POKA – Fakultas Pertanian (FAPERTA), Universitas Pattimura (UNPATTI), hari Selasa (29/8/2017) menyelenggarakan Yudisium Sarjana dan Penggelaran Lulusan, Periode Mei-Agustus 2017, dalam acara Rapat Senat Terbuka, di Auditorium FAPERTA UNPATTI, mulai jam 09.00 wit. Rapat Senat Terbuka dipimpin langsung oleh Dekan FAPERTA, Prof. Dr. Ir. J.M. Matinahoru, dan diikuti oleh anggota-anggota senat dan dosen dalam lingkup FAPERTA, undangan dan orang tua calon wisudawan.

Melalui sambutannya, Prof. Matinahoru menyampaikan bahwa “FAPERTA telah mengalami perubahan dalam capaian hasil belajar mahasiswa, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata lama studi mahasiswa pada yudisium saat ini, sudah berada di bawah 5 tahun dan rata-rata IPK telah berada di atas 3,10. Selama tiga tahun terakhir, beberapa kebijakan terkait peningkatan kualitas pelayanan terhadap proses penyelesaian studi mahasiswa, evaluasi dan perbaikan terhadap proses-proses pembelajaran sudah mulai memberikan hasil positif. Kebijakan-kebijakan yang selama ini didorong adalah memotivasi mahasiswa menyelesaikan mata kuliah yang belum lulus melalui program semester pendek, melakukan evaluasi pelayanan permentoran mahasiswa melalui buku mentor, melakukan monitoring proses pembimbingan skripsi melalui buku konsultasi skripsi, mendorong mahasiswa dengan IPK rendah untuk menempuh jalur non skripsi, mengintegrasikan KKN biasa dan PKL menjadi KKN Profesi, serta melakukan evaluasi pembelajaran tiap semester perkuliahan dengan tindakan-tindakan perbaikan.”

“Penggelaran lulusan FAPERTA dilakukan untuk 63 orang sarjana baru, dengan jumlah Sarjana Pertanian (SP) 13 orang, Sarjana Teknologi Pertanian (STP) 4 orang, sarjana Agribisnis (S.Agr.) 15 orang, Sarjana Kehutanan (S.Hut.) 21 orang dan Sarjana Peternakan (S.Pt.) 10 orang”, lanjutnya. Pesan Prof. Matinahoru bagi calon wisudawan, “untuk tidak cepat puas dengan apa yang telah dicapai saat ini, karena ini hanya merupakan langkah awal untuk belajar dan bekerja lebih kerjas lagi”.

Pada kesempatan ini juga Rektor UNPATTI, menyampaikan “calon wisudawan dapat menjadi ilmuan muda yang bertanggung jawab bagi pembangunan bangsa dan negara, khususnya bagi pembangunan provinsi Maluku”.

Wakil Judisium dengan IPK tertinggi 3,90 dan lulus dengan predikat Cum Laude, pada periode ini yaitu Lia Agustina F. Simanjuntak, mewakili calon wisudawan lainnya menyampaikan beberapa hal untuk diperbaiki ke depan seperti “menyediakan jurnal khusus untuk mahasiswa sehingga dapat mewadahi serta mempublikasikan hasil-hasil penelitian mahasiswa, dapat memacu animo mahasiswa untuk lebih giat melakukan aktivitas penelitian serta mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan ilmiah sesuai dengan disiplin ilmu, tetapi dapat dijadikan salah satu syarat akademik untuk penyelesaian studi di FAPERTA, melengkapi fasilitas penunjang seperti peralatan laboratorium untuk keperluan belajar maupun aktivitas penelitian, mampu membangun atau mengembangkan hubungan kerja sama dengan berbagai pihak sehingga mahasiswa dapat melakukan aktivitas magang sesuai keilmuannya yang dapat dijadikan upaya untuk menghasilkan para lulusan FAPERTA yang secara pribadi meliki profil COMPLETE “Communicator, Professional, Leader, Thinker Entrepreneur and Educator”.

Yudisiun Sarjana FAPERTA UNPATTI, diputuskan berdasarkan Keputusan Dekan No. 241/UN13.1.5/SK/2017 tentang Yudisiun Sarjana Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Periode Mei s.d. Agustus 2017, tanggal 29 Agustus 2017.

Peserta Yudisium Sarjana dengan predikat Cum Laude, berjumlah dua orang yang berasal dari Program Studi (PS) Teknologi Hasil Pertanian, Lia Agustina F. Simanjuntak dan PS. Peternakan, Winda N. Londah, S.Pt.. Lulusan tercepat oleh Rusmina Duwila, S.Pt., juga berasal dari PS. Peternakan dengan predikat sangat memuaskan. Semua peserta yudisium lainnya lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Yudisium Sarjana dan Penggelaran Lulusan FAPERTA, Periode Mei-Agustus 2017
Tagged on: