POKA – Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Pattimura (UNPATTI), hari ini Senin (28/8/2017) menyelenggarakan Lokakarya Kurikulum , bertempat di Auditorium FAPERTA UNPATTI, mulai jam 08.00 wit sampai dengan selesai. Lokakarya kurikulum di buka oleh Rektor UNPATTI yang diwakili oleh Dr. J. Pagaya, Ketua LP3EM  UNPATTI. Tema yang mendasari lokakarya ini adalah “Pembangunan Kurikulum Perguruan Tinggi Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Menghadapi Persaingan Dunia Kerja”

Sebagai nara sumber adalah Ir. J. Labetubun, MP., Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu, UNPATTI, yang juga Dosen Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian UNPATTI dan Prof. Dr. Ir. F. Riupassa, M.Si., Wakil Rektor Bidang Akademik UNPATTI. Materi yang disampaikan adalah Dinamika Kurikulum Pendidikan Tinggi dan KKNI oleh Ir. Labetubun, sedangkan Prof. Riupassa membawakan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi, Kementerian Ristek DIKTI, Direktorat DIKTI 2016).

“Dasar pemikiran penyusunan kurikulum pendidikan tinggi adalah Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. KKNI merupakan pernyataan kualias sumber daya manusia Indonesia yang perjenjangan kualifikasinya didasarkan pada tingkat kemampuan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran (learning outcames) Perguruan tinggi sebagai sumber daya manusia terdidik perlu mengukur lulusannya, apakah lulusan yang dihasilkan memiliki kemampuan setara dengan kemampuan (capaian pembelajaran) yang telah dirumuskan dalam jenjang kualifikasi KKNI.  Sebagai kesepakatan nasional, ditetapkan lulusan program sarjana misalnya paling rendah harus memiliki kemampuan yang setara dengan capaian pembelajaran yang dirumuskan pada jenjang 6 KKNI, dan seterusnya”, menurut Prof. Riupassa dalam pemaparannya.

Lokakarya ini dihadiri oleh 59 Dosen FAPERTA dan 14 mahasiswa FAPERTA dari delapan Program Studi, alumni FAPERTA, Dinas Pertanian Provinsi Maluku, dan Baristrand Provinsi Maluku.

Lokakarya Kurikulum 2017, Fakultas Pertanian UNPATTI
Tagged on: