PROFIL LULUSAN

Sesuai dengan hasil Lokakarya Nasional FKPT-TPI, Padang 4–8 Nopember 2013 dan Lokakarya Nasional FKPT-TPI, Riau Juni 2014, maka lulusan PS THP adalah sarjana dengan profil sebagai PELAKU (di bidang Teknologi Hasil Pertanian), MANAJER, PENGUSAHA, PENELITI, dan PENDIDIK.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusan sarjana THP meliputi kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya. Berdasarkan hal tersebut, maka ditentukan kompetensi lulusan PS THP sebagai berikut:

1. Kompetensi Utama: a) Memiliki wawasan dan kemampuan dalam mengolah, mengembangkan serta menerapkan IPTEK tentang Teknologi Hasil Pertanian berdasarkan prinsip pengelolaan pertanian wilayah kepulauan yang produktif dan lestari; dan b) Memiliki kemampuan berkomunikasi dan menjalin kerjasama yang membangun di dalam masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

2. Kompetensi Pendukung: a) Memiliki kemampuan menguasai ilmu-ilmu dasar dalam penerapan pengolahan hasil
pertanian; dan b) Mengaplikasikan ilmu-ilmu terapan yang didapat untuk membuat perencanaan, persiapan, menjalankan dan mengendalikan proses pengolahan hasil-hasil pertanian, melakukan evaluasi dan pengembangan produk demi perbaikan hasil yang dicapai dengan ditunjang oleh kemampuan jiwa kewirausahaan yang tinggi di bidang agroindustri.

3. Kompetensi Lainnya: a) Memiliki integritas kepribadian tinggi, beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berahlak mulia sebagai insan intelektual yang memiliki kekuatan dan kemampuan untuk berjuang, bersaing dan bekerjasama untuk kepentingan bangsa dan Negara; dan b) Memiliki kecakapan yang tinggi terhadap kehidupan sosial bermasyarakat.