Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM): Dosen Budidaya Pertanian dan Sosial Ekonomi Pertanian Beraksi di Bank Sampah.

Hari Jumat, 7 Juni 2024, Dosen dari Jurusan Budidaya Pertanian dan Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema pemberdayaan nasabah Bank sampah BTN Passo indah melalui pembuatan pupuk organik dan aplikasi pada tanaman hias. Acara berlangsung mulai pukul 14.00 WIT di Lokasi Bank Sampah, BTN Passo Indah. Kegiatan tersebut melibatkan nasabah Bank Sampah, pengelola, serta mahasiswa magang.

Fokus utama mereka adalah memanfaatkan limbah rumah tangga, khususnya sampah organik, untuk membuat pupuk kompos padat dan pupuk kompos cair. Ir. Reny Tomasoa, M.Si dan tim memberikan penyuluhan tentang pembuatan pupuk kompos padat, sementara Desy Marasabessy, S.P., M.Si dan timnya bertanggung jawab atas pembuatan pupuk kompos cair.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Marfin Lawalata, S.P., M.Sc, sekretaris Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, sebagai bagian dari pemberdayaan nasabah Bank Sampah BTN Passo Indah. Tim dosen yang terlibat membawa keahlian masing-masing bidang untuk memberikan kontribusi yang maksimal.

 

Harapannya, kegiatan ini tidak hanya berhenti sebagai pelatihan di Bank Sampah, melainkan juga dapat membantu masyarakat yang membutuhkan pelatihan. Mereka siap untuk membantu dan menjalankan salah satu tugas Tridharma dosen, yaitu pengabdian kepada masyarakat (PKM).

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara pengelola dan nasabah Bank Sampah BTN Passo Indah, Yayasan Kamboti Maluku, dan Green Moluccas, yang menunjukkan komitmen mereka dalam menjaga lingkungan dan memberdayakan masyarakat.