Jurusan Kehutanan Gandeng Word Bank Gelar Kuliah Umum

Mr. Piet Hein Van Heesewijk sebagai pembicara utama dan Ir Ronni Lopies MScF sebagai Moderator

Ambon – Jurusan Kehutanan Unpatti kembali gelar kuliah umum, kali ini tampil sebagai pembicara utama, Mr Piet Hein van Heesewijk – word bank consultant dengan tema “Chimate Change, Forestry and Governance” (17|4|2023). Kelas yang dipandu Ir. R. Loppies, M.ScF sebagai moderator ini  diikuti oleh para dosen dan mahasiswa Jurusan Kehutanan.

Dalam materinya, Mr Piet memaparkan peran Bank Dunia dalam penanganan perubahan iklim dunia dengan beberapa pendekatan. Dirinya juga memberikan beberapa peringatan penting bagi Indonesia berdasarkan data Word Bank dalam upaya penanganan perubahan iklim ini. menurutnya Indonesia memiliki keragaman hayati teresterial terkaya di dunia. Tetapi dalam dua dekade terakhir spesiesnya mengalami tekanan yang meningkat dari pembangunan manusia: Antara tahun 2000 dan 2012 diperkirakan 6 juta hektar tutupan hutan primer hilang

 

 (lebih dari 3% luas daratan nasional), sekitar 40%  terjadi di dalam kawasan lindung. Degradasi dan konversi hutan primer mengakibatkan penurunan kekayaan spesies sebesar 50% atau lebih. Spesies langka di zona pesisir, seperti bakau dan lamun juga terancam. Tekanan pembangunan manusia cenderung tetap menjadi ancaman dominan terhadap kekayaan dan keanekaragaman spesies tetapi perubahan iklim menghadirkan tantangan baru. Disamping itu, dirinya juga memaparkan beberapa dampak ekomoni yang terjadi dengan perubahan iklim yang semakin cepat ini. dirinya berharap, Jurusan Kehutanan dapat memainkan peran mengedukasi masyarakat untuk turt serta dalam upaya penanganan iklim dunia ini dengna langkah – langkah kecil yang mungkin dapat dilakukan.