Apel Kerja

Apel Kerja Senin, 20 September 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Peternakan P. Ririmase, S.Pt., MP. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Waktu kuliah efektif semester Gasal 2021/2022 adalah 2,5 bulan. Dimohon agar mata kuliah yang belum mulai proses perkuliahan, agar dapat segera dimulai.
  2. Waktu pemuktahiran data ASN tinggal 2 minggu, mohon menjadi perhatian terutama untuk staf dosen yang selalu bermasalah.
  3. Jurusan yang sudah resmi melakukan implementasi kurikulum MBKM di Fakultas Pertanian pada semester Gasal 2021/2022 adalah Jurusan Sosial Ekonomi Pertnaian, Mohon menjadi perhatian jurusan dan program studi lainnya.
  4. Pemantauan bidang akademik sampai saat ini terdapat kuliah yang belum dilaksanakan disebabkan GCR mata kuliah belum dibuat oleh Program Studi. Mohon kuliah segera dilaksanakan serta GCR mata kuliah juga segera dibuat.
  5. Bagi Program Studi yang telah melakukan MBKM berupa magang, pertukaran pelajar, dan kegiatan lainnya dimohon dapat melakukan evaluasi pelaksanaannya. Mohon menjadi perhatian.
  6. Sudah kesekian kalinya kami meminta Program Studi untuk segera dapat memfinalisasi kurikulum dan dapat memasukkannya ke bidang Akademik, moon juga Jurusan dapat mengkoordinir proses ini.
  7. Bagi Program Studi yang telah menjajaki kerjasama dalam rangka implementasi MBKM agar dapat melaporkan ke PImpinan Fakultas untuk ditindaklanjuti secara resmi untuk pemabahasan dan kesepakatannya
  8. Bagi program studi yang menerapkan penawaran mata kuliah pada program studi lain dalam Universitas Pattimura agar segera dibuat rencana pelaksanaan dan kesepakatannya dengan Program Studi bersangkutan agar dapat terkoneksi dengan SIAKAD serta dapat dievaluasi proses pembelajarannya.
  9. Tegangan listrik di gedung Jurusan Peternakan tidak stabil sehingga mengganggu aktifitas di jurusan. Mohon bantuan dari bagian perlengkapan untuk memperhatikan hal ini.

Apel Kerja Senin, 20 September 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Kehutanan Dr. M. Tjoa, S.Hut., M.Hut. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Batas waktu pengisian data MYSAPK adalah 12 Oktober 2021. Mohon perhatian untuk semua dosen. Jika belum pahan cara pengisian, dapat berkonsultasi dengan Bagian Kepegawaian Rektorat dengan jadwal konsultasi sesuai surat yang telah disampaikan ke tiap jurusan.
  2. Semua proses perkuliahan Semester Gasal 2021/2022 dimulai pada hari ini, Senin, 20 September 2021.
  3. Ketua Program Studi agar memperhatikan implementasi penawaran mahasiswa terhadap MB-KM.
  4. Diingatkan bagi Panitia Seminar Internasional Fakultas Pertanian bahwa waktu efektif kerja panitai tinggal 2 bualn sehingga harus segera melakukan persiapan-persiapan seperlunya.
  5. Dokumen-dokumen yang diminta oleh pihak Universitas terkait Sertifikasi Dosen paling lambat hari ini sudah dikumpulkan, agar tidak menyebabkan keterlambatan pencairan Sertifikasi Dosen .
  6. Bagi Penasehat Akademik agar dapat melakukan dan menyelesaikan konsultasi dengan mahasiswa terkait penawaran mata kuliah serta segera melakukan verifikasi pada SIAKAD untuk pelaporan mata kuliah.
  7. Ketua Program Studi segera mengevaluasi penyelesaian studi mahasiswa angkatan 2014.
  8. Pemasukan makalah LKTI masih diperpanjang pendaftarannya sampai dengan tanggal 24 September 2021. Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi dapat menginformasikan kepada semua mahasiswa.

Apel Kerja Senin, 23 Agustus 2021

Dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Pertanian Ir. H.R.D. Amanupunyo, MP. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Kuliah semester Gasal 2021/2022 akan dimulai dengan kuliah umum pada tanggal 14 September 2021. Panitia Kuliah Umum harus segera berkoordinasi dengan narasumber.
  2. Panitia Jadwal Kuliah Semester Gasal 2021/2022, agar segera mengeluarkan jadwal kuliah.
  3. Panitia Seminar Interansional Fakultas Pertanian 2021 agar segera bekerja mempersiapkan berbagai hal terkait permintaan artikel dan lain-lain.
  4. Hari ini ada webinar terkait purnabakti Ir. L. Pelupessy, MS. Mohon partisipasi Bpk/Ibu dalam webinar tersebut.
  5. Yudisium Fakultas Pertanian periode Agustus 2021 akan diilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2021 secara dalam jaringan dan mohon partisipasinya.
  6. Batas akhir input nilai Semester Antara tanggal 27 Agustus, mohon dosen penanggung jawab mata kuliah dan program dapat segera menginput nilai pada SIAKAD.
  7. Para dosen dapat mengefektifkan konsultasi dengan mahasiswa terkait pemberlakuan kurikulum MB-KM sehubungan dengan pendaftaran ulang mahasiswa dan penawaran mata kuliah.
  8. Ketua-ketua Program Studi untuk segera dapat memasukkan hasil verifikasi pembersihan data mahasiswa untuk chroscek dengan data universitas.
  9. Diharapkan Tim Peneliti PNBP Fakultas Pertanian untuk segera menyelesaikan kegiatan penelitiannya, terutama bagi tim yang belum ke lokasi penelitian, karena Laporan Kemajuan kegiatan penelitian sudah harus dimasukkan pada akhir September 2021.
  10. Bagi pimpinan Jurusan dan Programm Studi yang tidak mengajukan permintaan uang perjalanan kegiatan praktek Semester Genap 2020/2021, sampai hari Rabu, 25 Agustus 2021, maka akan dialihkan ke Jurusan atau Program Studi yang lain.
  11. Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) akan dilaksanakan pada:
    1. Rabu, 8 September 2021 dengan materi Universitas
    2. Senin, 13 September 2021 dengan materi dari Fakultas (Pertanian dan Hukum)

Apel Kerja Senin, 16 Agustus 2021

Dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Kepegawaian Fakultas Pertanian Ir. Th. Silaya, MP. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Kuliah semester Gasal dimulai tanggal 13 September 2021 dan diawali dengan kuliah umum. Pengenalan mahasiswa baru pada tanggal 6-7 September 2021, mohon Jurusan dan Program Studi dapat melakukan persiapan sosialisasi kepada mahasiswa baru.
  2. Mohon Program Studi dapat menyiapkan jadwal untuk kuliah Semester Gasal 2021/2022, sehingga dapat dimasukkan pada SIAKAD dan diberlakukan.
  3. Diinformasikan bagi setiap dosen mentor/penasehat akademik dan dosen pembimbing agar mengefektifkan sistem konsultasi dengan menggunakan media sosial seperti WA atau sejenisnya agar dapat mempercepat proses akademik dan penyelesaian studi mahasiswa. Dimohon juga program studi dan jurusan dapat memfasilitasi penggunaan Zoom bila dibutuhkan oleh dosen dalam konultasi dengan mahasiswa.
  4. Menjelang implementasi kurikulum MB-KM, mohon Program Studi dapat mengefektifkan perjanjian kerjsama dengan berbagai mitra/stakeholder, baik perguruan tinggi, instansi pemerintah maupun dunia usaha dan industri yang telah dilakukan penjajakan atau perjanjian kerjsa sama.
  5. Kepada Programm Studi Kehutanan dan THP agar segera menyelesaikan proses akreditasi, sehingga tidak melewati batas waktu.
  6. Kepada Juruan dan Program Studi agar dapat mengevaluasi dan meninjau proses pembimbingan mahasiswa yang terlalu lama bahkan tercatat dan ditemukan ada pembimbingan yang waktunya lebih dari satu tahun.
  7. Terkait dengan penyelesaian KRS mahasiswa dimohonkan perhatian Jurusan, Program Studi, dan mentor, menginformasikan ke mahasiswa untuk melakukan KRS pada SIAKAD sehingga terdaftar nanti dalam pelaporan pada PD Dikti karena sangat berhubungan denganw aktu studi dan perolehan nomor ijazah nasional.
  8. Untuk menjaga kontinuitas publikasi pada jurnal-jurnal yang ada di Fakultas Pertanian, mohon agar dosesn dan mahasiswa dapat mempublikasikan artikelnya pada jurnal-jurnal tersebut. Khusus untuk Jurnal Fakultas Pertanian, saat ini sedang menerima artikel untuk terbitan ke-2 di bulan Desember 2021.
  9. Pemasukan dokumen BKD untuk pembayaran tunjangan SERDOS dan terkait dengan remunerasi 30% setiap bulan.
  10. Harap pimpinan jurusan dapat mendorong setiap dosesn untuk memproses usulan kenaikan pangkat.
  11. Para ketua Program Studi untuk berkoordinasi dengan bagian akademik fakultas terkait data semester antara, karena terdapat perbedaan jumlah SKS yang dibayarkan oleh mahasiswa di bagian akademik dengan yang disampaikan oleh Program Studi.
  12. Kegiatan PKKMB akan mulai dilaksanakan pada tanggal 6 September 2021 sampai dengan selesai, harap Pimpinan Jurusan dan Program Studi menyiapkan hal-hal yang terkait dengan PKKMB tersebut.
  13. Mohon pimpinan Jurusan dan Program Studi serta HMJ menginformasikan dan mendorong mahasiswa untuk menghikuti LKTI mahasiswa yang akan dilaksanakan pada awal September 2021. Pendaftaran LKTI telah dibuka sampai dengan akhir bulan Agustus 2021.
  14. Kami tetap mengingatkan semua PNS/ASN, tenaga honorer dan mahasiswa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan guna menanggulangi dan mencegah Covid-19, melalui penerapan 5M (memakai masker, mencuci tangan,, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas).

Apel Kerja Senin, 26 Juli 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Ir. M. Turukay, M.Sc. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Para Ketua Program Studi diharapkan bersama panitia lokakarya dapat menyelesaikan kurikullum secepat mungkin, agar dapat diupload pada SIAKAD, untuk penawaran oleh mahasiswa semester gasal 2021/2022.
  2. Penyetaraan kurikulum 2017 dengan MBKM juga harus dilakukan, karena harus ada penawaran oleh mahasiswa angkatan 2018 s.d. 2020 dalam kuliah semester gasal 2021/2022.
  3. Para Ketua Program Studi diharapkan selalu memantau jalannya perkuliahan Semester Antara pada tiap program studi agar berlangsung dengan baik.
  4. Para Ketua Program Studi, Ketua Jurusan dan WD 1, agar memperhatikan surat pemberitahuan WR 1 tentang verifikasi data mahasiswa DO dari Fakultas Pertanian, agar data yang disampaikan sesuai prosedur.
  5. Rencana Yudisium Fakultas Pertanian pada 13 Agustus 2021. Mohon persiapan Panitia.
  6. Penginputan data UAS akan berakhir, mohon tim UAS untuk dapat memasukkan laporan pelaksanaan UAS.
  7. Diharapkan program studi dapat menyiapkan dokumen kurikulum sesuai hasil lokakarya.
  8. Peneliti PNBP Fakultas Pertanian segera melakukan kegiatan penelitian , karena dana penelitian telah masuk rekening masing-masing tim peneliti.
  9. Diharapkan setiap dosen mempersiapkan Rencana BKD sebelum aktifitas semester ganjil 2021/2022 dilaksanakan dan mohon pimpinan jurusan memperhatikan hal ini.
  10. Pimpinan Jurusan agar dapat mengikuti LKTI Mahasiswa Faperta 2021. Flyer sudah dikirimkan di grup pimpinan jurusan dan program studi.

Apel Kerja Senin, 19 Juli 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Ir. G.H. Augustyn, M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Lokakarya kurikulum tingkat fakultas ditunda dan akan berlangsung pada tanggal 23 Juli 2021. Diharapkan Panitia dan para ketua Program Studi bekerjsamana maksimal agar tidak ada lagi penundaan.
  2. Berdasarkan hasil pantauan ternyata baru 70% mata kuliah yang berlangsung di semester antara. Kiranya hal ini menjadi perhatian bagi para dosen yang bertugas memberikan kuliah pada semester antara ini.
  3. Berdasarkan informasi dari Wakil Rektor 2, bahwa masih ada lima dosen Fakultas Pertanian yang belum registrasi SINTA, yaitu dari Jurusan Peternakan 2 orang, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian 2 orang, dan Jurusan Budidaya Pertanian 1 orang.
  4. Berkenan dengan lokakarya kurikulum tingkat Fakultas, mohon para Ketua Program Studi untuk memasukkan nama-nama stakeholder ke panitia lokakarya agar dapat diundang pada lokakarya dimaksud.
  5. Diharapkan seluruh Dosen dapat mengikuti lokakarya kurikulum secara daring. ID dan Passcode akan dikirim melalui program studi masing-masing.
  6. Bagi dosen yang belum memasukkan nilai UAS di SIAKAD, diharapkan segera menguploadnya dan batas akhir hari ini. Apabila ada kendala dilahkan menghubungi operator program studi.
  7. Setelah apel, panitia lokakarya kurikulum dimohon tetap berapa pada akun zoom ini untuk rapat koordinasi.

Apel Kerja Senin, 12 Juli 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Dr. Ir. P. Kunu, M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Lokakarya kurikulum tingkat fakultas secara daring akan dilakukan pd 14 juli 2021. Diharapkan panitia  dapat melakukan tugasnya dengan baik. Para ketua program studi dapat menyampaikan draf kurikulumnya, dan diharapkan juga  partisipasi semua dosen dan mahasiswa dalam lokakarya tersebut.
  2. Dihimbau agar semua PNS baik dosen maupun tenaga kependidikan,  agar masing-masing dapat mengupload pembaharuan data ASN secara online melalui link yang sudah disampaikan melalui tiap jurusan.
  3. Kuliah Semester Antara sudah berlangsung sejak 5 Juli 2021. Bagi dosen bertugas yang belum memberikan kuliah agar segera dapat melakukan tugasnya.
  4. Ada sejumlah mahasiswa Fakultas Pertanian yang terdata pada laman pusdatin.unpatti.ac.id/verdo dengan status terancam DO, oleh karena itu sesuai prosedur dan ketentuan mohon para Ketua Program Studi dapat melakukan verifikasi data mahasiswa yang terancam DO tersebut dan dapat ditindak lanjuti paling lambat 16 Juli 2021.
  5. Mohon Program Studi dapat mengusulkan dan verifikasi data Keringanan UKT mahasiswa sesuai ketentuan yang berlaku dan ditindak lanjutinya paling lambat tanggal 14 Juli 2021.
  6. Mohon para Ketua Program Studi dapat mempersiapkan dokumen kurikulumnya untuk pelaksanaan lokakarya kurikulum tingkat Fakultas.
  7. Kepada Bapak Ibu Ketua Tim Peneliti PNBP Fakultas, diharapkan hadir  hari ini, senin 12 Juli 2021 jam 11.00 untuk menandatangani SPK/Kontrak penelitian guna mempercepat proses pencairan dana penelitian PNBP dan pelaksanaan kegiatan penelitian.
  8. Sehubungan dengan adanya temuan pada saat pemeriksaan keuangan, khususnya terjadi kenaikan uang makan yg sangat signifikan dimasa Pandemi Covid-19, karena semua ASN khususnya di Fakultas Pertanian menerima uang makan secara full namun tidak ada bukti aktifitas kerja dari rumah,  untuk itu dimintakan agar setelah Apel ini, Bpk/Ibu Ketua dan Sekretaris Jurusan diminta untuk tetap ada di link ini, untuk membicarakan masalah uang makan tersebut.
  9. Mohon bantuan  Jurusan dan Program studi untuk menginformasikan kepada mahasiswa bahwa di bulan depan akan di adakan LKTI Faperta Unpatti.   Info LKTI dapat menghubungi Sub Bagian Kemahasiswaan Faperta Unpatti.

Apel Kerja Senin, 5 Juli 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Dr. Ir. J.F. Salamena, M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Diingatkan bagi Dosen Pengajar pada Semester Antara agar dapat memulai kuliah pada hari ini, 5 Juli 2021 sampai dengan 31 Agustus 2021.
  2. Lokakarya Kurikulum Fakultas Pertanian akan dilakukan pada tanggal 14 Juli 2021 secara virtual. Tiap ketua program studi agar mempersiapkan draf kurikulum.
  3. Pimpinan Jurusan/Program Studi agar dapat memperhatikan Surat Teguran Rektor terkait dengan masih ada dosen yang belum mendaftar SINTA.
  4. Diingatkan untuk setiap dosen selalu mengupdate data SINTA dan SISTER.
  5. Dihimbau agar tiap dosen non PNS pada setiap program studi, agar mempersiapkan diri mengikuti seleksi CPNS sesuai formasi yang tersedia.
  6. Karena kondisi pandemi Covid-19, maka beberapa aktivitas  akademik dilakukan secara daring, yaitu kuliah dan seminar-seminar, sedangkan ujian sarjana dapat dilakukan secara daring atau luring.
  7. Mohon bantuan Pimpinan Jurusan agar dapat menginformasikan kepada setiap HMJ yang belum melaksanakan sidang umum mahasiswa jurusan, untuk segera melaksanakannya.

Apel Kerja Senin, 28 Juni 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Dr. Ir. P.J. Kunu, MP. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Batas pemasukan nilai ujian Semester Genap 2020/2021 adalah tanggal 28 Juni 2021. Bagi yang tidak memasukkan nilai, maka program studi dapat menentukan nilai kebijakan sesuai aturan yang berlaku.
  2. Kuliah Semester Antara akan dimulai pada tanggal 5 Juli 2021 dan berakhir tanggal 31 Agustus 2021.Panitia semester antara agar segera membagi jadwal kuliah dan program studi dapat menghimbau mahasiswanya untuk dapat melakukan perbaikan nilai melalui semester antara.
  3. Bagi jurusan dan PS yang masih terdapat mahasiswa angkatan 2014, agar segera diupayakan untuk menyelesaikan studinya, karena batas studinya adalah tanggal 31 Agustus 2021.
  4. Rencana Lokakarya Kurikulum tingkat Fakultas pada tanggal 14 Juli 2021. Panitia dapat mempersiapkan hal-hal yang terkait dengan kelancaran kegiatan tersebut.
  5. Dihimbau untuk semua dosen dan pegawai tetap menggunakan masker, jaga jarak, dan membersihkan tangan dalam menjalankan tugas dan tanggungn jawab di kampus.
  6. Dihimbau agar semua dosen non-PNS dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi penerimaan tenaga dosen.
  7. Pimpinan Jurusan diingatkan untuk memasukkan Perjanjian Kinerja antara Dekan dan Ketua Jurusan, 
  8. Ketua Tim Peneliti PNBP Fakultas Pertanian agar segera memasukkan fotocopy KTP dan NPWP serta nama Ibu Kandung untuk proses pembukaan rekening bank penelitian.
  9. Diingatkan kepada seluruh Dosen dan Tenaga Kependidikan yang melakukan WFH, diwajibkan selalu mengaktifkan HP selama jam kerja 09.00-16.00 wit.
  10. Memperhatikan Instruksi Gubernur Maluku Nomor 3 tahun 2021, terkait penanganan COVID-19.
  11. Kita tetap jaga kesehatan dengan menerapkan 5 M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Apel Kerja Senin, 7 Juni 2021

Dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Kepegawaian Fakultas Pertanian Ir. Th. M. Silaya, MP. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Pelaksanaan Ujian Akhir Semester Genap 2020/2021 pada tanggal 10-18 Juni 2021 dan dilaksanakan secara daring. Demi kelancaran UAS diharapkan dosen mata kuliah memperhatikan ketentuan yang telah diatur oleh tim Koordinasi UAS.
  2. Setiap ASN (Dosen dan Tendik) untuk segera memasukkan bukti-bukti kinerja terkait remunerasi. Bukti-bukti tersebut harus sesuai dengan ketentuan Tim Remunerasi Unpatti.
  3. Para peneliti PNBP Fakultas Pertanian diharapkan segera memasukkan proposal penelitian sesuai dengan koreksi LPPM, paling lambat hari Selasa, 8 Juni 2021.
  4. PAGU Anggaran Fakultas Pertanian untuk tahun 2022 ditetapkan sebesar Rp. 2,3 M.
  5. Semua dosen dan pegawai dengan jabatan tugas tambahan tetap melaksanakan tugas di kantor dengan waktu kerja jam 09.00-16.00 wit. Dosen dan pegawai yang lain harap dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kerja.
  6. Pimpinan Universitas dan Fakultas selalu menghimbau seluruh dosen, pegawai, dan mahasiswa, agar menjalankan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, menjaga jarak dengan orang lain, mencuci tangan dan tetap menjaga kebersihan, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Apel Kerja Senin, 31 Mei 2021

Dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Pertanian Dr. Ir. H. Kesaulya, M.Si.. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Kuliah Semester Genap TA 2020/2021 akan berakhir pada tanggal 3 Juni 2021. Ujian Akhir Semester Genap akan berlangsung tanggal 10-17 Juni 2021.  Semua dosen diharapkan dapat menyelesaikan kegiatan perkuliahan. Tim koordinasi UAS segera mendistribusikan jadwal ujian yang dilakukan secara daring.
  2. Dana praktikum telah didistribusikan ke seluruh program studi. Apabila terdapat praktikum yang dilakukan secara luring maka diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan.
  3. Apresiasi disampaikan kepada PS. Penyuluhan Pertanian, PS. Ilmu Tanah dan PS. Pemuliaan Tanaman yang telah terakreditasi BAIK. Terima kasih untuk semua komponen yang terlibat dalam akreditasi.
  4. Program studi yang akan direakreditasi diharapkan dapat mempersiapkan semua proses dan kerja dengan baik.
  5. Tim GJM dan TKS dapat mengoptimalkan tugas dan fungsinya. Tim TKS dapat memasukkan laporannya.
  6. Pengelola Jurnal di tingkat fakultas dapat memperhatikan kontinuitas penerbitan dengan baik. Terdapat beberapa jurnal yang mulai tidak lancar penerbitannya.
  7. Para peneliti PNBP Fakultas Pertanian tahun 2021, harap segera memperbaiki proposal penelitian sesuai koreksi dari LP2M untuk memperlancar proses pencairan dana penelitian.
  8. Diharapkan Bpk/Ibu segera memasukan bukti-bukti kinerja terkait remunerasi.
  9. Bpk/Ibu selalu memperhatikan penggunaan listrik di ruangan masing-masing.
  10. Ketua-ketua Jurusan dapat mengingatkan Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan terkait pelaksanaan Sidang Umum HMJ.
  11. Panitia Seminar Internasional dapat melaporkan perkembangan penerbitann prosiding pada IOP. 

Apel Kerja Senin, 17 Mei 2021

Dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. J. Matinahoru. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Para dosen agar segera memasukkan data pendukung terkait remunerasi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
  2. Ujian Akhir Semester Genap 2020/2021, direncanakan berlangsung tanggal 10 Juni 2021. Pantia yang bertugas pada UAS agar segera menyusun jadwal dan membaginya.
  3. Kuliah Semester Antara 2020/2021, direncanakan berlangsung pada tanggal 6 Juli 2021. Diharapkan tiap jurusan dan program studi meneruskan informasi tersebut kepada mahasiswanya.
  4. Lokakarya Kurikulum Fakultas Pertanian akan dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2021. Diharapkan tiap program studi sudah menyiapkan kurikulumnya dan paling lambat sudah dibahas paling lambat minggu ketiga Juni 2021 di masing-masing program studi.
  5. Ketua Program Studi diharapkan mengunggah leaflet promosi program studi melalui web site faperta.unpatti.ac.id atau unpatti.ac.id, terkait dengan akan dilakukannya seleksi mahasiswa baru jalur mandiri pada bulan Juni 2021.
  6. Diharapkan semua dosen dan tenaga kependidikan tetap memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, dan jauhi kerumunan.
  7. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian dan Teknologi Hasil Pertanian untuk dapat mempersiapkan pemilihan Ketua dan Sekretaris Jurusan yang akan berakhir pada bulan Agustus 2021.

Apel Kerja Senin, 19 April 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Peternakan,  Fakultas Pertanian Dr. Ir. J.F. Salamena, M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Setiap Program studi untuk segera dapat menyelesaikan penyusunann Kurikulum MBKM yang selanjutnya dibahasa pada tingkat Jurusan dan akan ditindaklanjuti pada tingkat Fakultas pada bulan Mei nanti.
  2. Program Studi Kehutanan dan THP untuk dapat menyiapkan akreditasinya sebaik mungkin. Mohon dapat men-sharing dengan Program Studi yang telah selesai asessmen lapangan terkait instrumen-instrumen apa saja yang harus disiapkan sebagai kelengkapan dan bukti-bukti akreditasi nanti. Mohon berkoordinasi juga dengan Tim Penjaminan Mutu Fakultas.
  3. TKS dana memonitor dan mengevaluasi proses pembelajaran pada program studi serta dapat menyiapkan laporannya.
  4. Program Studi Agroteknologi untuk segera menyampaikan koreksi Tim Pengajar dan Mata Kuliah guna penerbitanan SK mengajar, karena semua program studi sudah menyelesaikannya.
  5. Program Studi Agribisnis dan Tim Task Force-nya untuk dapat mempersiapkan hal-hal terkait verifikasi kelayakan program PKKM di tanggal 20 April 2021.
  6. Program Studi Pemuliaan Tanaman akan melakukan asessmen lapang dalam rangka akreditasi pada tanggal 21 dan 22 April 2021.
  7. Mengingatkan kemabli para dosen dan pegawai agar tetap memperhatikan penggunaan listrik di Fakultas karena sering terjadi gangguan.
  8. Tenaga Honorer agar tetap ada di kantor atau fakultas selama jam kerja.

Apel Kerja Senin, 15 Maret 2021

Dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Pertanian Dr. Ir. Henry Kesaulya, M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Tenaga kependidikan agar tertib terhadap jam masuk kantor.
  2. Jurusan yang belum memasukkan proposal dana PNBP Fakultas Pertanian untuk segera memasukannya.
  3. Ketua program studi dan tim TKS untuk memonitor perkuliahan agar memastikan semua perkuliahan sudah terlaksana dengan baik.  Bila masih ada dosen yang belum memberikan kuliah mohon dilakukan langkah-langkah koreksi terhadap dosen bersangkutan.
  4. Sesuai Kalender Akademik, jadwal UTS mulai 30 maret s.d. 3 April 2021.
  5. Bagi program sutdi yang mengikutsertakan mata kuliahnya dalam program Permata Merdeka khususnya inboound diharapkan untuk memastikan terselenggaranya perkuliahan sesuai jawal, tersedianya modul pembelajaran, karena kuliah melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Selain itu, program ini akan dievaluasi secara nasional, sehingga saat evaluasi fakultas tidak mempunyai catatan buruk.
  6. Bagi tim penyusun proposal S3, untuk segera menyelesaikan proposal dimaksud, sesuai rencana pada bulan Maret sudah harus diusulkan.
  7. Kepada semua PNS/ASN untuk melaporkan SPT tahunan, LHKPN untuk pimpinan fakultas, jurusan, program studi, serta LHKASN untuk semua ASN lainnya sebelum tanggal 31 Maret 2021.
  8. Ketua Jurusan segera memasukan nama-nama mahasiswa yang telah terseleksi di tingkat jurusan untuk mengikuti seleksi mahasiswa berprestasi di fakultas dengan persyaratan yang telah dikirim ke setiap jurusan.

Apel Kerja Senin, 8 Maret 2021

Dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. J.M. Matinahoru. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Tiap program studi diharapkan untuk mengembangkan mekanisme untuk melakukan monitoring terhadap pembelajaran daring yang sementara berlangsung.
  2. Tiap program studi harus mempunyai sistem pengarsipan yang baik terkait dokumen-dokumen seperti RPS, BKD, KP4, SKP, dan lainnya.
  3. Tiap program studi segera melakukan penyesuaian kurikulum dengan Kampus Merdeka-Merdeka Belajar (KM-MB) sebelum lokakarya tingkat fakultas pada bulan April 2021.
  4. Tiap program studi dan jurusan dapat mengidentifikasi institusi terkait untuk kerjasama KM-MB, agar dapat ditindaklanjuti dengan MOU di tingkat fakultas atau universitas.
  5. Masalah gangguan jaringan pada gedung A, B, dan C Fakultas Pertanian, agar segera dapat dibenahi, sehubungan dengan visitasi lapangan secara online terhadap Program Studi Penyuluhan Pertanian.
  6. Tim Akreditas Program Studi Penyuluhan Pertanian dan WD Bidang Akademik agar dapat mempersiapkan diri untuk visitasi lapangan yang segera akan dilakukan.
  7. WD Bidang Akademik dapat mengevaluasi kerja Tim Pembuatan Video Fakultas Pertanian.
  8. Tim peneliti dana PNBP Fakultas Pertanian untuk dapat memasukkan proposal untuk proses selanjutnya.
  9. Bagi Bapak/Ibu yang telah mendaftarkan diri untuk vaksinasi COVID-19, agar memperhatikan jadwal pelaksanaan yang telah diteruskan di tiap jurusan.
  10. Bagi Bapak/Ibu Tenaga Kependidikan untuk memperhatikan jam masuk dan pulang kantor.
  11. Ketua Jurusan BDP untuk menindaklanjuti permintaan data oleh pihak OMBUDSMAN terkait tugas penyusunan peraturan daerah perlidungan terhadap sumber-sumber air minum di Kota Ambon.

Apel Kerja Senin, 1 Maret 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Sosial Ekonom Pertanian Ir. M. Turukay, M.Sc. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Diingatkan bagi semua staf dosen untuk memperhatikan jam perkuliahan, karena sampai saat ini belum 100 % kuliah berjalan.
  2. Rapat Pimpinan di rencanakan akan berlangsung tanggal 4 Maret , Di harapkan WD 1 dan para Kaprodi dapat menyampaikan Evaluasi pembelajaran Daring pada semester yang baru berakhir.
  3. Tiap Program Studi supaya mulai  merancang kurikulum MBKM  sebelum  Lokakarya  tingkat Fakultas.
  4. Diingatkan bagi para dosen untuk memasukan Artikel ke jurnal Internasional  Faperta Unpatti paling Lambat Akhir Maret.
  5. Dengan terbitnya SK Dekan Fakultas Pertanian Tentang Tim Pengambangan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, maka Jurusan dan Prodi sudah dapat berproses dan mengkoordinasikan pelaksanaan penyusunan kurikulum.  Penyusunan mengikuti panduan yang telah diditribusikan pada Jurusan dan Prodi dan hasil sosialisasi.
  6. Sampai Hari Sabtu, tanggal 27 Pebruari 2021 jam 19.00 WIT para Kaprodi telah melakukan verifikasi seluruh status data mahasiswa untuk disinkronkan pada data SIAKAD  Unpatti dengan PD-Dikti. Diharapkan para operator SIAKAD dapat memantau perkembangan prosesnya dalam system yang ada dan melaporkannya kepada Para Kaprodi secara berkala, untuk mengeketahui kesamaan data di SIAKAD dan PD-DIKTI.
  7. Mengikuti perkembangan aktivitas mahasiswa yang terlibat dalam kebijakan pemerintah program MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA seperti PERMATA MERDEKA dan KAMPUS MENGAJAR, mohon para kaprodi membantu mahasiswa dalam perencanaan keterlibatan mahasiswa -mahasiswa tersebut sehingga semuanya tersinkronisasi dengan kurikulum serta memudahkan dalam implementasinya serta pendataannya di SIAKAD. Program ini juga sebagai usaha menjawab capaian implementasi Indikator Kinerja Utama sesuai Kepmen Dikbud No.754/P/2020.
  8. Diharapkan untuk semua PNS/ASN untuk dapat melaporkan SPT Pajak, LHKPN dan LHKASN sebelum tanggal 31 Maret 2021.
  9. Diingatkan Kembali untuk semua pimpinan , dosen dan tenaga kependidikan agar dapat mematikan lampu dan AC sebelum pulang kantor.
  10. Mohon kajur dan Kaprodi Infokan kepada Mahasiswa bahwa ada perpanjangan Pemasukan Proposal PKM sampai tanggal 23 Maret 2021.  Bagi mahasiswa yang  mau ikut serta dapat memasukan Proposal.

Apel Kerja Senin, 16 Februari 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Dr. M. Tjoa, S.Hut., M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Perkuliahan agar dapat segera dimulai di minggu ini. Mohon para Ketua Program Studi memperhatikan dan menghimbau mahasiswa agar mendaftar mata kuliah melalu GCR dan SIAKAD.
  2. Para Ketua Program Studi dan Wakil Dekan bidang Akademik untuk memperhatikan proses perkuliahan mata kuliah dasar mulai dari gabung kelas oleh mahasiswa maupun dosen melalui GCR.
  3. Semua perkuliahan dilakukan secara virtual, tidak diizinkan memberi kuliah secara luring, kecuali pelaksanaan ujian sarjana, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
  4. Tiap jurusan dapat menindaklanjuti kegiatan penelitian PNBP Fakultas Pertanian tahun 2021, dengan memasukkan tim peneliti ke Fakultas untuk pembuatan SK. Proposal sudah harus dimasukkan sebelum Maret 2021.
  5. Dosen dihimbau untuk memasukkan aartikel ke pengelola Jurnal Tropical Small Island Agriculture Management, paling lambat awal April 2021.
  6. Tim proposal usulan program studi S3 Ilmu Pertanian, agar tetap pada komitmen bahwa pada Maret 2021 dokumen proposal sudah dapat diupload ke DIKTI.
  7. Proses permentoran segera dilakukan dengan memvalidasi DNS dan KHS melalui SIAKAD.
  8. Tiap Ketua Program Studi diharapkan memasukkan nama tim dari masing-masing program studi untuk diusulkan sebagai Tim Penyusun Revisi/Penyesuaian Kurikulum MB-KM.
  9. Program Studi yang melakukan reakreditasi untuk dapat berproses sehingga pada waktunya tidak terjadi keterlambatan pengusulannya.
  10. Para operator SIAKAD dapt menyampaikan data UKT Mahasiswa tahun 2020 ke Sub Bagian Akademik Fakultas hari ini, untuk dipresentasikan di Rektorat.
  11. E-lapkin segera dimasukkan.
  12. Kurang lebih terdapat 20 dosen yang belum memasukkan BKD sehingga berdampak pada pembayaran SERDOS.
  13. Pimpinan Jurusan dan Program Studi diharapkan menginformasikan kepada semua mahasiswa penerima bantuan beasiswa BIDIKMISI dan KIP KULIAH, agar segera memasukkan copian KHS Semester Gasal 2020/2021 di Sub Bagian Kemahasiswaa paling lambat Jumat 19 Februari 2021 untuk keperluan evaluasi.

Apel Kerja Senin, 08 Februari 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Dr. Ir. J. Salamena, M.Si.  Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Ketua Program Studi dapat memberikan nilai kebijakan, untuk matakuliah yang sampai saat ini nilainya belum dimasukkan.
  2. Kuliah semester Genap 2020/2021 sudah dapat dimulai. Jadwal kuliah dapat disebarluaskan melalui grup tiap prodi atau melalui web site faperta.unpatti.ac.id
  3. Diingatkan kembali untuk para dosen, segera memasukkan data terkait SKP 2020, Rencana BKD Genap 2020/2021, KP4, bukti setoran pajak 2020.
  4. Mohon partisipasi dosen Fakultas Pertanian untuk memasukkan artikel pada Tropical Small Island Agriculture Management, yang akan terbit perdana pada tahun 2021.
  5. Ketua Program Studi tetap bertugas sampai dengan waktu pelantikan Ketua Program Studi yang baru.
  6. Sesuai anjuran Rektor Universitas Pattimura, perkuliahan luring atau offline tidak boleh dilakukan. Ujian Sarjana tetap dilakukan secara offline dengan memperhatikan protokol kesehatan.
  7. Lembaga Sertifikasi Pertanian Organik akan melakukan sosialisasi terkait Standarisasi Kompetensi pada hari Rabu, 10 Februari 2021. ID Meeting dan Passcode akan disampaikan kemudian.
  8. Sosialisasi Kurikulum Program Studi di Era Revolusi 4.0 dan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka akan dilaksanakan pada Kamis, 11 Februari 2021. ID Meeting dan Passcode akan disampaikan kemudian.
  9. Laporan dan Rencana BKD harus dimasukkan setiap semester karena berkaitan dengan tunjangan sertifikasi dosen, pemeriksaan inspektorat, dll.
  10. Pertemuan sekaligus persentasi data terkait SIAKAD untuk verifikasi data UKT akan dilaksanakan pada hari Senin, 8 Februari 2021. Mohon kehadiran semua operator SIAKAD, Wakil Dekan Bidang Akademik, Pejabat Fungsional Ahli Madya, dan Pejabat Fungsional.
  11. Setiap Jurusan, Program Studi, dan dosen secara perorangan yang mempunyai kerjasama terkait pendidikan, penelitian, dan PkM melalui Universitas/Fakultas untuk dapat memasukkan fotocopy bukti kerjasama tersebut. 
  12. Perhatian dari semua dosen untuk memberitahukan kepada semua mahasiswa terkait pembayaran UKT semester Genap 2020/2021. Batas akhir pembayaran adalah tanggal 15 Februari 2021.

Apel Kerja Senin, 1 Februari 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Dr. Ir. P. Kunu, MP.  Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Setiap Dosen harap memperhatikan dan memasukan setiap dokumen yang harus dilaporkan meliputi SPT Pajak, SKP, KP4, Rencana BKD semester Genap 2020/2021.
  2. Panitia Kuliah Umum Semester Genap 2020/2021 diharapkan segera berkoordinasi untuk pelaksanaan kuliah umum pada tanggal 5 Februari 2021. Mohon bantuan Ketua Program Studi untuk menginformasikan kepada mahasiswa dan dosen.
  3. Panitia Jadwal Semester Genap 2020/2021 diharapkan segera menyelesaikan pembuatan jadwal semester.
  4. Setiap dosen diharapkan mengusulkan pembuatan surat tugas, sebelum kegiatan dilaksanakan.
  5. Tim Pengusulan Program S3 untuk dapat bekerja secara intensif untuk menyelesaikan proposal S3 Ilmu Pertanian.
  6. Tim Audit Mutu Internal (AMI) untuk dapat menyelsaikan tugas audit dan memasulan laporannya.
  7. Panitia Seminar Internasional Fakultas Pertanian untuk dapat mulai berproses menyiapkan kegiatan seminar tersebut. Kegiatan seminar direncanakan pada bulan Mei 2021.
  8. Dosen dengan tugas tambahan wajib hadir di kampus mulai jam 09.00-16.00 wit.
  9. Dosen yang bekerja dari rumah selalu mengaktifkan telepon untuk tetap dapat dihubungi.

Apel Kerja Senin, 25 Januari 2021

Dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Pertanian Ir. Handry R.D. Amanupunyo, MP.  Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Setiap Dosen dimintakan untuk memasukkan penilaian untuk setiap mata kuliah, paling terlambat Senin 25 Januari 2021. 
  2. Setiap Dosen harap memperhatikan dan memasukan setiap dokumen yang harus dilaporkan meliputi SPT Pajak, SKP, KP4, Rencana BKD semester Genap 2020/2021.
  3. Setiap Dosen diharapkan untuk selalu mengupdate data pada SISTER UNPATTI (sister.unpatti.ac.id).
  4. Panitia Kuliah Umum Semester Genap 2020/2021 diharapkan segera berkoordinasi untuk pelaksanaan kuliah umum pada minggu pertama Februari 2021.
  5. Panitia Jadwal Semester Genap 2020/2021 diharapkan segera menyelesaikan pembuatan jadwal semester.
  6. Remedial untuk perbaikan nilai bagi mahasiswa yang tidak lulus dapat dilakukan oleh setiap dosen, Perlu mendapat perhatian dari Ketua Jurusan dan WD Bidang Akademik, Proses penginputan nilai perbaikan ke SIAKAD akan diatur kemudian.
  7. Setiap Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, dan Dosen diharapkan dapat membantu mahasiswanya terkait pembayaran SPP. Pembayaran sudah dimulai tanggal 13 Januari 2021.
  8. Apabila dosen membutuhkan informasi terkait dengan penilaian hasil belajar dapat menghubungi Ketua Program Studi, tidak boleh melalui operator SIAKAD. Operator hanya bertugas untuk menginput data.
  9. Diharapkan tim pembuat video dapat mempersiapkan assessment secara on line, sehubungan dengan akreditasi Program Studi Penyuluhan, Pemuliaan Tanaman, dan Ilmu Tanah.
  10. Program Studi Kehutanan dan THP diharapkan dapat mempersiapkan LKPS dan ED untuk reakreditasi tahun 2021.
  11. Bagi ASN yang ditugaskan bekerja di kantor untuk dapat mengikuti jam kerja yaitu jam 09.00-16.00 wit.
  12. Kegiatan Wirausaha Mahasiswa UNPATTI 2020 saat ini sedang berlangsung dengan kegiatan Hidroponik Rakit Apung.