Kegiatan Evaluasi Akuntabilitas dan Tata Kelola Fakultas Pertanian Universitas Pattimura.

Pada tanggal 30 September 2024,  telah diadakan kegiatan evaluasi akuntabilitas, tata kelola dan kinerja yang berlangsung di ruang rapat fakultas Pertanian. Acara ini diinisiasi oleh Satuan Pengawas Internal (SPI) Universitas Pattimura dengan tujuan menilai efektivitas kinerja di fakultas, baik dari segi keuangan maupun non-keuangan. Ketua SPI Universitas Pattimura, Dr. Kevin H. Tupamahu, SE., M.Sc., dalam wawancaranya menjelaskan bahwa evaluasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap unit kerja di lingkungan universitas, termasuk Fakultas Pertanian, menjalankan kinerja sesuai dengan standar dan aturan yang berlaku.

“Prinsipnya, kami dari tim SPI melakukan evaluasi tata kelola dan akuntabilitas kinerja setiap unit kerja di Universitas Pattimura, termasuk Fakultas Pertanian. Kami ingin melihat apakah kinerja dari segi keuangan dan non-keuangan sudah sesuai standar aturan yang berlaku atau belum,” ujar Dr. Kevin. Lebih lanjut, ia menekankan bahwa evaluasi ini bukan sekadar proses review. Hasil dari evaluasi akan digunakan sebagai dasar untuk memberikan rekomendasi perbaikan guna meningkatkan kinerja fakultas. Tujuan akhirnya adalah agar fakultas dapat berperan sebagai sistem pendukung dalam mendukung kinerja universitas secara keseluruhan.“Proses ini tidak hanya sampai pada review saja, tetapi hasil evaluasi akan dijadikan dasar untuk memberikan rekomendasi perbaikan. Kami harap ini akan membantu fakultas memperbaiki kinerja yang nantinya akan mendukung kinerja universitas secara keseluruhan,” tambahnya.
Dr. Kevin juga menjelaskan bahwa SPI tidak hanya berperan sebagai pengawas atau pemeriksa, melainkan juga sebagai penasihat (advisory) dan konsultan (consulting) bagi fakultas. Ia berharap Fakultas Pertanian dapat menjadikan SPI sebagai mitra untuk berdiskusi mengenai aktivitas non-akademik, sehingga segala aspek manajemen fakultas dapat berjalan selaras dengan visi dan misi universitas.“Tim SPI hadir tidak hanya sebagai pemeriksa dan pengawas, tetapi juga memberikan fungsi advisory dan consulting. Kami berharap pihak fakultas dapat berdiskusi dengan SPI terkait aktivitas non-akademik. Hal ini penting agar semua proses berjalan selaras antara fakultas dan universitas, terutama dalam memenuhi indikator kinerja utama dan standar minimal universitas,” jelas Dr. Kevin.
Kegiatan evaluasi ini merupakan bagian dari komitmen Universitas Pattimura dalam meningkatkan tata kelola dan akuntabilitas di setiap unit kerja, sebagai langkah strategis untuk mencapai kinerja yang lebih baik dan berkelanjutan.