PS Agribisnis Mendapat Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM)

Ambon – faperta.unpatti.ac.id – Kebijakan Kampus Merdeka yang telah diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan salah satu kebijakan yang akan menjadi modal dasar kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia. Kebijakan Kampus Merdeka bertujuan untuk mewujudkan manusia yang berdaya saing; yaitu manusia yang sehat, cerdas, adaptif, kreatif, inovatif, terampil, bermartabat, produktif, dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Salah satu instrumen penting untuk mengimplementasikannya adalah dengan menerapkan delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi merealisasikan target pencapaian dan implementasi kebijakan Kampus Merdeka tersebut melalui Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) dengan tiga skema. Program ini menjadi salah satu cara agar perguruan tinggi dapat terus cepat melaju dengan dinamis mengikuti pola kemajuan zaman, sehingga tercapai kualitas pembelajaran dan lulusan yang baik yang dapat menjadi tolok ukur kemajuan bangsa.

Semoga hadirnya buku panduan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) ini membantu perguruan tinggi Indonesia—terutama yang berada di bawah bimbingan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi—menjadi motor utama pengembangan penerapan kebijakan Kampus Merdeka yang telah dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Buku panduan ini diharapkan akan mempermudah perguruan tinggi dalam mengajukan proposal untuk tahun anggaran 2021.

Program Kompetisi Kampus Merdeka bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi dengan memfasilitasi, mendorong, mempercepat perguruan tinggi mencapai tujuannya yang tercermin dalam 8 (delapan) Indikator Kinerja Utama yang ditetapkan pada Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020.

Berdasarkan Surat Pengumuman Nomor 0324/E.E1/KM.11.02/2021 tanggal 6 Juni 2021, perihal Pengumuman Penerima Bantuan Pemerintah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), Program studi dalam lingkup Universitas Pattimura yang mendapat hibah PK-KM tahun 2021 adalah PS Agribisnis, Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian dengan besaran dana Rp. 908.155.000 dan PS Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dengan besaran dana Rp. 1.177.234.000. Persaingan yang cukup ketat, namun kedua PS dapat mencapai hasil yang memuaskan.

Selamat untuk PS Agribisnis dan IK.

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab