaftaran kip kuliah di fakultas[1]fakuktas sementara berjalan diharapkan mahasiswa baru/ calon penerima kip- kuliah melengkapi semua berkas sesuai dgn aturan yang berlaku, sehingga perlu informasi secara kontinu dari wadek bidang kemahasiswaan dan alumni supaya proses ini berlangsung dengan lancar dan transparan,
4) bagi pimpinan fakultas, jurusan dan program studi, diharapkan jika ada mahasiswa yang mengusulkan keberangkatan untuk mengikuti lomba tingkat nasional dalam bentuk apapun diharapkan berkoordinasi dgn bagian kemahasiswaan tingkat rektorat sehingga dapat diakomodir atau dicari jalan keluarnya sehingga tidak menimbulkan masalah publik.

Dari warek bidang kerjasama dan sistem informasi :
1) mohon perhatian pimpinan fakultas dan tim perencanaan fakultas agar segera memasukkan dokumen pendukung terkait pembangunan sarana prasarana,
2) diharapkan juga pimpinan fakultas, direktur pasca, dan seluruh unit di lingkungan unpatti agar melaporkan dokumen pks, ia dan rencana kerjasama dalam maupun luar negeri ke bagian kerjasama untuk di input ke dalam sikerma,
3) menjadi perhatian pimpinan fakultas bahwa, tim dari upt tik dalam waktu dekat akan menginstal seluruh laptop, pc perkantoran, pimpinan maupun dosen menggunakan mikrosoft yg telah berlisensi yang mekanismenya akan diatur kemudian,
4) mohon agar seluruh unit bisnis yang ada di fakultas segera didaftarkan ke unit bisnis unpatti, terutama lapak-lapak yang ada di fakultas ekonomi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian peserta apel kami sampaikan terimakasih.
Selamat bekerja dalam seminggu ke depan, sehat selalu dan
hotumese

 

                                


 

Apel Kerja Senin, 29 Juli 2024

Dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Dr. Ir. A. E. Pattiselanno,M.Si., menyampaikan Poin  tentang zona integritas dengan cara yang terstruktur dan jelas.

  1. Penjelasan Zona Integritas
    • Definisi:
      • Menjelaskan bahwa zona integritas adalah komitmen untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari korupsi, transparan, dan akuntabel.
    • Tujuan:
      • Menyampaikan tujuan utama, yaitu meningkatkan kualitas pelayanan publik dan menciptakan kepercayaan masyarakat.
  2. Komitmen Pimpinan
    • Menekankan komitmen pimpinan dalam mendukung zona integritas.
    • Mengajak seluruh pegawai untuk ikut berpartisipasi aktif dalam upaya ini.
  3. Langkah-Langkah Implementasi
    • Sosialisasi dan Pendidikan: Rencana untuk memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada seluruh pegawai.
    • Pengawasan Internal: Pembentukan unit pengawasan internal dan penjelasan tugasnya.
    • Pengelolaan Risiko: Cara mengidentifikasi dan mengelola risiko yang terkait dengan integritas.
    • Sistem Pelaporan dan Pengaduan: Penjelasan tentang saluran pelaporan untuk melaporkan tindakan korupsi dan pelanggaran lainnya.
    • Transparansi dan Akuntabilitas: Langkah-langkah untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam organisasi.
    • Peningkatan Kualitas Pelayanan: Upaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik.
  4. Ajak Seluruh Pegawai untuk Berperan Aktif
    • Mengajak seluruh pegawai untuk berperan aktif dalam menjaga integritas dan melaporkan setiap pelanggaran yang mereka lihat.
    • Menyampaikan pentingnya peran masing-masing individu dalam mendukung zona integritas.
  5. Penutup
    • Menyampaikan harapan dan ajakan untuk bekerja sama demi menciptakan lingkungan kerja yang bersih dan transparan.
    • Salam penutup dan ucapan terima kasih.

 

Apel Kerja Senin, 22 Juli 2024

Dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Ir. Edozon Jambormias, SP., M.Si., Beberapa informasi yang disampaikan, adalah:

1. Para penasihat akademik diingatkan untuk memvalidasi KRS Semester Antara di SIAKAD, dengan memperhatikan penawaran manual yang telah dilakukan oleh mahasiswa.
2. Pengisian Rencana Pembelajaran Individu, sesuai Surat Kepala Biro SDM tanggal 7 Juli 2024 ditunda penginputan datanya hingga 15 September 2024. Penundaan ini memungkinkan para Ketua TNA melalui ketua-ketua prodi dapat merencanakan dengan baik penyusunan rencana pengembangan masing-masing prodi untuk penugasan dosen. Perencanaan terkait dengan kebutuhan institusi, terutama visi rektor untuk internasionalisasi, dan faperta terkait sosio agritechnopreneurial. Perlu diingatkan bahwa penyusunan RPI adalah bersifat wajib, kecuali dosen yang akan pensiun dalam 6 bulan ke depan. Kelalaian menjadi tanggung jawab sendiri.
3. Oleh sebab itu, setelah selesai Apel ini, para Kaprodi diminta kehadirannya dalam pertemuan bersama di ruang rapat fakultas untuk membicarakan pengembangan prodi.
4. Bagi Tim Penyusun Laporan Evaluasi Diri Fakultas untuk segera dapat menyusun masing-masing kriteria yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya, lebih khusus bagi tim prodi Ilmu Lingkungan dan prodi Pengelolaan Hutan yang akan diakreditasi dalam tahun ini. Didalam minggu ini akan dilakukan pertemuan ketiga utk membahas hasil kerja tim.
5. Lomba LKTI tingkat fakutas akan segera dilakukan. Olehnya tiap program studi yang belum mengirimkan mahasiswa untuk kegiatan dimaksud diharapkan segera mengirim ke bagian kemahasiswaan fakultas.


Apel Kerja Senin, 15 Juli 2024

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Sosial Ekonomi Dr. Jeter D. Siwalette, SP., M.Si., Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

1. Sehubungan dengan telah berakhirnya kuliah Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024, maka Team Teaching diharapkan memasukkan nilai akhir Semester dalam minggu ini.
2. Para Kajur diharapkan sudah selesai menyusun Analisis Kebutuhan Prodi-prodi melalui Kaprodi2 dan penyusunan RPI masing-masing dosen dengan memperhatikan Renstra Faperta, Renstra Pengembangan Prodi, Renstra Riset Prodi dan Renstra Pengabdian Prodi. Bagi prodi-prodi yang belum memiliki Renstra2 terkait, paling sedikit menyusun Roadmapnya sebagai landasan penyusunan RPI.
3.Lomba LKTI tingkat fakutas akan dilakukan selesai semesteran. Olehnya tiap program studi yang belum mengirimkan mahasiswa untuk kegiatan dimaksud diharapkan segera mengirim ke bagian kemahasiswaan fakultas.

Registrasi dan Pembayaran UKT
1.Pembayaran UKT Semester Ganjil Tahun Akademik 2024/2025 dibuka mulai tanggal 10 Juli s.d 24 Agustus dan tidak ada perpanjangan.
2.Mahasiswa melakukan login pada laman : https://sirang.unpatti.ac.id/
3.Mahasiswa diharuskan mencetak SLIP pembayaran.
4.Mahasiswa yang menerima beasiswa KIP-Kuliah dapat langsung login ke lamana: https://siakad.unpatti.ac.id/
6.Mahasiswa yang tidak menerima beasiswa, melakukan pembayaran melalui telerATM atau Transfer melalui Bank BRI dan tidak diperkenankan melakukan pembayaran/transfer dari Bank lain/berbeda.
6.Setelah tahapan pembayaran selesai, maka mahasiswa dapat mencetak KRS.
7.Setelah KRS dicetak, mahasiswa wajib melakukan pengembalian di Fakultas dan Program Studi masing-masing.
8.Program Studi wajib Mengisi jadwal perkuliahan Semester Gajil 2024/2025 di SIAKAD.
9.Untuk menghindari masalah-masalah akademik terkait perkuliahan maka diharapkan proses permentoran harus berjalan dengan baik dan benar.
10. Bagi mahasiswa yang tidak menyelesaikan Proses pembayaran UKT sesuai yang ditentukan (dengan alasan apapun) hingga batas waktu yang disediakan, maka harus melakukan cuti kuliah.
11. Tidak akan dilayani pembayaran UKT Selama proses akademik berlangsung.

 


Apel Kerja Senin, 08 Juli 2024

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Prof. Dr. Febby J. Polnaya, SP., MP., Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

Arahan WD1:

1. Bagi Team Teaching yang sudah selesai melaksanakan ujian semester, perlu segera memasukkan nilai ke SIAKAD sebelum tanggal 16 Agustus 2024 sesuai Surat Pemberitahuan Wakil Rektor Bidang Akademik.
2. Setiap dosen yang memerlukan pengembangan kompetensi diri (Bangkom) perlu merencanakannya dalam 5 tahun ke depan dalam bentuk Rencana Pembelajaran Individu (RPI) melalui diskusi intens dengan Ketua Kelompoknya, yaitu ketua-ketua jurusan dan mengisinya melalui link: https://karier.kemdikbud.go.id/. Pedoman penyusunan RPI dapat dipelajari melalui link: http://sdm.kemdikbud.go.id/ dan bentuk-bentuk pelaksanaannya secara nasional dapat memperhatikannya pada link: https://wkmb.kemdikbud.go.id/
3. Terkait butir 2 di atas, pimpinan jurusan dan program studi diminta kehadirannya dalam pertemuan bersama hari ini, jam 11.00 Wit, untuk membahas kebutuhan Fakultas melalui masing-masing program studi dalam 5 tahun ke depan sebagai dasar penugasan kepada dosen untuk menyusun RPInya.
4. Batas akhir input data ke link: https://karier.kemdikbud.go.id/ untuk Unpatti adalah 7 Agustus 2024 sesuai jadwal Submit Data dari Biro SDM Kemdikbudristek (dapat diakses melalui: https://bit.ly/Jadwal_Input_Data_RPI).
5. Pada akhir bulan Juli akan dilakukan Pelatihan pembelajaran berbasis Outcome Based Education (OBE), khususnya terkait Pelatihan pembelajaran Case Methods dan Team Base Project serta Assesment Pembelajaran berbasis kedua metode ini bagi para dosen di lingkup Faperta Unpatti.
6. Bagi prodi-prodi yang mempersiapkan akreditasi, segera memasukkan nama Tim Akreditasi untuk ditetapkan dalam surat keputusan (dengan surat resmi dari pimpinan jurusan).
7. Semua program studi, kecuali dua prodi baru yang akan melakukan reakreditasi, segera mempersiapkan instrumen suplemen konversi (ISK) untuk diteruskan pimpinan fakultas ke LP3MP.

Arahan WD 2:

1. Pimpinan Jurusan dapat menghimbau semua Dosen untuk dapat hadir mengikuti Apel Kerja, begitu juga dengan Koordinator terhadap Tendik.
2. Pimpinan Jurusan dan Koordinator serta Sub Koordinator dapat menghimbau Dosen & Pegawai utk
mengikuti arahan Rektor tentang ketentuan berpakaian.
3. Pimpinan Jurusan dan juga Pimpinan Prodi dihimbau untuk dapat mengawasi Tenaga Cleaning Servis yang ditempatkan di unit masing-masing karena sudah ada penegasan untuk mereka tetap berada di unit masing2 pada jam kantor untuk mengurus kebersihan, kecuali ada acara2 besar di fakultas yg memerlukan tenaga mereka
4. Bagi Tim Evaluasi Diri Fakultas untuk segera menyelesaikan Laporan Evaluasi Diri sesuai tugas yang sudah dibagi ke masing2 anggota tim karena hari kamis jam 2 siang kita akan rapat untuk membahas LED yang telah dibuat, lebih khusus lagi buat Prodi Ilmu Lingkungan dan Pengelolaan Hutan yang akan akreditasi di tahun ini.Arahan WD 3:

WD 3.

Lomba LKTI tingkat fakutas akan dilakukan selesai semesteran. Olehnya tiap prodi yang belum mengirimkan mahasiswa diharapkan dikirim ke bagian kemahasiswaan.


Apel Kerja Senin, 14 Februari 2022

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian P. Ririmase, S.Pt., M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Bagi seluruh dosen agar segera melakukan penyelesaian penilaian dan mengunci nilai pada SIAKAD hari ni agar mahasiswa dapat segera melakukan pengusulan KRS untuk proses penawaran mata kuliah semester Genap TA. 2021/2022.
  2. Untuk proses pembelajaran mulai dari penginputan RPS, presensi, pembimbing akademik dan penginputan data perkuliahan setiap kali tatap muka sepenuhnya berbasis SIAKAD tidak lagi berbasis GCR oleh karena itu mohon pendampingan program studi serta operator kepada setiap dosen yang membutuhkan asistensi
  3. Proses pembelajaran setiap dosen berbasis SIAKAD ini sudah harus dilakukan terkait pelaporan (point 1) pada pangkalan data PD DIkti. Bila tidak dilakukan akan mengganggung proses pelaporan.
  4. Setiap dosen agar dapat melakukan verifikasi KRS mahasiswa pada SIAKAD setelah mereka melakukan penawaran mata kuliah.
  5. Mohon Program Studi melaporkan proses MBKM khususnya magang yang telah berakhir pada semester Ganjil TA. 2021/2022 sesuai surat WD1 tertanggal 7 Januari 2022, sehingga kami dapat melakukan pendaataan terkait luaran yang dicapai dengan mitra.
  6. Pembayarann UKT tidak lagi diberlakukan skema keringanan, mohon disampaikan kepada mahasiswa.
  7. Setiap dosen diharuskan untuk mengusulkan kenaikan pangkat secara terartur sesuai aturan yang berlaku.
  8. Pimpinan Jurusan dan Program Studi dapat membagi tugas perkuliahan dosen dengan baik.
  9. Pembayaran serdos belum terealisasi karena harus melakukan penyesuaian daftar/format pengusulan sesuai format terbaru dari DIjen Anggaran.
  10. Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian sudah terbentuk, pelantikan akan dilakukan dalam waktu dekat.
  11. Pimpinan Jurusan dapat mengingatkan HMJ masing-masing yang telah selesai masa baktinya dapat melaksanakan SUM untuk memilih kepemimpinan baru.

Apel Kerja Senin, 7 Februari 2022

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Dr. M. Tjoa, S.Hut., M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Pendidik dana tendik yang belum memasukkan SKP tahun 2021, serta Pendidik yang belum memasukkan Laporan BKD untuk semester Gasal 2021/2022 dan Rendacana BKD Genap 2021/2022 agar segera dimasukkan paling lambat hari ini Senin, 7 Februari 2022, karena tanggal 8 Februari sertifikasi dosen sudah mulai diproses.
  2. Penginputan remun oleh Jurusan (sekretaris jurusan dan pegawai jurusan) agar segera dilakukan bulan ini setelah dilakukan pelatihan penginputan oleh Tim Remun. Untuk itu, Bpk/Ibu Dosen segera mempersiapkan data remun bulan Januari karena penginputan dilakukan untuk data remun bulan sebelumnya. Dapat dilakukan evaluasi setiap setiap bulan perkembangan capaian IKU masing-masing Dosen di tingkat jurusan sekaligus meminimalkan penumpukan penginputan dan validasi di batas waktunya nanti. Oleh karena itu, semua surat tugas disiapkan sesuai waktunya karena tidak ada lagi pelayanan untuk surat tugas yang sudah lewat waktu.
  3. Untuk form berita acara ujiann sarjana, nilai ujian, dan lain-lain termasuk SK Pembimbing dan SK Penguji hanya akan dibuat satu rangkap dan soft filenya dikirimkan ke Jurusan untuk dibagikan ke Dosen yang bersangkutan.
  4. Mahasiswa yang berhak untuk mengikuti Judicium adalah mahasiswa yang sudah memasukkan skripsi lengkap sesuati peraturan.
  5. Kuliah umum akan dilaksanakan besok Selasa, 8 Februari 2022 pada jam 09.30 wit secara virtual, mohon kehadiran seluruh dosen dan dapat diinformasikan kepada seluruh mahasiswa.
  6. Program studi agar segera menyiapkan jadwal kuliah untuk diedarkan.
  7. Diinformasikan bahwa tidak ada usulan keringanan pembayaran UKT. Mohon jurusan dan program studi menginformasikan kepada seluruh mahasiswa, sehingga mahasisswa tidak lagi menunda pembayaran UKT.
  8. Kepada dosen yang berpartisipasi pada seminar internasional pada 27 November 2021 yang belum memasukkan full papaernya agar segera memasukkan pada panitia secepatnya untuk dapat diproses penerbitannya.
  9. Sesuai surat Rektor No. 922/UN13/LL/2022, dimohon kepada Program Studi Kehutanan dan Peternakan agar dapat menyiapkan roadmap rencana program studi menunju Akreditas Unggul yang akan dipresentasikan pada Kamis, 10 Februari 2022, untuk itu akan diadakan Rapat persiapan pada hari Rabu, 9 Februari 2022, jam 14.00 di ruang rapat Fakultas.
  10. Para Ketua Program Studi diharapkan menginformasikan kepada mahaswa penerima Beasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah untuk melaporkan IPK-nya berupa DNS semester Gasal 2021/2022 pada Sub Bagian Kemahasiswaan Fakultas Pertanina, palingn lambat tanggal 30 Februari 2022.

Apel Kerja Senin, 3 Januari 2022

Dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. A.E. Pattiselanno, M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Pelaksanaan UAS dimulai tanggal 5 s.d. 14 Januari 2022. Dilakukan secara daring. Mohon pengikuti pentunjuk teknik yang telah disampaikan panitia. Satu miggu setelah selesai UAS agar nilai segera dimasukkan pada Program Studi dan menginputnya pada SIAKAD. Mohon ditaati secara baik sehingga tidak terjadi keterlambatan dalam penginputan nilai dan pelaporannya pada PD DIkti.
  2. Sampai saat ini belum semua dosen menggunakan SIAKAD dalam menginput semua proses pembelajaran, RPS, Absesnsi, KRS, pembimbingan skripsi, dan lain-lain, oleh karena itu mohn para Ketua Program Studi bersama operator SIAKAD agar dapat membantu para Dosen dalam penggunaannya. Agar kita dapat mengalihkan penggunaan GCR ke SIAKAD secara efektif  pada semester Genap 2021/2022.
  3. Evaluasi Pembelajaran semester Gasal dan kemajuan studi ahasiswa akan dilaksanakan minggu ke-2 Januari 2022. Dalam rangka percepatan studi mahasiswa mohon Program Studi dapat menyiapkan bahan evaluasi dengan mengacu pada Peraturan Akademik tahun 2021.
  4. Sehubungan dengan surat Rektor terkait permintaan Capaian Kinerja Triwulan IV tahun 2021 dan Laporan Kinerja Unit Kerja tahun 2021, maka sangat diharapkan setiap jurusa dan program studi dapat menyampaikan dokumen atau bukti kinerja (bukti kerjasama, dll) agar dapat diteruskan ke pihak rektorat.
  5. Kepada semua tenaga kependidikan dan tenaga non PNS agar selalu memperhatikan jam masuk dan pulang kantor.
  6. Mohon bantuan pimpinan jurusan dan program studi dapat mendorong semua mahasiswa yang menerima Beasiswa Bidik Misi dan Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP Kuliah) dapat mempertahankan IPK-nya agar jangan kurang dari 3,0 dan apabila IPK kurang dari 3,0 maka beasiswa dapat dihentikan oleh Kementrian Pendidikan Riset dan Teknologi.

Apel Kerja Senin, 20 Desember 2021

Dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. J.M. Matinahoru. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Kuliah Semester Gasal 2021/2022 berakhir pada hari ini 20 Desember 2021. Mohon menjadi perhatian bersama.
  2. Natal Fakultas Pertanian secara sederhana akan dilaksanakan besok, 21 Desember 2021 bertempat di Auditorium Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura, dilakukan secara live streaming. Bagi Bpk/Ibu/Mahasiswa yang mendapat undangan dimohon kehadirannya secara luring.
  3. Libur Natal dimulai dari tanggal 23 sampai dengan 26 Desember 2021. Msuk kantor pada tanggal 27 Desember 2021.
  4. Rencana pelantikan Dekan Periode 2021/2025 pada tanggal 28 Desember 2021. Mohon kehadiran Bpk/Ibu Pimpinan pada acara tersebut.

Apel Kerja Senin, 13 Desember 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Dr. Ir. L.O. Kakisina, M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Wisuda Universitas Pattimura akan berlangsung tanggal 14 Desember 2021, jam 09.00 wit secara live streaming dengan memakai sistem drive trought.
  2. Ujian Semester Gasal 2021/2022 akan berlangsung pada tanggal 5 Januari 2022. Mohon panitia sudah mulai mempersiapkan berbagai hal terkait kegiatan tersebut.
  3. Kuliah Semester Gasal 2021/2022 akan berakhir pada tanggal 20 Desember 2021, dihimbau bagi seluruh dosen dapat menuntaskan perkuliahannya. Mohon Program Studi dan TKS dapat mengevaluasi proses ini.
  4. Mohon Program Studi yang belum memasukkan dokumen kurikulumnya, agar segera memasukkannya.
  5. Ujian Akhir Semester direncanakan pada tanggal 5-12 Desember 2022 dan dilaksanakan secara online.
  6. Bagi Pimpinan Program Studi yang belum memasukkan permintaan biaya transport/perjalanan praktek mahasiswa semester ganjil 2021/2022, masih diberikan kesempatan sampai hari ini (Senin, 13 Desember 2021) dan merupakan hari terakhir permintaan biaya tersebut.
  7. Bagi tim PNBP Fakultas Pertanian tahun 2021, khususnya tim peneliti dari Jurusan Peternakan, jika tidak memasukkan laporan keuangan dan laporan kemajuan penelitian, maka salah satu sanksinya pengembalian dana penelitian.
  8. Diberitahukan kepada pimpinan Jurusan, Program Studi dann Koordinator serta sub Koordinator Fakultas Pertanian, agar dapat menyaksikan kegiatan panen sayur hidroponik di rumah kaca Fakultas Pertanian pada hari Rabu, 15 Desember 2021 jam 10.00 wit.

Apel Kerja Senin, 6 Desember 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Dr. Ir. M. Mailoa, M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Kuliah semester Gasal 2021/2022 akan berakhir pada tanggal 20 Desember 2021. Mohon hal ini menjadi perbahtian bersama.
  2. Rencana Ujian Semester Gasal 2021/2022 yaitu pada tanggal 5 Januari 2022. Mohon panitia dapat mempersiapkan hal-hal yang terkait degnan pelaksanaannya.
  3. Yudisium Fakultas Petnaian periode Desember 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2021 dan pelaksanaan wisuda Universitas Pattimura pada tanggal 14 Desember 2021. Mohon Panitia Yudisium dapat mempersiapkan secara baik hal0hal yang berkaitan dengan kegiatan dimaksud.
  4. Menjelang Audit oleh LP3MP, mohon ketua Program Studi dapat mengisi form buku IV.
  5. Mohon tim TKS dapat menyampaikan laporannya.
  6. Bagi seluruh dosen yang terlibat dalam seminar Internasional, dapat memasukkan full papernya ke panitia untuk dapat diproses penerbitannya pada prosiding terindeks SCOPUS.
  7. Mohon program studi yang belum memasukkan dokumen kurikulumnya, agar segera dapat memasukkan.
  8. Bagi Bpk/Ibu yang telah melakukan perjalanan Dinas, agar segera memasukkan bukti-bukti perjalanan dinas beserta laporannya agar dapat diproses biaya perjalanan dinas dimaksud.
  9. Bagi tim peneliti PNBP dari Jurusan Peternakan agar segera memasukkan laporan keuangan dan laporan kemajuan penelitian karena batas waktunya sudah hampir selesai.
  10. Mohon bantuan Ketua Jurusan dan Program Studi untu menginformasikan kepada para Alumni bahhawa ada rekrutmen staf OJK. Bagi yang ingin mendaftar dapat menghubungi sub agian Kemahasiswaan Fakultas Pertanian.

Apel Kerja Senin, 15 November 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Dr Ir P.J. Kunu, M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Implementasi MBKM membutuhkan terobosan-terobosan penting dari pimpinan Program Studi hingga Fakultas, sehingga MBKM benar-benar akan menjadi suatu sarana pengembangan diri dan kompetensi mahasiswa melalui berbagai jalur MBKM tanpa menambah beban pembiayaan di pihak mahasiswa.
  2. Mengingatkan kembali para Ketua Jurusan dan Program Studi untuk menyiapkan Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) sesuai PK antara Dekan dan Ketua Jurusan.
  3. Terkait permintaan bahan Praktikum mahasiswa Semester Ganjil 2021/2022 maka mohon kehadiran para ketua Program Studi dalam Rapat yang akan dilaksanakan pada hari ini, Senin 15 November 2021, jam 11.00 wit, dir Ruang Rapat Fakultas.
  4. Dalam melaksanakan tugas dan tanggungn jawab kita tetaplah mengedepankan pelayanan yang adil dan sesuai tugas masing-masing.

Apel Kerja Senin, 7 November 2021

Dipimpin oleh Wakil Dekan  Wakil Dekan Bidang Kemahasiswa Fakultas Pertanian Ir. H.R.D. Amanupunyo, MP. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Diingatkan lagi bagi tiap Ketua Program studi agar dapat mendorong dosennya untuk segera memasukkan tulisan ke Seminar Internasional Fakultas Pertanian paling lambat tanggal 22 November 2021.
  2. Bagi Tim Peneliti PNBP Fakultas Pertanian 20221 agar dapat segera memasukkan tulisannya ke Seminar Internasional Fakultas Pertanian, paling lambat tanggal 22 November 2021.
  3. Bagi Bpk/Ibu PNS yang belum selesai mengunggah data ASN, batas akhir pada tanggal 31 Oktober 2021. Bagian kepegawaian agar dapat berkoordinasi dengan jurusan/PS untuk dosen yang sakit atau dosen yang jarang datang di kampus.
  4. Seminar Internasional Fakultas Pertanian Universitas Pattimura akan diselenggarakan pada tanggal 27 November 2021. Mohon bagi seluruh dosen dapat registrasi sebagai peserta dan pemakalah, Abstrak dapat dimasukkan paling lambat 22 November 2021.
  5. Mohon perhatian semua ASN terhadap input bukti kinerja yang terkait degnan Remunerasi periode Juli-Desember 2021.
  6. Pimpinan Jurusan dan Program Studi agar menyiapkan Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) sesuai PK Ketua dengan Dekan, periode Juli-Desember 2021.
  7. Mohon bantuan dari Jurusan dan Program Studi dapat memantau kegiatan kemahasiswaan di tingkat Jurusan dan Program Studi karena disinyalir ada kegiatan yang mengumpulkan mahasiswa mengatasnamakan Jurusan dan Program Studi di Fakultas Pertanian tanpa diketahui pimpinan Jurusan dan Program Studi.

Apel Kerja Senin, 1 November 2021

Dipimpin oleh Wakil Dekan  Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Kepegawaian Fakultas Pertanian Ir. Th. M. Silaya, MP. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Beberapa hal penting yang disampaikan oleh pimpinan Universitas pada Rapat Pimpinan tanggal 28 Oktober 2021 yang perlu mendapat pertahian yaitu terkait Capaian IKU Universitas Pattimura meliputi IKU Bidang Akademik, Ibu Bidang Kepegawaian dan Keuangan dan IKU Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.
  2. SK Rektor segera dibuatkan untuk mahasiswa DO, setelah adanya pernyataan dari Pimpinan Fakultas.
  3. Refocusing anggaran Tahun 2021 sudah ditangani oleh Wakil Rektor 2 dan Staf Bagian Keuangan Rektorat.
  4. Seminar Internasional Fakultas Pertanian segera dilaksanakan paling terlambat akhir bulan November 2021. Hall ini terkait dengan artikel ilmiah yang dipublikasikan.
  5. Program Studi Peternakand an Kehutanan diharapkan agar menyiapkan dokumen dengan baik untuk menuju Akreditasi Unggul.
  6. Bagi dosen mata kuliah yang belum melakukan UTS agar segera melaksanakannya.
  7. Diinformasikan bahwa Seminar Internasional yang direncanakan berlangsung pada tanggal 10 Desember 2021 dimajukan pada tanggal 27 November 2021. Bagi yang mengiikutsertakan naskahnya untuk dipresentasikan dan dipublikasikan dalam prosiding, batas akhir pemasukkan abstrak adalah tanggal 22 November 2021. Abstrak dapat dikirim melalui email panitia: pertanian1.pattimura@gmail.com. Informasi lengkapnya dapat dilihat pada laman: https://abfsh.faperta.unpatti.ac.id
  8. Tim Peneliti PNBP Fakultas Pertanian segera memasukkan laporan kemajuan dan laporan keuangan. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian dan THP yang telah memasukkan.
  9. Pemasukan rekapitulasi kehadiran dosen/ASN dari masing-masing jurusan, paling terlambat hari ini jam 12 siang. Dimasukkan ke Sub Bagian Kepegawaian Fakultas Pertanian.
  10. MONEV Capaian Kinerja Periode Juli-Desember 2021 terkait remunerasi.

Apel Kerja Senin, 25 Oktober 2021

Dipimpin oleh Wakil Dekan  Bidang Akademik Fakultas Pertanian Dr. Ir. H. Kesaulya, M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Bagi tim peneliti PNBP Fakultas Pertanian tahun 2021 diharuskan juga memasukkan laporan akhir dalam bentuk soft copy agar memudahkan tim editing untuk menghasilkan buku teks.
  2. Diingatkan lagi agar tiap Program Studi minimal harus mempunyai 5 artikel untuk diikutkan dalam seminar internasional Fakultas Pertanian pada bulan Desember 2021.
  3. Sesuai kalender akademik, Ujian Tengah Semester (UTS) berlangsung pada tanggal 25 sampai dengan 30 Oktober 2021, mohon menjadi perhatian seluruh dosen mata kuliah untuk pelaksanaannya.
  4. Berdasarkan Surat Biro Sumber Daya Manusia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tentang batas waktu pemutakhiran data mandisi ASN, diiformasikan bahwa batas akhir menyelesaikan pemutakhiran data pad MySAPK adalah tanggal 31 Oktober 2021. Apabila ASN tidak menyelesaikan pemutakhiran data sesuai batas waktu yang ditentukan, maka pelayanan managemen kepegawaian yang bersangkutan tidak akan diproses..
  5. Diinformasikan kepada smua unit kerja, baik Jurusan, Program Studi dan Sub-sub Bagian agar memperhatikan dan dapat menindaklanjuti SEGERA setiap permintaan dan penyelesaian data (baik data administrasi, akademik, maupun kemahasiswaan) tepat pada waktunya. Mohon untuk tidak dibiarkan berlarut-larut atau tidak mempedulikan penyelesaiannya sehingga akan dapat mengganggu penilaian kinerja Fakultas ini.
  6. Tenaga kebersihan diharapkan selalu memperhatikan kebersihan kamar mandi dan mandi.
  7. Diingatkan kepada pimpinan Jurusan agar hari Jumat, 29 Oktober 2021, sudah memasukkan rekapitulasi kehadiran dosen masing-masing jurusan untuk proses uang makan, dan bagi jurusan yang tidak memasukkan rekapitulasi tersebut, maka uang makan jurusan tersebut tidak di proses.
  8. Terkait beasiswa KIP Kuliah untuk mahasiswa angkatan 2021, Fakultas Pertanian mendapat jatah 63 orang datanya yang telah diverifikasi sambil menunggu SK Rektor. Mohon bantuan Jurusan dan Program Studi untuk menginformasikannya kepada mahasisa angkatan 2021.

Apel Kerja Senin, 18 Oktober 2021

Dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. J.M. Matinahoru. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Tidak ada libur nasional pada tanggal 19 Otkober 2021. Hari libur dipindahkan pada Rabu, 20 Oktober 2021.
  2. Bagi Tim peneliti Dana PNBP Fakultas Pertanian, agar segera memasukkan laporan penelitian dan mempersiapkan artikel untuk ikut dalam Seminar Internasional Fakultas Pertanian 2021.
  3. Dosen diharapkan segera menyiapkan artikel untuk ikut dalam Seminar Internasional Fakultas Pertanian pada Desember 2021. Tiap program studi diharuskan menyiapkan minimal 5 artikel dari dosennya untuk ikut dalam seminar internasional tersebut.
  4. Fakultas Pertanian akan menerbitkan buku referensi jilid 1 tentang potensi Pulau Nusalaut (memuat khusus hasil penelitian PNBP Fakuultas Pertanian 2021 dan mungkin beberapa hasil skripsi mahasiswa).
  5. Terkait point 4, maka Fakultas akan segera membentuk tim editing buku tersebut untuk penerbitannya.
  6. Bpk/Ibu ASN yang belum menyelesaikan data MYSAPK, agar segera dituntaskan karena ada edaran perpanjangan waktu sampai 31 Oktober 2021.
  7. Bagi para Ketua Program Studi, segera merumuskan program ataupun kegiatan yang akan dilakukan mahasiswa ataupun dosen setelah SPK MBKM telah dilakukan, untuk memudahkan penawaran bagi mahasiswa.
  8. Bagi Bpk/Ibu yang merasa sangat terganggu akibat gangguan jaringan internet di Fakultas Pertanian, dimohon kesabarannya karena Fakultas sementara berupaya untuk perbaikannya.
  9. Diharapkan semua pegawai menjaga kesehatan masing-masing, dengan tetap memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Apel Kerja Senin, 11 Oktober 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Dr. Ir. L.O. Kakisina, M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Para Ketua Program Studi dan Wakil Dekan Bidang 1 untuk mengatur semua mata kuliah Semester 1, agar tiap mata kuliah memiliki satu ID Zoom dan GCR, serta menunjuk satu operator SIAKAD sebagai host.
  2. Para peneliti PNBP Faperta agar menyiapkan artikel penelitiannya untuk kegiatan seminar Internasional Fakultas Pertanian pada bulan Desember 2021.
  3. Diharapkan semua Dosen Metor agar dapat memvalidasi penawaran MK/KRS pada aplikasi SIAKAD, sehingga dapat terlapor dalam sistem pendataan akademik, yang dibantu oleh Program Studi dan Operator.
  4. Bagi Program Studi yang belum memasukkan flyer atau video untuk WINNER Expo 2021, untuk segera dimasukkan hari ini untuk proses kompilasi dan pengeditan.
  5. Panitia Semianr Internasional diharapkan mengikuti rapat secara luring di ruang rapat fakultas.
  6. Bagi peneliti PNBP segera memasukkan laporan kemajuan dan laporan keuangan 100% untuk pengurusan sisa dana penelitian
  7. Sehubungan dengan rendahnya capaian kinerja Fakultas Pertanian karena minimnya data dari Jurusan, Program Studi dan Dosen, maka setiap dosen diharuskan menyampaikan data yang diminta Program Studi dan Jurusan terkait capaian kinerja dimaksud.
  8. Sehubungan dengan adanya komplain daari beberapa dosen terkait pemotongan gaji, maka disampaikan bahwa pemotongan gaji tersebut antara lain: potongan Program Studi/Jurusan, potongan duka, potongan arisan. Untuk lebih jelas dapat menghubungi langsung bendahara fakultas.
  9. Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) mahasiswa Fakultas Pertanian akan dilaksanakan bulan ini, waktu akan diinformasikan kepada Mahasiswa peserta LKTI.

Apel Kerja Senin, 4 Oktober 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Dr. Ir. M. Mailoa, M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Batasan input data ASN tinggal 8 hari, mohon menjadi perhatian untuk semua ASN.
  2. Laporan kemajuan penelitian PNBP Fakultas Pertanian tahun 2021 agar segera dimasukkan, paling lambat hari Rabu, 6 Oktober 2021 untuk diusulkan sisa biaya penelitian.
  3. Mohon bantuan Tim TKS dapat memantau proses perkuliahan dan dapat melaporkannya.
  4. Kepada semua dosen yang melakukan kuliah agar dapat menginput semua proses perkuliahan pada aplikasi SIAKAD.
  5. Mohon perhatian untuk Jurusan/Program Studi/Kelompok Ilmu/Tim Peneliti/Tim Pengabdian kepada Masyarakat dan tim kerjasama lainnya yang telah melakukan perjanjian kerjasama atas nama fakultas yang dilakukan secara desk to desk atau melalui pembahasan bersama agar dapat mengarsipkan dokumen PKS-nya ke Fakultas untuk dijadikan laporan kinerja institusi dan untuk kepentingan akreditasi.
  6. Diingatkan kembali agar semua ASN mengisi atau memperbaharui data kepegawaian pada laman MYSAPK, sesuai surat dari Rektorat Unpatti, batas akhir pengisian tanggal 12 Oktober 2021.
  7. Selain Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, maka pimpinan Jurusan dan Program Studi lainnya segera merencanakan dan melaksanakan program MB-KM, ada dana untuk kegiatan tersebut. khusus untuk biaya perjalanan/transport, di wilayah Provinsi Maluku.

Apel Kerja Senin, 20 September 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Peternakan P. Ririmase, S.Pt., MP. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Waktu kuliah efektif semester Gasal 2021/2022 adalah 2,5 bulan. Dimohon agar mata kuliah yang belum mulai proses perkuliahan, agar dapat segera dimulai.
  2. Waktu pemuktahiran data ASN tinggal 2 minggu, mohon menjadi perhatian terutama untuk staf dosen yang selalu bermasalah.
  3. Jurusan yang sudah resmi melakukan implementasi kurikulum MBKM di Fakultas Pertanian pada semester Gasal 2021/2022 adalah Jurusan Sosial Ekonomi Pertnaian, Mohon menjadi perhatian jurusan dan program studi lainnya.
  4. Pemantauan bidang akademik sampai saat ini terdapat kuliah yang belum dilaksanakan disebabkan GCR mata kuliah belum dibuat oleh Program Studi. Mohon kuliah segera dilaksanakan serta GCR mata kuliah juga segera dibuat.
  5. Bagi Program Studi yang telah melakukan MBKM berupa magang, pertukaran pelajar, dan kegiatan lainnya dimohon dapat melakukan evaluasi pelaksanaannya. Mohon menjadi perhatian.
  6. Sudah kesekian kalinya kami meminta Program Studi untuk segera dapat memfinalisasi kurikulum dan dapat memasukkannya ke bidang Akademik, moon juga Jurusan dapat mengkoordinir proses ini.
  7. Bagi Program Studi yang telah menjajaki kerjasama dalam rangka implementasi MBKM agar dapat melaporkan ke PImpinan Fakultas untuk ditindaklanjuti secara resmi untuk pemabahasan dan kesepakatannya
  8. Bagi program studi yang menerapkan penawaran mata kuliah pada program studi lain dalam Universitas Pattimura agar segera dibuat rencana pelaksanaan dan kesepakatannya dengan Program Studi bersangkutan agar dapat terkoneksi dengan SIAKAD serta dapat dievaluasi proses pembelajarannya.
  9. Tegangan listrik di gedung Jurusan Peternakan tidak stabil sehingga mengganggu aktifitas di jurusan. Mohon bantuan dari bagian perlengkapan untuk memperhatikan hal ini.

Apel Kerja Senin, 20 September 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Kehutanan Dr. M. Tjoa, S.Hut., M.Hut. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Batas waktu pengisian data MYSAPK adalah 12 Oktober 2021. Mohon perhatian untuk semua dosen. Jika belum pahan cara pengisian, dapat berkonsultasi dengan Bagian Kepegawaian Rektorat dengan jadwal konsultasi sesuai surat yang telah disampaikan ke tiap jurusan.
  2. Semua proses perkuliahan Semester Gasal 2021/2022 dimulai pada hari ini, Senin, 20 September 2021.
  3. Ketua Program Studi agar memperhatikan implementasi penawaran mahasiswa terhadap MB-KM.
  4. Diingatkan bagi Panitia Seminar Internasional Fakultas Pertanian bahwa waktu efektif kerja panitai tinggal 2 bualn sehingga harus segera melakukan persiapan-persiapan seperlunya.
  5. Dokumen-dokumen yang diminta oleh pihak Universitas terkait Sertifikasi Dosen paling lambat hari ini sudah dikumpulkan, agar tidak menyebabkan keterlambatan pencairan Sertifikasi Dosen .
  6. Bagi Penasehat Akademik agar dapat melakukan dan menyelesaikan konsultasi dengan mahasiswa terkait penawaran mata kuliah serta segera melakukan verifikasi pada SIAKAD untuk pelaporan mata kuliah.
  7. Ketua Program Studi segera mengevaluasi penyelesaian studi mahasiswa angkatan 2014.
  8. Pemasukan makalah LKTI masih diperpanjang pendaftarannya sampai dengan tanggal 24 September 2021. Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi dapat menginformasikan kepada semua mahasiswa.

Apel Kerja Senin, 23 Agustus 2021

Dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Pertanian Ir. H.R.D. Amanupunyo, MP. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Kuliah semester Gasal 2021/2022 akan dimulai dengan kuliah umum pada tanggal 14 September 2021. Panitia Kuliah Umum harus segera berkoordinasi dengan narasumber.
  2. Panitia Jadwal Kuliah Semester Gasal 2021/2022, agar segera mengeluarkan jadwal kuliah.
  3. Panitia Seminar Interansional Fakultas Pertanian 2021 agar segera bekerja mempersiapkan berbagai hal terkait permintaan artikel dan lain-lain.
  4. Hari ini ada webinar terkait purnabakti Ir. L. Pelupessy, MS. Mohon partisipasi Bpk/Ibu dalam webinar tersebut.
  5. Yudisium Fakultas Pertanian periode Agustus 2021 akan diilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2021 secara dalam jaringan dan mohon partisipasinya.
  6. Batas akhir input nilai Semester Antara tanggal 27 Agustus, mohon dosen penanggung jawab mata kuliah dan program dapat segera menginput nilai pada SIAKAD.
  7. Para dosen dapat mengefektifkan konsultasi dengan mahasiswa terkait pemberlakuan kurikulum MB-KM sehubungan dengan pendaftaran ulang mahasiswa dan penawaran mata kuliah.
  8. Ketua-ketua Program Studi untuk segera dapat memasukkan hasil verifikasi pembersihan data mahasiswa untuk chroscek dengan data universitas.
  9. Diharapkan Tim Peneliti PNBP Fakultas Pertanian untuk segera menyelesaikan kegiatan penelitiannya, terutama bagi tim yang belum ke lokasi penelitian, karena Laporan Kemajuan kegiatan penelitian sudah harus dimasukkan pada akhir September 2021.
  10. Bagi pimpinan Jurusan dan Programm Studi yang tidak mengajukan permintaan uang perjalanan kegiatan praktek Semester Genap 2020/2021, sampai hari Rabu, 25 Agustus 2021, maka akan dialihkan ke Jurusan atau Program Studi yang lain.
  11. Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) akan dilaksanakan pada:
    1. Rabu, 8 September 2021 dengan materi Universitas
    2. Senin, 13 September 2021 dengan materi dari Fakultas (Pertanian dan Hukum)

Apel Kerja Senin, 16 Agustus 2021

Dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Kepegawaian Fakultas Pertanian Ir. Th. Silaya, MP. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Kuliah semester Gasal dimulai tanggal 13 September 2021 dan diawali dengan kuliah umum. Pengenalan mahasiswa baru pada tanggal 6-7 September 2021, mohon Jurusan dan Program Studi dapat melakukan persiapan sosialisasi kepada mahasiswa baru.
  2. Mohon Program Studi dapat menyiapkan jadwal untuk kuliah Semester Gasal 2021/2022, sehingga dapat dimasukkan pada SIAKAD dan diberlakukan.
  3. Diinformasikan bagi setiap dosen mentor/penasehat akademik dan dosen pembimbing agar mengefektifkan sistem konsultasi dengan menggunakan media sosial seperti WA atau sejenisnya agar dapat mempercepat proses akademik dan penyelesaian studi mahasiswa. Dimohon juga program studi dan jurusan dapat memfasilitasi penggunaan Zoom bila dibutuhkan oleh dosen dalam konultasi dengan mahasiswa.
  4. Menjelang implementasi kurikulum MB-KM, mohon Program Studi dapat mengefektifkan perjanjian kerjsama dengan berbagai mitra/stakeholder, baik perguruan tinggi, instansi pemerintah maupun dunia usaha dan industri yang telah dilakukan penjajakan atau perjanjian kerjsa sama.
  5. Kepada Programm Studi Kehutanan dan THP agar segera menyelesaikan proses akreditasi, sehingga tidak melewati batas waktu.
  6. Kepada Juruan dan Program Studi agar dapat mengevaluasi dan meninjau proses pembimbingan mahasiswa yang terlalu lama bahkan tercatat dan ditemukan ada pembimbingan yang waktunya lebih dari satu tahun.
  7. Terkait dengan penyelesaian KRS mahasiswa dimohonkan perhatian Jurusan, Program Studi, dan mentor, menginformasikan ke mahasiswa untuk melakukan KRS pada SIAKAD sehingga terdaftar nanti dalam pelaporan pada PD Dikti karena sangat berhubungan denganw aktu studi dan perolehan nomor ijazah nasional.
  8. Untuk menjaga kontinuitas publikasi pada jurnal-jurnal yang ada di Fakultas Pertanian, mohon agar dosesn dan mahasiswa dapat mempublikasikan artikelnya pada jurnal-jurnal tersebut. Khusus untuk Jurnal Fakultas Pertanian, saat ini sedang menerima artikel untuk terbitan ke-2 di bulan Desember 2021.
  9. Pemasukan dokumen BKD untuk pembayaran tunjangan SERDOS dan terkait dengan remunerasi 30% setiap bulan.
  10. Harap pimpinan jurusan dapat mendorong setiap dosesn untuk memproses usulan kenaikan pangkat.
  11. Para ketua Program Studi untuk berkoordinasi dengan bagian akademik fakultas terkait data semester antara, karena terdapat perbedaan jumlah SKS yang dibayarkan oleh mahasiswa di bagian akademik dengan yang disampaikan oleh Program Studi.
  12. Kegiatan PKKMB akan mulai dilaksanakan pada tanggal 6 September 2021 sampai dengan selesai, harap Pimpinan Jurusan dan Program Studi menyiapkan hal-hal yang terkait dengan PKKMB tersebut.
  13. Mohon pimpinan Jurusan dan Program Studi serta HMJ menginformasikan dan mendorong mahasiswa untuk menghikuti LKTI mahasiswa yang akan dilaksanakan pada awal September 2021. Pendaftaran LKTI telah dibuka sampai dengan akhir bulan Agustus 2021.
  14. Kami tetap mengingatkan semua PNS/ASN, tenaga honorer dan mahasiswa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan guna menanggulangi dan mencegah Covid-19, melalui penerapan 5M (memakai masker, mencuci tangan,, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas).

Apel Kerja Senin, 26 Juli 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Ir. M. Turukay, M.Sc. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Para Ketua Program Studi diharapkan bersama panitia lokakarya dapat menyelesaikan kurikullum secepat mungkin, agar dapat diupload pada SIAKAD, untuk penawaran oleh mahasiswa semester gasal 2021/2022.
  2. Penyetaraan kurikulum 2017 dengan MBKM juga harus dilakukan, karena harus ada penawaran oleh mahasiswa angkatan 2018 s.d. 2020 dalam kuliah semester gasal 2021/2022.
  3. Para Ketua Program Studi diharapkan selalu memantau jalannya perkuliahan Semester Antara pada tiap program studi agar berlangsung dengan baik.
  4. Para Ketua Program Studi, Ketua Jurusan dan WD 1, agar memperhatikan surat pemberitahuan WR 1 tentang verifikasi data mahasiswa DO dari Fakultas Pertanian, agar data yang disampaikan sesuai prosedur.
  5. Rencana Yudisium Fakultas Pertanian pada 13 Agustus 2021. Mohon persiapan Panitia.
  6. Penginputan data UAS akan berakhir, mohon tim UAS untuk dapat memasukkan laporan pelaksanaan UAS.
  7. Diharapkan program studi dapat menyiapkan dokumen kurikulum sesuai hasil lokakarya.
  8. Peneliti PNBP Fakultas Pertanian segera melakukan kegiatan penelitian , karena dana penelitian telah masuk rekening masing-masing tim peneliti.
  9. Diharapkan setiap dosen mempersiapkan Rencana BKD sebelum aktifitas semester ganjil 2021/2022 dilaksanakan dan mohon pimpinan jurusan memperhatikan hal ini.
  10. Pimpinan Jurusan agar dapat mengikuti LKTI Mahasiswa Faperta 2021. Flyer sudah dikirimkan di grup pimpinan jurusan dan program studi.

Apel Kerja Senin, 19 Juli 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Ir. G.H. Augustyn, M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Lokakarya kurikulum tingkat fakultas ditunda dan akan berlangsung pada tanggal 23 Juli 2021. Diharapkan Panitia dan para ketua Program Studi bekerjsamana maksimal agar tidak ada lagi penundaan.
  2. Berdasarkan hasil pantauan ternyata baru 70% mata kuliah yang berlangsung di semester antara. Kiranya hal ini menjadi perhatian bagi para dosen yang bertugas memberikan kuliah pada semester antara ini.
  3. Berdasarkan informasi dari Wakil Rektor 2, bahwa masih ada lima dosen Fakultas Pertanian yang belum registrasi SINTA, yaitu dari Jurusan Peternakan 2 orang, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian 2 orang, dan Jurusan Budidaya Pertanian 1 orang.
  4. Berkenan dengan lokakarya kurikulum tingkat Fakultas, mohon para Ketua Program Studi untuk memasukkan nama-nama stakeholder ke panitia lokakarya agar dapat diundang pada lokakarya dimaksud.
  5. Diharapkan seluruh Dosen dapat mengikuti lokakarya kurikulum secara daring. ID dan Passcode akan dikirim melalui program studi masing-masing.
  6. Bagi dosen yang belum memasukkan nilai UAS di SIAKAD, diharapkan segera menguploadnya dan batas akhir hari ini. Apabila ada kendala dilahkan menghubungi operator program studi.
  7. Setelah apel, panitia lokakarya kurikulum dimohon tetap berapa pada akun zoom ini untuk rapat koordinasi.

Apel Kerja Senin, 12 Juli 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Dr. Ir. P. Kunu, M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Lokakarya kurikulum tingkat fakultas secara daring akan dilakukan pd 14 juli 2021. Diharapkan panitia  dapat melakukan tugasnya dengan baik. Para ketua program studi dapat menyampaikan draf kurikulumnya, dan diharapkan juga  partisipasi semua dosen dan mahasiswa dalam lokakarya tersebut.
  2. Dihimbau agar semua PNS baik dosen maupun tenaga kependidikan,  agar masing-masing dapat mengupload pembaharuan data ASN secara online melalui link yang sudah disampaikan melalui tiap jurusan.
  3. Kuliah Semester Antara sudah berlangsung sejak 5 Juli 2021. Bagi dosen bertugas yang belum memberikan kuliah agar segera dapat melakukan tugasnya.
  4. Ada sejumlah mahasiswa Fakultas Pertanian yang terdata pada laman pusdatin.unpatti.ac.id/verdo dengan status terancam DO, oleh karena itu sesuai prosedur dan ketentuan mohon para Ketua Program Studi dapat melakukan verifikasi data mahasiswa yang terancam DO tersebut dan dapat ditindak lanjuti paling lambat 16 Juli 2021.
  5. Mohon Program Studi dapat mengusulkan dan verifikasi data Keringanan UKT mahasiswa sesuai ketentuan yang berlaku dan ditindak lanjutinya paling lambat tanggal 14 Juli 2021.
  6. Mohon para Ketua Program Studi dapat mempersiapkan dokumen kurikulumnya untuk pelaksanaan lokakarya kurikulum tingkat Fakultas.
  7. Kepada Bapak Ibu Ketua Tim Peneliti PNBP Fakultas, diharapkan hadir  hari ini, senin 12 Juli 2021 jam 11.00 untuk menandatangani SPK/Kontrak penelitian guna mempercepat proses pencairan dana penelitian PNBP dan pelaksanaan kegiatan penelitian.
  8. Sehubungan dengan adanya temuan pada saat pemeriksaan keuangan, khususnya terjadi kenaikan uang makan yg sangat signifikan dimasa Pandemi Covid-19, karena semua ASN khususnya di Fakultas Pertanian menerima uang makan secara full namun tidak ada bukti aktifitas kerja dari rumah,  untuk itu dimintakan agar setelah Apel ini, Bpk/Ibu Ketua dan Sekretaris Jurusan diminta untuk tetap ada di link ini, untuk membicarakan masalah uang makan tersebut.
  9. Mohon bantuan  Jurusan dan Program studi untuk menginformasikan kepada mahasiswa bahwa di bulan depan akan di adakan LKTI Faperta Unpatti.   Info LKTI dapat menghubungi Sub Bagian Kemahasiswaan Faperta Unpatti.

Apel Kerja Senin, 5 Juli 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Dr. Ir. J.F. Salamena, M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Diingatkan bagi Dosen Pengajar pada Semester Antara agar dapat memulai kuliah pada hari ini, 5 Juli 2021 sampai dengan 31 Agustus 2021.
  2. Lokakarya Kurikulum Fakultas Pertanian akan dilakukan pada tanggal 14 Juli 2021 secara virtual. Tiap ketua program studi agar mempersiapkan draf kurikulum.
  3. Pimpinan Jurusan/Program Studi agar dapat memperhatikan Surat Teguran Rektor terkait dengan masih ada dosen yang belum mendaftar SINTA.
  4. Diingatkan untuk setiap dosen selalu mengupdate data SINTA dan SISTER.
  5. Dihimbau agar tiap dosen non PNS pada setiap program studi, agar mempersiapkan diri mengikuti seleksi CPNS sesuai formasi yang tersedia.
  6. Karena kondisi pandemi Covid-19, maka beberapa aktivitas  akademik dilakukan secara daring, yaitu kuliah dan seminar-seminar, sedangkan ujian sarjana dapat dilakukan secara daring atau luring.
  7. Mohon bantuan Pimpinan Jurusan agar dapat menginformasikan kepada setiap HMJ yang belum melaksanakan sidang umum mahasiswa jurusan, untuk segera melaksanakannya.

Apel Kerja Senin, 28 Juni 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Dr. Ir. P.J. Kunu, MP. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Batas pemasukan nilai ujian Semester Genap 2020/2021 adalah tanggal 28 Juni 2021. Bagi yang tidak memasukkan nilai, maka program studi dapat menentukan nilai kebijakan sesuai aturan yang berlaku.
  2. Kuliah Semester Antara akan dimulai pada tanggal 5 Juli 2021 dan berakhir tanggal 31 Agustus 2021.Panitia semester antara agar segera membagi jadwal kuliah dan program studi dapat menghimbau mahasiswanya untuk dapat melakukan perbaikan nilai melalui semester antara.
  3. Bagi jurusan dan PS yang masih terdapat mahasiswa angkatan 2014, agar segera diupayakan untuk menyelesaikan studinya, karena batas studinya adalah tanggal 31 Agustus 2021.
  4. Rencana Lokakarya Kurikulum tingkat Fakultas pada tanggal 14 Juli 2021. Panitia dapat mempersiapkan hal-hal yang terkait dengan kelancaran kegiatan tersebut.
  5. Dihimbau untuk semua dosen dan pegawai tetap menggunakan masker, jaga jarak, dan membersihkan tangan dalam menjalankan tugas dan tanggungn jawab di kampus.
  6. Dihimbau agar semua dosen non-PNS dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi penerimaan tenaga dosen.
  7. Pimpinan Jurusan diingatkan untuk memasukkan Perjanjian Kinerja antara Dekan dan Ketua Jurusan, 
  8. Ketua Tim Peneliti PNBP Fakultas Pertanian agar segera memasukkan fotocopy KTP dan NPWP serta nama Ibu Kandung untuk proses pembukaan rekening bank penelitian.
  9. Diingatkan kepada seluruh Dosen dan Tenaga Kependidikan yang melakukan WFH, diwajibkan selalu mengaktifkan HP selama jam kerja 09.00-16.00 wit.
  10. Memperhatikan Instruksi Gubernur Maluku Nomor 3 tahun 2021, terkait penanganan COVID-19.
  11. Kita tetap jaga kesehatan dengan menerapkan 5 M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Apel Kerja Senin, 7 Juni 2021

Dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Kepegawaian Fakultas Pertanian Ir. Th. M. Silaya, MP. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Pelaksanaan Ujian Akhir Semester Genap 2020/2021 pada tanggal 10-18 Juni 2021 dan dilaksanakan secara daring. Demi kelancaran UAS diharapkan dosen mata kuliah memperhatikan ketentuan yang telah diatur oleh tim Koordinasi UAS.
  2. Setiap ASN (Dosen dan Tendik) untuk segera memasukkan bukti-bukti kinerja terkait remunerasi. Bukti-bukti tersebut harus sesuai dengan ketentuan Tim Remunerasi Unpatti.
  3. Para peneliti PNBP Fakultas Pertanian diharapkan segera memasukkan proposal penelitian sesuai dengan koreksi LPPM, paling lambat hari Selasa, 8 Juni 2021.
  4. PAGU Anggaran Fakultas Pertanian untuk tahun 2022 ditetapkan sebesar Rp. 2,3 M.
  5. Semua dosen dan pegawai dengan jabatan tugas tambahan tetap melaksanakan tugas di kantor dengan waktu kerja jam 09.00-16.00 wit. Dosen dan pegawai yang lain harap dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kerja.
  6. Pimpinan Universitas dan Fakultas selalu menghimbau seluruh dosen, pegawai, dan mahasiswa, agar menjalankan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, menjaga jarak dengan orang lain, mencuci tangan dan tetap menjaga kebersihan, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Apel Kerja Senin, 31 Mei 2021

Dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Pertanian Dr. Ir. H. Kesaulya, M.Si.. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Kuliah Semester Genap TA 2020/2021 akan berakhir pada tanggal 3 Juni 2021. Ujian Akhir Semester Genap akan berlangsung tanggal 10-17 Juni 2021.  Semua dosen diharapkan dapat menyelesaikan kegiatan perkuliahan. Tim koordinasi UAS segera mendistribusikan jadwal ujian yang dilakukan secara daring.
  2. Dana praktikum telah didistribusikan ke seluruh program studi. Apabila terdapat praktikum yang dilakukan secara luring maka diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan.
  3. Apresiasi disampaikan kepada PS. Penyuluhan Pertanian, PS. Ilmu Tanah dan PS. Pemuliaan Tanaman yang telah terakreditasi BAIK. Terima kasih untuk semua komponen yang terlibat dalam akreditasi.
  4. Program studi yang akan direakreditasi diharapkan dapat mempersiapkan semua proses dan kerja dengan baik.
  5. Tim GJM dan TKS dapat mengoptimalkan tugas dan fungsinya. Tim TKS dapat memasukkan laporannya.
  6. Pengelola Jurnal di tingkat fakultas dapat memperhatikan kontinuitas penerbitan dengan baik. Terdapat beberapa jurnal yang mulai tidak lancar penerbitannya.
  7. Para peneliti PNBP Fakultas Pertanian tahun 2021, harap segera memperbaiki proposal penelitian sesuai koreksi dari LP2M untuk memperlancar proses pencairan dana penelitian.
  8. Diharapkan Bpk/Ibu segera memasukan bukti-bukti kinerja terkait remunerasi.
  9. Bpk/Ibu selalu memperhatikan penggunaan listrik di ruangan masing-masing.
  10. Ketua-ketua Jurusan dapat mengingatkan Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan terkait pelaksanaan Sidang Umum HMJ.
  11. Panitia Seminar Internasional dapat melaporkan perkembangan penerbitann prosiding pada IOP. 

Apel Kerja Senin, 17 Mei 2021

Dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. J. Matinahoru. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Para dosen agar segera memasukkan data pendukung terkait remunerasi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
  2. Ujian Akhir Semester Genap 2020/2021, direncanakan berlangsung tanggal 10 Juni 2021. Pantia yang bertugas pada UAS agar segera menyusun jadwal dan membaginya.
  3. Kuliah Semester Antara 2020/2021, direncanakan berlangsung pada tanggal 6 Juli 2021. Diharapkan tiap jurusan dan program studi meneruskan informasi tersebut kepada mahasiswanya.
  4. Lokakarya Kurikulum Fakultas Pertanian akan dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2021. Diharapkan tiap program studi sudah menyiapkan kurikulumnya dan paling lambat sudah dibahas paling lambat minggu ketiga Juni 2021 di masing-masing program studi.
  5. Ketua Program Studi diharapkan mengunggah leaflet promosi program studi melalui web site faperta.unpatti.ac.id atau unpatti.ac.id, terkait dengan akan dilakukannya seleksi mahasiswa baru jalur mandiri pada bulan Juni 2021.
  6. Diharapkan semua dosen dan tenaga kependidikan tetap memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, dan jauhi kerumunan.
  7. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian dan Teknologi Hasil Pertanian untuk dapat mempersiapkan pemilihan Ketua dan Sekretaris Jurusan yang akan berakhir pada bulan Agustus 2021.

Apel Kerja Senin, 19 April 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Peternakan,  Fakultas Pertanian Dr. Ir. J.F. Salamena, M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Setiap Program studi untuk segera dapat menyelesaikan penyusunann Kurikulum MBKM yang selanjutnya dibahasa pada tingkat Jurusan dan akan ditindaklanjuti pada tingkat Fakultas pada bulan Mei nanti.
  2. Program Studi Kehutanan dan THP untuk dapat menyiapkan akreditasinya sebaik mungkin. Mohon dapat men-sharing dengan Program Studi yang telah selesai asessmen lapangan terkait instrumen-instrumen apa saja yang harus disiapkan sebagai kelengkapan dan bukti-bukti akreditasi nanti. Mohon berkoordinasi juga dengan Tim Penjaminan Mutu Fakultas.
  3. TKS dana memonitor dan mengevaluasi proses pembelajaran pada program studi serta dapat menyiapkan laporannya.
  4. Program Studi Agroteknologi untuk segera menyampaikan koreksi Tim Pengajar dan Mata Kuliah guna penerbitanan SK mengajar, karena semua program studi sudah menyelesaikannya.
  5. Program Studi Agribisnis dan Tim Task Force-nya untuk dapat mempersiapkan hal-hal terkait verifikasi kelayakan program PKKM di tanggal 20 April 2021.
  6. Program Studi Pemuliaan Tanaman akan melakukan asessmen lapang dalam rangka akreditasi pada tanggal 21 dan 22 April 2021.
  7. Mengingatkan kemabli para dosen dan pegawai agar tetap memperhatikan penggunaan listrik di Fakultas karena sering terjadi gangguan.
  8. Tenaga Honorer agar tetap ada di kantor atau fakultas selama jam kerja.

Apel Kerja Senin, 15 Maret 2021

Dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Pertanian Dr. Ir. Henry Kesaulya, M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Tenaga kependidikan agar tertib terhadap jam masuk kantor.
  2. Jurusan yang belum memasukkan proposal dana PNBP Fakultas Pertanian untuk segera memasukannya.
  3. Ketua program studi dan tim TKS untuk memonitor perkuliahan agar memastikan semua perkuliahan sudah terlaksana dengan baik.  Bila masih ada dosen yang belum memberikan kuliah mohon dilakukan langkah-langkah koreksi terhadap dosen bersangkutan.
  4. Sesuai Kalender Akademik, jadwal UTS mulai 30 maret s.d. 3 April 2021.
  5. Bagi program sutdi yang mengikutsertakan mata kuliahnya dalam program Permata Merdeka khususnya inboound diharapkan untuk memastikan terselenggaranya perkuliahan sesuai jawal, tersedianya modul pembelajaran, karena kuliah melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Selain itu, program ini akan dievaluasi secara nasional, sehingga saat evaluasi fakultas tidak mempunyai catatan buruk.
  6. Bagi tim penyusun proposal S3, untuk segera menyelesaikan proposal dimaksud, sesuai rencana pada bulan Maret sudah harus diusulkan.
  7. Kepada semua PNS/ASN untuk melaporkan SPT tahunan, LHKPN untuk pimpinan fakultas, jurusan, program studi, serta LHKASN untuk semua ASN lainnya sebelum tanggal 31 Maret 2021.
  8. Ketua Jurusan segera memasukan nama-nama mahasiswa yang telah terseleksi di tingkat jurusan untuk mengikuti seleksi mahasiswa berprestasi di fakultas dengan persyaratan yang telah dikirim ke setiap jurusan.

Apel Kerja Senin, 8 Maret 2021

Dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. J.M. Matinahoru. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Tiap program studi diharapkan untuk mengembangkan mekanisme untuk melakukan monitoring terhadap pembelajaran daring yang sementara berlangsung.
  2. Tiap program studi harus mempunyai sistem pengarsipan yang baik terkait dokumen-dokumen seperti RPS, BKD, KP4, SKP, dan lainnya.
  3. Tiap program studi segera melakukan penyesuaian kurikulum dengan Kampus Merdeka-Merdeka Belajar (KM-MB) sebelum lokakarya tingkat fakultas pada bulan April 2021.
  4. Tiap program studi dan jurusan dapat mengidentifikasi institusi terkait untuk kerjasama KM-MB, agar dapat ditindaklanjuti dengan MOU di tingkat fakultas atau universitas.
  5. Masalah gangguan jaringan pada gedung A, B, dan C Fakultas Pertanian, agar segera dapat dibenahi, sehubungan dengan visitasi lapangan secara online terhadap Program Studi Penyuluhan Pertanian.
  6. Tim Akreditas Program Studi Penyuluhan Pertanian dan WD Bidang Akademik agar dapat mempersiapkan diri untuk visitasi lapangan yang segera akan dilakukan.
  7. WD Bidang Akademik dapat mengevaluasi kerja Tim Pembuatan Video Fakultas Pertanian.
  8. Tim peneliti dana PNBP Fakultas Pertanian untuk dapat memasukkan proposal untuk proses selanjutnya.
  9. Bagi Bapak/Ibu yang telah mendaftarkan diri untuk vaksinasi COVID-19, agar memperhatikan jadwal pelaksanaan yang telah diteruskan di tiap jurusan.
  10. Bagi Bapak/Ibu Tenaga Kependidikan untuk memperhatikan jam masuk dan pulang kantor.
  11. Ketua Jurusan BDP untuk menindaklanjuti permintaan data oleh pihak OMBUDSMAN terkait tugas penyusunan peraturan daerah perlidungan terhadap sumber-sumber air minum di Kota Ambon.

Apel Kerja Senin, 1 Maret 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Sosial Ekonom Pertanian Ir. M. Turukay, M.Sc. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Diingatkan bagi semua staf dosen untuk memperhatikan jam perkuliahan, karena sampai saat ini belum 100 % kuliah berjalan.
  2. Rapat Pimpinan di rencanakan akan berlangsung tanggal 4 Maret , Di harapkan WD 1 dan para Kaprodi dapat menyampaikan Evaluasi pembelajaran Daring pada semester yang baru berakhir.
  3. Tiap Program Studi supaya mulai  merancang kurikulum MBKM  sebelum  Lokakarya  tingkat Fakultas.
  4. Diingatkan bagi para dosen untuk memasukan Artikel ke jurnal Internasional  Faperta Unpatti paling Lambat Akhir Maret.
  5. Dengan terbitnya SK Dekan Fakultas Pertanian Tentang Tim Pengambangan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, maka Jurusan dan Prodi sudah dapat berproses dan mengkoordinasikan pelaksanaan penyusunan kurikulum.  Penyusunan mengikuti panduan yang telah diditribusikan pada Jurusan dan Prodi dan hasil sosialisasi.
  6. Sampai Hari Sabtu, tanggal 27 Pebruari 2021 jam 19.00 WIT para Kaprodi telah melakukan verifikasi seluruh status data mahasiswa untuk disinkronkan pada data SIAKAD  Unpatti dengan PD-Dikti. Diharapkan para operator SIAKAD dapat memantau perkembangan prosesnya dalam system yang ada dan melaporkannya kepada Para Kaprodi secara berkala, untuk mengeketahui kesamaan data di SIAKAD dan PD-DIKTI.
  7. Mengikuti perkembangan aktivitas mahasiswa yang terlibat dalam kebijakan pemerintah program MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA seperti PERMATA MERDEKA dan KAMPUS MENGAJAR, mohon para kaprodi membantu mahasiswa dalam perencanaan keterlibatan mahasiswa -mahasiswa tersebut sehingga semuanya tersinkronisasi dengan kurikulum serta memudahkan dalam implementasinya serta pendataannya di SIAKAD. Program ini juga sebagai usaha menjawab capaian implementasi Indikator Kinerja Utama sesuai Kepmen Dikbud No.754/P/2020.
  8. Diharapkan untuk semua PNS/ASN untuk dapat melaporkan SPT Pajak, LHKPN dan LHKASN sebelum tanggal 31 Maret 2021.
  9. Diingatkan Kembali untuk semua pimpinan , dosen dan tenaga kependidikan agar dapat mematikan lampu dan AC sebelum pulang kantor.
  10. Mohon kajur dan Kaprodi Infokan kepada Mahasiswa bahwa ada perpanjangan Pemasukan Proposal PKM sampai tanggal 23 Maret 2021.  Bagi mahasiswa yang  mau ikut serta dapat memasukan Proposal.

Apel Kerja Senin, 16 Februari 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Dr. M. Tjoa, S.Hut., M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Perkuliahan agar dapat segera dimulai di minggu ini. Mohon para Ketua Program Studi memperhatikan dan menghimbau mahasiswa agar mendaftar mata kuliah melalu GCR dan SIAKAD.
  2. Para Ketua Program Studi dan Wakil Dekan bidang Akademik untuk memperhatikan proses perkuliahan mata kuliah dasar mulai dari gabung kelas oleh mahasiswa maupun dosen melalui GCR.
  3. Semua perkuliahan dilakukan secara virtual, tidak diizinkan memberi kuliah secara luring, kecuali pelaksanaan ujian sarjana, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
  4. Tiap jurusan dapat menindaklanjuti kegiatan penelitian PNBP Fakultas Pertanian tahun 2021, dengan memasukkan tim peneliti ke Fakultas untuk pembuatan SK. Proposal sudah harus dimasukkan sebelum Maret 2021.
  5. Dosen dihimbau untuk memasukkan aartikel ke pengelola Jurnal Tropical Small Island Agriculture Management, paling lambat awal April 2021.
  6. Tim proposal usulan program studi S3 Ilmu Pertanian, agar tetap pada komitmen bahwa pada Maret 2021 dokumen proposal sudah dapat diupload ke DIKTI.
  7. Proses permentoran segera dilakukan dengan memvalidasi DNS dan KHS melalui SIAKAD.
  8. Tiap Ketua Program Studi diharapkan memasukkan nama tim dari masing-masing program studi untuk diusulkan sebagai Tim Penyusun Revisi/Penyesuaian Kurikulum MB-KM.
  9. Program Studi yang melakukan reakreditasi untuk dapat berproses sehingga pada waktunya tidak terjadi keterlambatan pengusulannya.
  10. Para operator SIAKAD dapt menyampaikan data UKT Mahasiswa tahun 2020 ke Sub Bagian Akademik Fakultas hari ini, untuk dipresentasikan di Rektorat.
  11. E-lapkin segera dimasukkan.
  12. Kurang lebih terdapat 20 dosen yang belum memasukkan BKD sehingga berdampak pada pembayaran SERDOS.
  13. Pimpinan Jurusan dan Program Studi diharapkan menginformasikan kepada semua mahasiswa penerima bantuan beasiswa BIDIKMISI dan KIP KULIAH, agar segera memasukkan copian KHS Semester Gasal 2020/2021 di Sub Bagian Kemahasiswaa paling lambat Jumat 19 Februari 2021 untuk keperluan evaluasi.

Apel Kerja Senin, 08 Februari 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Dr. Ir. J. Salamena, M.Si.  Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Ketua Program Studi dapat memberikan nilai kebijakan, untuk matakuliah yang sampai saat ini nilainya belum dimasukkan.
  2. Kuliah semester Genap 2020/2021 sudah dapat dimulai. Jadwal kuliah dapat disebarluaskan melalui grup tiap prodi atau melalui web site faperta.unpatti.ac.id
  3. Diingatkan kembali untuk para dosen, segera memasukkan data terkait SKP 2020, Rencana BKD Genap 2020/2021, KP4, bukti setoran pajak 2020.
  4. Mohon partisipasi dosen Fakultas Pertanian untuk memasukkan artikel pada Tropical Small Island Agriculture Management, yang akan terbit perdana pada tahun 2021.
  5. Ketua Program Studi tetap bertugas sampai dengan waktu pelantikan Ketua Program Studi yang baru.
  6. Sesuai anjuran Rektor Universitas Pattimura, perkuliahan luring atau offline tidak boleh dilakukan. Ujian Sarjana tetap dilakukan secara offline dengan memperhatikan protokol kesehatan.
  7. Lembaga Sertifikasi Pertanian Organik akan melakukan sosialisasi terkait Standarisasi Kompetensi pada hari Rabu, 10 Februari 2021. ID Meeting dan Passcode akan disampaikan kemudian.
  8. Sosialisasi Kurikulum Program Studi di Era Revolusi 4.0 dan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka akan dilaksanakan pada Kamis, 11 Februari 2021. ID Meeting dan Passcode akan disampaikan kemudian.
  9. Laporan dan Rencana BKD harus dimasukkan setiap semester karena berkaitan dengan tunjangan sertifikasi dosen, pemeriksaan inspektorat, dll.
  10. Pertemuan sekaligus persentasi data terkait SIAKAD untuk verifikasi data UKT akan dilaksanakan pada hari Senin, 8 Februari 2021. Mohon kehadiran semua operator SIAKAD, Wakil Dekan Bidang Akademik, Pejabat Fungsional Ahli Madya, dan Pejabat Fungsional.
  11. Setiap Jurusan, Program Studi, dan dosen secara perorangan yang mempunyai kerjasama terkait pendidikan, penelitian, dan PkM melalui Universitas/Fakultas untuk dapat memasukkan fotocopy bukti kerjasama tersebut. 
  12. Perhatian dari semua dosen untuk memberitahukan kepada semua mahasiswa terkait pembayaran UKT semester Genap 2020/2021. Batas akhir pembayaran adalah tanggal 15 Februari 2021.

Apel Kerja Senin, 1 Februari 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Dr. Ir. P. Kunu, MP.  Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Setiap Dosen harap memperhatikan dan memasukan setiap dokumen yang harus dilaporkan meliputi SPT Pajak, SKP, KP4, Rencana BKD semester Genap 2020/2021.
  2. Panitia Kuliah Umum Semester Genap 2020/2021 diharapkan segera berkoordinasi untuk pelaksanaan kuliah umum pada tanggal 5 Februari 2021. Mohon bantuan Ketua Program Studi untuk menginformasikan kepada mahasiswa dan dosen.
  3. Panitia Jadwal Semester Genap 2020/2021 diharapkan segera menyelesaikan pembuatan jadwal semester.
  4. Setiap dosen diharapkan mengusulkan pembuatan surat tugas, sebelum kegiatan dilaksanakan.
  5. Tim Pengusulan Program S3 untuk dapat bekerja secara intensif untuk menyelesaikan proposal S3 Ilmu Pertanian.
  6. Tim Audit Mutu Internal (AMI) untuk dapat menyelsaikan tugas audit dan memasulan laporannya.
  7. Panitia Seminar Internasional Fakultas Pertanian untuk dapat mulai berproses menyiapkan kegiatan seminar tersebut. Kegiatan seminar direncanakan pada bulan Mei 2021.
  8. Dosen dengan tugas tambahan wajib hadir di kampus mulai jam 09.00-16.00 wit.
  9. Dosen yang bekerja dari rumah selalu mengaktifkan telepon untuk tetap dapat dihubungi.

Apel Kerja Senin, 25 Januari 2021

Dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Pertanian Ir. Handry R.D. Amanupunyo, MP.  Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Setiap Dosen dimintakan untuk memasukkan penilaian untuk setiap mata kuliah, paling terlambat Senin 25 Januari 2021. 
  2. Setiap Dosen harap memperhatikan dan memasukan setiap dokumen yang harus dilaporkan meliputi SPT Pajak, SKP, KP4, Rencana BKD semester Genap 2020/2021.
  3. Setiap Dosen diharapkan untuk selalu mengupdate data pada SISTER UNPATTI (sister.unpatti.ac.id).
  4. Panitia Kuliah Umum Semester Genap 2020/2021 diharapkan segera berkoordinasi untuk pelaksanaan kuliah umum pada minggu pertama Februari 2021.
  5. Panitia Jadwal Semester Genap 2020/2021 diharapkan segera menyelesaikan pembuatan jadwal semester.
  6. Remedial untuk perbaikan nilai bagi mahasiswa yang tidak lulus dapat dilakukan oleh setiap dosen, Perlu mendapat perhatian dari Ketua Jurusan dan WD Bidang Akademik, Proses penginputan nilai perbaikan ke SIAKAD akan diatur kemudian.
  7. Setiap Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, dan Dosen diharapkan dapat membantu mahasiswanya terkait pembayaran SPP. Pembayaran sudah dimulai tanggal 13 Januari 2021.
  8. Apabila dosen membutuhkan informasi terkait dengan penilaian hasil belajar dapat menghubungi Ketua Program Studi, tidak boleh melalui operator SIAKAD. Operator hanya bertugas untuk menginput data.
  9. Diharapkan tim pembuat video dapat mempersiapkan assessment secara on line, sehubungan dengan akreditasi Program Studi Penyuluhan, Pemuliaan Tanaman, dan Ilmu Tanah.
  10. Program Studi Kehutanan dan THP diharapkan dapat mempersiapkan LKPS dan ED untuk reakreditasi tahun 2021.
  11. Bagi ASN yang ditugaskan bekerja di kantor untuk dapat mengikuti jam kerja yaitu jam 09.00-16.00 wit.
  12. Kegiatan Wirausaha Mahasiswa UNPATTI 2020 saat ini sedang berlangsung dengan kegiatan Hidroponik Rakit Apung.