Kampanye Pencegahan Kebakaran Hutan Dan Lahan “Si Pongi Goes to Campus”

Ambon, 14 Agustus 2024 – di Gedung Jurusan Kehutanan, telah dilaksanakan kegiatan Kampanye Pencegahan Kebakaran Hutan Dan Lahan “Si Pongi Goes To Campus dengan”, yang merupakan kegiatan Kerjasama  Balai Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Wilayah Maluku Papua Seksi Wilayah I, dengan Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pemahaman dan penyamaan pesrepsi tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan, serta dampaknya terhadap perubahan iklim,  serta meningkatkan kesadaran, partisipasi, dan sinergitas masyarakat dan  stakeholder terkait dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah kebakaran hutan dan lahan.

Kampanye ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Maluku, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Maluku, Kepala Balai Pamantapan Kawasan Hutan dan Tata Lingkungan Wilayah 9 Ambon, Kepala Balai, Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Maluku dan PapuaKepala Balai, Pengelolaan Hutan Lestari Wilayah 14 Ambon, Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, Waehapu Batu Merah, Kepala Seksi Wilayah II Ambon, Balai PPHLHK Wilayah Maluku dan Papua, Kepala UPTD KPH Ambon, Sekertaris Jurusan Kehutanan Universitas Pattimura,  Ketua Program Studi dan staf dosen pada Jurusan Kehutanan UniversitasPattimura, Masyarakat Peduli Api Negeri Leahari, Masyarakat Peduli Api Negeri Rutong, Masyarakat Peduli Api Agapeli, Masyarakat Peduli Api Pancaran Kasih, Serta Mahasiswa Jurusan Kehutanan UNPATTI.

Pada kegiatan Si Pongi Goes to Campus dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh semua peserta, Laporan Panitia Penyelenggara Balai PPI wilayah Maluku Papua, Yaitu  Kepala Seksi Wilayah I Bapak Franky D. J. Tutuarima, S.Hut., M.Si, Sambutan dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Bapak Dr. Ir. L. O. Kakisisna, M.Si dan Doa yang dipimpin oleh Ketua Program Studi Kehutanan Dr. H. Lelloltery, S.Hut, MP, serta Kegiatan Penananaman Pohon dan dilanjutkan dengan Kegiatan Talkshow  dengan Tema Tema “Bersama Kita Cegah Karhutla” yang disampaiakan oleh 5 Narasumber anatara Lain , Kepala Balai PPI Wilayah Maluku dan Papua Bpak. Prianto, S.Hut, M.Si, Dosen Jurusan Kehutanan Bapak. Manuel Kaya, M.Sc.F, Kepala BPKHTL IX Ambon, Bapak. Zuhdan A. Fithriyanto, S.Hut., M.T, M.Sc, Kepala Bidang Perlindungan Hutan, Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat Adat Dinas Kehutanan Provinsi Maluku, Bapak. Nanang. S. Derlau, S.Hut, dan Perwakilan Masyarakat Peduli Api, Bapak. Samuel. G. Makatita, kegiatan diakhiri dengan kegiatan Penandatanganan Implementation Arrangement (IA) antara Prodi Kehutanan, Prodi Pengelolaan Hutan, Prodi Ilmu Lingkungan dengan Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah IX Ambon, Kelompok Masyarakat Peduli Api pancaran Kasih Benteng, Negeri Rutong, Negeri Leahari da Agapeli Benteng serta Quis dan Pembagian Dorprize.

Dalam Laporan dan sambutan Panitia Penyelenggara Balai PPI wilayah Maluku Papua, yang diwakili oleh Kepala Seksi Wilayah I, Bapak Franky D. J. Tutuarima, S.Hut., M.Si, menyampaikan dalam pelaksanaan Kampanye Karhutla, Balai PPI Wilayah Maluku Papua telah rutin melaksanakan kampanye setiap tahunnya di berbagai kalangan, termasuk masyarakat umum, sekolah, dan organisasi lingkungan. Namun, selain lokasi-lokasi yang telah menjadi sasaran rutin, kampanye di lingkungan kampus dianggap memiliki potensi besar untuk menumbuhkan kesadaran yang lebih luas dan mendalam mengingat perguruan tinggi sebagai pusat lembaga edukasi dan bebas dari intervensi politik, sosial dan budaya. Selain itu, mahasiswa memiliki potensi besar sebagai agent of change dalam membentuk karakter peduli lingkungan dan tanggung jawab sosial di masyarakat.