Apel Kerja

Apel Kerja Senin, 19 April 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Peternakan,  Fakultas Pertanian Dr. Ir. J.F. Salamena, M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Setiap Program studi untuk segera dapat menyelesaikan penyusunann Kurikulum MBKM yang selanjutnya dibahasa pada tingkat Jurusan dan akan ditindaklanjuti pada tingkat Fakultas pada bulan Mei nanti.
  2. Program Studi Kehutanan dan THP untuk dapat menyiapkan akreditasinya sebaik mungkin. Mohon dapat men-sharing dengan Program Studi yang telah selesai asessmen lapangan terkait instrumen-instrumen apa saja yang harus disiapkan sebagai kelengkapan dan bukti-bukti akreditasi nanti. Mohon berkoordinasi juga dengan Tim Penjaminan Mutu Fakultas.
  3. TKS dana memonitor dan mengevaluasi proses pembelajaran pada program studi serta dapat menyiapkan laporannya.
  4. Program Studi Agroteknologi untuk segera menyampaikan koreksi Tim Pengajar dan Mata Kuliah guna penerbitanan SK mengajar, karena semua program studi sudah menyelesaikannya.
  5. Program Studi Agribisnis dan Tim Task Force-nya untuk dapat mempersiapkan hal-hal terkait verifikasi kelayakan program PKKM di tanggal 20 April 2021.
  6. Program Studi Pemuliaan Tanaman akan melakukan asessmen lapang dalam rangka akreditasi pada tanggal 21 dan 22 April 2021.
  7. Mengingatkan kemabli para dosen dan pegawai agar tetap memperhatikan penggunaan listrik di Fakultas karena sering terjadi gangguan.
  8. Tenaga Honorer agar tetap ada di kantor atau fakultas selama jam kerja.

Apel Kerja Senin, 15 Maret 2021

Dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Pertanian Dr. Ir. Henry Kesaulya, M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Tenaga kependidikan agar tertib terhadap jam masuk kantor.
  2. Jurusan yang belum memasukkan proposal dana PNBP Fakultas Pertanian untuk segera memasukannya.
  3. Ketua program studi dan tim TKS untuk memonitor perkuliahan agar memastikan semua perkuliahan sudah terlaksana dengan baik.  Bila masih ada dosen yang belum memberikan kuliah mohon dilakukan langkah-langkah koreksi terhadap dosen bersangkutan.
  4. Sesuai Kalender Akademik, jadwal UTS mulai 30 maret s.d. 3 April 2021.
  5. Bagi program sutdi yang mengikutsertakan mata kuliahnya dalam program Permata Merdeka khususnya inboound diharapkan untuk memastikan terselenggaranya perkuliahan sesuai jawal, tersedianya modul pembelajaran, karena kuliah melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Selain itu, program ini akan dievaluasi secara nasional, sehingga saat evaluasi fakultas tidak mempunyai catatan buruk.
  6. Bagi tim penyusun proposal S3, untuk segera menyelesaikan proposal dimaksud, sesuai rencana pada bulan Maret sudah harus diusulkan.
  7. Kepada semua PNS/ASN untuk melaporkan SPT tahunan, LHKPN untuk pimpinan fakultas, jurusan, program studi, serta LHKASN untuk semua ASN lainnya sebelum tanggal 31 Maret 2021.
  8. Ketua Jurusan segera memasukan nama-nama mahasiswa yang telah terseleksi di tingkat jurusan untuk mengikuti seleksi mahasiswa berprestasi di fakultas dengan persyaratan yang telah dikirim ke setiap jurusan.

Apel Kerja Senin, 8 Maret 2021

Dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. J.M. Matinahoru. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Tiap program studi diharapkan untuk mengembangkan mekanisme untuk melakukan monitoring terhadap pembelajaran daring yang sementara berlangsung.
  2. Tiap program studi harus mempunyai sistem pengarsipan yang baik terkait dokumen-dokumen seperti RPS, BKD, KP4, SKP, dan lainnya.
  3. Tiap program studi segera melakukan penyesuaian kurikulum dengan Kampus Merdeka-Merdeka Belajar (KM-MB) sebelum lokakarya tingkat fakultas pada bulan April 2021.
  4. Tiap program studi dan jurusan dapat mengidentifikasi institusi terkait untuk kerjasama KM-MB, agar dapat ditindaklanjuti dengan MOU di tingkat fakultas atau universitas.
  5. Masalah gangguan jaringan pada gedung A, B, dan C Fakultas Pertanian, agar segera dapat dibenahi, sehubungan dengan visitasi lapangan secara online terhadap Program Studi Penyuluhan Pertanian.
  6. Tim Akreditas Program Studi Penyuluhan Pertanian dan WD Bidang Akademik agar dapat mempersiapkan diri untuk visitasi lapangan yang segera akan dilakukan.
  7. WD Bidang Akademik dapat mengevaluasi kerja Tim Pembuatan Video Fakultas Pertanian.
  8. Tim peneliti dana PNBP Fakultas Pertanian untuk dapat memasukkan proposal untuk proses selanjutnya.
  9. Bagi Bapak/Ibu yang telah mendaftarkan diri untuk vaksinasi COVID-19, agar memperhatikan jadwal pelaksanaan yang telah diteruskan di tiap jurusan.
  10. Bagi Bapak/Ibu Tenaga Kependidikan untuk memperhatikan jam masuk dan pulang kantor.
  11. Ketua Jurusan BDP untuk menindaklanjuti permintaan data oleh pihak OMBUDSMAN terkait tugas penyusunan peraturan daerah perlidungan terhadap sumber-sumber air minum di Kota Ambon.

Apel Kerja Senin, 1 Maret 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Sosial Ekonom Pertanian Ir. M. Turukay, M.Sc. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Diingatkan bagi semua staf dosen untuk memperhatikan jam perkuliahan, karena sampai saat ini belum 100 % kuliah berjalan.
  2. Rapat Pimpinan di rencanakan akan berlangsung tanggal 4 Maret , Di harapkan WD 1 dan para Kaprodi dapat menyampaikan Evaluasi pembelajaran Daring pada semester yang baru berakhir.
  3. Tiap Program Studi supaya mulai  merancang kurikulum MBKM  sebelum  Lokakarya  tingkat Fakultas.
  4. Diingatkan bagi para dosen untuk memasukan Artikel ke jurnal Internasional  Faperta Unpatti paling Lambat Akhir Maret.
  5. Dengan terbitnya SK Dekan Fakultas Pertanian Tentang Tim Pengambangan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, maka Jurusan dan Prodi sudah dapat berproses dan mengkoordinasikan pelaksanaan penyusunan kurikulum.  Penyusunan mengikuti panduan yang telah diditribusikan pada Jurusan dan Prodi dan hasil sosialisasi.
  6. Sampai Hari Sabtu, tanggal 27 Pebruari 2021 jam 19.00 WIT para Kaprodi telah melakukan verifikasi seluruh status data mahasiswa untuk disinkronkan pada data SIAKAD  Unpatti dengan PD-Dikti. Diharapkan para operator SIAKAD dapat memantau perkembangan prosesnya dalam system yang ada dan melaporkannya kepada Para Kaprodi secara berkala, untuk mengeketahui kesamaan data di SIAKAD dan PD-DIKTI.
  7. Mengikuti perkembangan aktivitas mahasiswa yang terlibat dalam kebijakan pemerintah program MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA seperti PERMATA MERDEKA dan KAMPUS MENGAJAR, mohon para kaprodi membantu mahasiswa dalam perencanaan keterlibatan mahasiswa -mahasiswa tersebut sehingga semuanya tersinkronisasi dengan kurikulum serta memudahkan dalam implementasinya serta pendataannya di SIAKAD. Program ini juga sebagai usaha menjawab capaian implementasi Indikator Kinerja Utama sesuai Kepmen Dikbud No.754/P/2020.
  8. Diharapkan untuk semua PNS/ASN untuk dapat melaporkan SPT Pajak, LHKPN dan LHKASN sebelum tanggal 31 Maret 2021.
  9. Diingatkan Kembali untuk semua pimpinan , dosen dan tenaga kependidikan agar dapat mematikan lampu dan AC sebelum pulang kantor.
  10. Mohon kajur dan Kaprodi Infokan kepada Mahasiswa bahwa ada perpanjangan Pemasukan Proposal PKM sampai tanggal 23 Maret 2021.  Bagi mahasiswa yang  mau ikut serta dapat memasukan Proposal.

Apel Kerja Senin, 16 Februari 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Dr. M. Tjoa, S.Hut., M.Si. Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Perkuliahan agar dapat segera dimulai di minggu ini. Mohon para Ketua Program Studi memperhatikan dan menghimbau mahasiswa agar mendaftar mata kuliah melalu GCR dan SIAKAD.
  2. Para Ketua Program Studi dan Wakil Dekan bidang Akademik untuk memperhatikan proses perkuliahan mata kuliah dasar mulai dari gabung kelas oleh mahasiswa maupun dosen melalui GCR.
  3. Semua perkuliahan dilakukan secara virtual, tidak diizinkan memberi kuliah secara luring, kecuali pelaksanaan ujian sarjana, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
  4. Tiap jurusan dapat menindaklanjuti kegiatan penelitian PNBP Fakultas Pertanian tahun 2021, dengan memasukkan tim peneliti ke Fakultas untuk pembuatan SK. Proposal sudah harus dimasukkan sebelum Maret 2021.
  5. Dosen dihimbau untuk memasukkan aartikel ke pengelola Jurnal Tropical Small Island Agriculture Management, paling lambat awal April 2021.
  6. Tim proposal usulan program studi S3 Ilmu Pertanian, agar tetap pada komitmen bahwa pada Maret 2021 dokumen proposal sudah dapat diupload ke DIKTI.
  7. Proses permentoran segera dilakukan dengan memvalidasi DNS dan KHS melalui SIAKAD.
  8. Tiap Ketua Program Studi diharapkan memasukkan nama tim dari masing-masing program studi untuk diusulkan sebagai Tim Penyusun Revisi/Penyesuaian Kurikulum MB-KM.
  9. Program Studi yang melakukan reakreditasi untuk dapat berproses sehingga pada waktunya tidak terjadi keterlambatan pengusulannya.
  10. Para operator SIAKAD dapt menyampaikan data UKT Mahasiswa tahun 2020 ke Sub Bagian Akademik Fakultas hari ini, untuk dipresentasikan di Rektorat.
  11. E-lapkin segera dimasukkan.
  12. Kurang lebih terdapat 20 dosen yang belum memasukkan BKD sehingga berdampak pada pembayaran SERDOS.
  13. Pimpinan Jurusan dan Program Studi diharapkan menginformasikan kepada semua mahasiswa penerima bantuan beasiswa BIDIKMISI dan KIP KULIAH, agar segera memasukkan copian KHS Semester Gasal 2020/2021 di Sub Bagian Kemahasiswaa paling lambat Jumat 19 Februari 2021 untuk keperluan evaluasi.

Apel Kerja Senin, 08 Februari 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Dr. Ir. J. Salamena, M.Si.  Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Ketua Program Studi dapat memberikan nilai kebijakan, untuk matakuliah yang sampai saat ini nilainya belum dimasukkan.
  2. Kuliah semester Genap 2020/2021 sudah dapat dimulai. Jadwal kuliah dapat disebarluaskan melalui grup tiap prodi atau melalui web site faperta.unpatti.ac.id
  3. Diingatkan kembali untuk para dosen, segera memasukkan data terkait SKP 2020, Rencana BKD Genap 2020/2021, KP4, bukti setoran pajak 2020.
  4. Mohon partisipasi dosen Fakultas Pertanian untuk memasukkan artikel pada Tropical Small Island Agriculture Management, yang akan terbit perdana pada tahun 2021.
  5. Ketua Program Studi tetap bertugas sampai dengan waktu pelantikan Ketua Program Studi yang baru.
  6. Sesuai anjuran Rektor Universitas Pattimura, perkuliahan luring atau offline tidak boleh dilakukan. Ujian Sarjana tetap dilakukan secara offline dengan memperhatikan protokol kesehatan.
  7. Lembaga Sertifikasi Pertanian Organik akan melakukan sosialisasi terkait Standarisasi Kompetensi pada hari Rabu, 10 Februari 2021. ID Meeting dan Passcode akan disampaikan kemudian.
  8. Sosialisasi Kurikulum Program Studi di Era Revolusi 4.0 dan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka akan dilaksanakan pada Kamis, 11 Februari 2021. ID Meeting dan Passcode akan disampaikan kemudian.
  9. Laporan dan Rencana BKD harus dimasukkan setiap semester karena berkaitan dengan tunjangan sertifikasi dosen, pemeriksaan inspektorat, dll.
  10. Pertemuan sekaligus persentasi data terkait SIAKAD untuk verifikasi data UKT akan dilaksanakan pada hari Senin, 8 Februari 2021. Mohon kehadiran semua operator SIAKAD, Wakil Dekan Bidang Akademik, Pejabat Fungsional Ahli Madya, dan Pejabat Fungsional.
  11. Setiap Jurusan, Program Studi, dan dosen secara perorangan yang mempunyai kerjasama terkait pendidikan, penelitian, dan PkM melalui Universitas/Fakultas untuk dapat memasukkan fotocopy bukti kerjasama tersebut. 
  12. Perhatian dari semua dosen untuk memberitahukan kepada semua mahasiswa terkait pembayaran UKT semester Genap 2020/2021. Batas akhir pembayaran adalah tanggal 15 Februari 2021.

Apel Kerja Senin, 1 Februari 2021

Dipimpin oleh Ketua Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Dr. Ir. P. Kunu, MP.  Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Setiap Dosen harap memperhatikan dan memasukan setiap dokumen yang harus dilaporkan meliputi SPT Pajak, SKP, KP4, Rencana BKD semester Genap 2020/2021.
  2. Panitia Kuliah Umum Semester Genap 2020/2021 diharapkan segera berkoordinasi untuk pelaksanaan kuliah umum pada tanggal 5 Februari 2021. Mohon bantuan Ketua Program Studi untuk menginformasikan kepada mahasiswa dan dosen.
  3. Panitia Jadwal Semester Genap 2020/2021 diharapkan segera menyelesaikan pembuatan jadwal semester.
  4. Setiap dosen diharapkan mengusulkan pembuatan surat tugas, sebelum kegiatan dilaksanakan.
  5. Tim Pengusulan Program S3 untuk dapat bekerja secara intensif untuk menyelesaikan proposal S3 Ilmu Pertanian.
  6. Tim Audit Mutu Internal (AMI) untuk dapat menyelsaikan tugas audit dan memasulan laporannya.
  7. Panitia Seminar Internasional Fakultas Pertanian untuk dapat mulai berproses menyiapkan kegiatan seminar tersebut. Kegiatan seminar direncanakan pada bulan Mei 2021.
  8. Dosen dengan tugas tambahan wajib hadir di kampus mulai jam 09.00-16.00 wit.
  9. Dosen yang bekerja dari rumah selalu mengaktifkan telepon untuk tetap dapat dihubungi.

Apel Kerja Senin, 25 Januari 2021

Dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Pertanian Ir. Handry R.D. Amanupunyo, MP.  Beberapa informasi yang disampaikannya, adalah:

  1. Setiap Dosen dimintakan untuk memasukkan penilaian untuk setiap mata kuliah, paling terlambat Senin 25 Januari 2021. 
  2. Setiap Dosen harap memperhatikan dan memasukan setiap dokumen yang harus dilaporkan meliputi SPT Pajak, SKP, KP4, Rencana BKD semester Genap 2020/2021.
  3. Setiap Dosen diharapkan untuk selalu mengupdate data pada SISTER UNPATTI (sister.unpatti.ac.id).
  4. Panitia Kuliah Umum Semester Genap 2020/2021 diharapkan segera berkoordinasi untuk pelaksanaan kuliah umum pada minggu pertama Februari 2021.
  5. Panitia Jadwal Semester Genap 2020/2021 diharapkan segera menyelesaikan pembuatan jadwal semester.
  6. Remedial untuk perbaikan nilai bagi mahasiswa yang tidak lulus dapat dilakukan oleh setiap dosen, Perlu mendapat perhatian dari Ketua Jurusan dan WD Bidang Akademik, Proses penginputan nilai perbaikan ke SIAKAD akan diatur kemudian.
  7. Setiap Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, dan Dosen diharapkan dapat membantu mahasiswanya terkait pembayaran SPP. Pembayaran sudah dimulai tanggal 13 Januari 2021.
  8. Apabila dosen membutuhkan informasi terkait dengan penilaian hasil belajar dapat menghubungi Ketua Program Studi, tidak boleh melalui operator SIAKAD. Operator hanya bertugas untuk menginput data.
  9. Diharapkan tim pembuat video dapat mempersiapkan assessment secara on line, sehubungan dengan akreditasi Program Studi Penyuluhan, Pemuliaan Tanaman, dan Ilmu Tanah.
  10. Program Studi Kehutanan dan THP diharapkan dapat mempersiapkan LKPS dan ED untuk reakreditasi tahun 2021.
  11. Bagi ASN yang ditugaskan bekerja di kantor untuk dapat mengikuti jam kerja yaitu jam 09.00-16.00 wit.
  12. Kegiatan Wirausaha Mahasiswa UNPATTI 2020 saat ini sedang berlangsung dengan kegiatan Hidroponik Rakit Apung.