Kuliah Tamu di Jurusan Kehutanan Fokus pada Pembangunan Berkelanjutan dengan Mempelajari Sumber Daya Hutan dalam Geopolitik Internasional

Ambon, Rabu 29 Mei 2024 – Dalam upaya memperluas wawasan mahasiswa terkait kebijakan hutan di tingkat global, Jurusan Kehutanan menggelar Kuliah Tamu dengan tema “Forest Resources at The Global Politics.” Acara tersebut diselenggarakan di Gedung Jurusan Kehutanan dan dipimpin oleh Prof. Ahmad Maryudi, PhD, seorang pakar dalam bidang Kebijakan dan Tata Kelola Hutan dari Universitas Gajah Mada.

Kuliah tamu ini merupakan bagian dari kurikulum mahasiswa semester dua Program Studi Kehutanan,Program Studi Pengelolaan Hutan dan Ilmu Lingkungan, khususnya mata kuliah Manajemen Hutan. Selain dihadiri oleh mahasiswa, acara tersebut juga dihadiri oleh Dr. Dwi Larasati dari Universitas Gajah Mada dan Dr. Ani Adiwinata Nawir dari (CIFOR) serta Pimpinan Jurusan dan dosen-dosen Jurusan Kehutanan.

Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Kehutanan, Dr. Marthina Tjoa, S.Hut., MP, menekankan pentingnya bagi mahasiswa untuk memahami peran kebijakan hutan baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional dalam mengatasi berbagai tantangan terkait hutan dan lingkungan hidup. Diskusi yang aktif diharapkan dapat memberikan respon yang konstruktif dari mahasiswa.

Selain pemaparan materi, acara ini juga menjadi momentum penting dalam penandatanganan berita acara kuliah tamu serta penandatanganan Implementation Arrangement (IA) antara Jurusan Kehutanan dan Universitas Gajah Mada. Tujuan dari penandatanganan ini adalah untuk memperkuat kerjasama yang berkelanjutan antar institusi dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi mahasiswa dalam bidang kehutanan.