LKTI Mahasiswa Faperta Unpatti 2022, Mahasiswa dengan Ide Menarik di Era Revolusi Industri 5.0

Ambon – Fakultas Pertanian kembali gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa tahun 2022 (5|5|2022) dengan tema “Inovasi, Implementasi dan Pengembangan Potensi Sektor Pertanian Guna Menghadapi Revolusi Industri 5.0 di masa Pandemi Covid – 19”. LKTI kali ini diikuti oleh delapan peserta dari lima Program studi dengan juri – juri berkompeten seperti Dr. Ir. M. E. Tahitu; M.Si, Dr. Ir Z. F. M. Hukom, M.P dan Ir. H. R. D. Amanupunyo, M.P. Kegiatan ini bertujuan memacu mahasiswa untuk menggali ide dan meneliti setiap dinamika di sekitarnya.

Peserta harus mempertahankan tulisannya di depan juri

Dalam kegiatan ini, setiap peserta diberi kesempatan memperesentasikan tulisan ilmiah masing – masing. Dr. Melvis Tahitu – Ketua Tim Juri mengatakan peserta memiliki judul dan ide – ide yang menarik dalam tulisannya. Kepekaan terhadap masalah di sekitar membuat tulisan ini menjadi penting untuk dikembangkan. Dirinya berharap, program studi dapat melihat  ide – ide mahasiswa ini untuk menjadi inovasi pembangunan di era ini.

Pemenang LKTI Fakultas Pertanian tahun 2022 ini diraih oleh Ovdarlin Lahagu dari Program studi Teknologi Hasil Pertanian sebagai Juara I dengan judul tulisan “Inovasi Pemanfaatan Limbah Klit Pisang Ambon dan Kulit Jeruk Manis sebagai Bahan Baku Edible Film Antimikroba”; Juara II diraih Sintia C. Gurusinga dari Program Studi Kehutanan dengan judul “Briket Arang sebagai Bahan Bakar Terbarukan di Kota Ambon”; dan  Amoi Lisjelli Sipayung dari Program studi Peternakan sebagai juara III dengan judul tulisan Maggot Black Soldier Fly: Solusi Bahan Pakan Alternatif yang Praktis dan Ekonomis dalam Budidaya Broiler.

Dr. Ir. L. O. Kakisina, M.Si – Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Pertanian memberikan apresiasi bagi setiap peserta yang telah berupaya menggali ide dan menuangkannya dalam tulisan – tulisan berharga ini. Dirinya berharap, giat meneliti dan menulis harus terus diasah dan dipakai untuk menjawab berbagai tantangan perkembangan di masa depan.

Foto bersama Peserta & Juri